Lebih Dekat Dengan Sirkuit Sepang Malaysia

538723_418581024865388_240627910_n

27 Oktober 2009. Bagi para penyuka otomotif dan dunia balap mobil dan motor kelas dunia, pastinya sudah biasa mendengar nama “Sepang International Circuit” yang sudah sangat populer dikenal sebagai lokasi sirkuit balap modern di Asia Tenggara.

Lokasi sirkuit ini memang terletak cukup jauh dari Ibukota Negara Malaysia, Kuala Lumpur, tetapi sangat dekat dengan lokasi bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Hal ini sengaja dibuat karena sirkuit ini memang harus dekat dengan bandara untuk memudahkan akses para tamu internasional yang datang dengan waktu yang cukup singkat sekitar 20 menit.

Dalam hitungan jarak, lokasi sirkuit Sepang ini berada sekitar 85 km dari ibukota Kuala Lumpur (wilayah Selangor). Wah lumayan jauh, perjalanan dengan bus besar dengan kecepatan antara 60 – 70 km/jam bisa mencapai satu jam, dengan catatan tidak kena macet di kota Kuala Lumpur.

Sepang International Circuit diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 oleh Perdana Menteri Dato ‘Seri Dr Mahathir Mohamad. Pada saat itu seluruh konstruksi bangunan dan jalur balap sudah selesai dalam waktu 14 bulan. Hal ini menjadi catatan sejarah, dan akhirnya sirkuit ini mendapat pengakuan dari kalangan internasional karena fasilitasnya yang serba ultra modern.

Maka dari  itu, sirkuit ini pun diberikan suatu kehormatan dengan menggabungkan logo Formula One (F1) di dalam penamaan sirkuit Sepang tersebut.

Sirkuit modern ini dirancang oleh seorang arsitektur Jerman bernama Hermann Tilke, yang kemudian ia pula yang merancang fasilitas sirkuit terbaru dan lebih modern di negara lain, antara lain di Shanghai, Bahrain dan Turki.

By the way, kapan ya ia merancang dan membangun sirkuit modern buat negara Indonesia?

Sepang memiliki trek balapan searah jartum jam (ke kanan) dengan panjang sirkuit 5,543 km, dengan kombinasi tikungan sebanyak 15 bentuk trek yang penuh tantangan, serta 8 jalur semi lurus, maupun lurus panjang dengan kecepatan bisa ditempuh lebih dari 300 km/jam. Trek balap sirkuit ini memungkinkan ada banyak peluang dan kesempatan pembalap untuk saling menyalip (overtaking), dan mendapatkan sensasi perlombaan yang sesungguhnya.

SL.com sendiri beruntung pernah menjajal sirkuit ini dengan BMW Safety Car MotoGP pada hari Minggu 25 Oktober 2009 dalam acara Shell Advance Malasyian Motorcycle Grand Prix 2009. Maka ketika artikel ini dibuat masih ter-ngiang-ngiang bagaimana sensasi balapan, baik di trek tikungan dan juga di trek lurus panjang. Ketika itu speed mobil BMW Safety Car MotoGP bisa mencapai 210 km/jam tepatnya di area “jepitan rambut.”

Yang dimaksud dengan area “jepitan rambut” adalah situasi dan lokasi trek lurus yang diapit dengan tempat duduk penonton grandstand. Kedua trek lurus ini memang sangat mendebarkan karena sifat trek-nya yang panjang dimana setiap pembalap bisa memacu balapan dengan kecepatan yang maksimal.

Sepang Internasional Circuit juga memiliki lokasi balapan untuk mobil kart (gokart) dan juga fasilitas balapan motorcross. Namun sejauh ini, Sepang sangat indentik dengan balapan kelas dunia untuk Formula One (F1), MotoGP, A1, dan nama kejuaran motorsport lainnya yang berkelas internasional.

Malaysia tidak hanya melihat Sepang hanya sebagai tempat dan sarana untuk ajang balapan motorsports. Tapi, ditempat ini pula negara Malaysia menyebut sebagai “Home of Motorsports” yang dapat memberikan inspirasi dan semangat buat para pembalap, serta membuat negara Malaysia sebagai sentral kegiatan balap otomotif di tingkat kelas dunia.

Jumlah kapasitas tempat duduk dapat menampung jumlah penonton sampai 130.000 orang untuk suatu event balapan berkelas dunia. Untuk lokasi panggung grand stand utama dapat menampung 32.000 penonton, serta 18 tempat duduk suite khusus untuk para perusahaan sponsor yang sudah memesan tempat.

Titik fokus balapan berada di lokasi paddock dengan bagunan tiga lantai atau disebut Pit Building, yang menghadap panggung utama (main grandstand). Gedung Pit atau Paddock memiliki fasilitas 33 pits, Race Control Room, Time – Keeping Room, Paddock Clubs dan juga Management offices.

Sedangkan administrasi untuk tiket masuk Sepang Circuit berada dilokasi “wellcome gate”, yang juga berfungsi sebagai gerbang utama menuju tempat duduk penonton grandstand.  Di lokasi pintu gerbang, juga tersedia fasilitas ruang informarsi, musium Sepang, tempat penjualan merchandise, restoran dan ruang pameran bagi para sponsor serta para partisipan lainnya.

Secara teknologi, trek balap juga dilengkapi dengan sarana elektronik yang terhubung melalui jaringan sistem kabel serat optik di sepanjang jalur. Sirkuit Sepang memiliki 27 kamera televisi sirkuit tertutup, yang dimonitor secara terpusat di Race Control Room. Jadi, setiap peristiwa yang terjadi di sepanjang trek sirkuit balap 5.543 km akan direkam oleh kamera dan diawasi secara ketat oleh para petugas.

Keselamatan adalah hal yang paling penting di setiap ajang balapan di Sepang International Circuit, selain disediakan helipad (lapangan helikopter), disamping itu juga sirkuit ini juga memiliki blok khusus bagi pusat kesehatan yang bisa menjadi rumah sakit sementara dengan sarana tenaga medis yang handal.

Bicara soal parkir? Jangan ditanya soal ini. Tersedia lapangan parkir yang sangat luas, dan dibuat secara terpisah untuk setiap penonton umum, tim dan kru pembalap, serta para tamu VIP, maupun untuk para rombongan yang menggunakan bus.

Namun satu hal yang pasti, pengawasan Sepang International Circuit sangat ketat dan penuh disiplin dari para petugasnya. Anda tidak bisa punya akses untuk masuk ke sebuah area tertentu, jika anda tidak memiliki kartu masuk.

Selain itu, kartu masuk yang berlaku juga bisa berbeda-beda dari hari ke hari. Apalagi event MotoGP yang dimiliki oleh Dorna sebagai pemegang hak eksklusive penyelenggaraan MotoGP, para petugasnya sangat ketat!

PHOTO GALERY

12 thoughts on “Lebih Dekat Dengan Sirkuit Sepang Malaysia

  1. Mantab reportnya bang Stephen!
    Mudah-mudahan tahun depan bisa meliput di Sepang. Hueheheh…!

  2. @Henry,
    Tahun depan 2010 agenda MotoGP Sepang dapat tanggal bagus 10.10.10.
    Jadi kudu memang harus datang!

  3. untung aja malaysia tetep tdk punya pembalap hebat. jd kita tdk terlalu malu..

  4. @SkyRide
    di kelas underbone 115cc, Mohd. Affendi Rosli yang menjadi pemimpin klasemen sementara Asian Race.
    di kelas 600c ada Zamri Baba.selalu 5 besar..
    sempat juga di GP 250 ada Shahrol Yuzy..
    sempat juga di F1 ada Alex Yoong..
    tahun depan ada tim F1 Malaysia..

  5. […] pernah mengupas dan meng-explore Sirkuit Sepang melalui sebuah artikel, namun demikian tak ada ada salahnya untuk melihat lagi Sirkuit Sepang ini […]

  6. […] tidak hanya berada di sekitar paddock, tetapi para tamu VIP Shell juga diperbolehkan meng-explore Sirkuit Sepang dengan jalan-jalan ke arah kursi penonton di grand-stand, atau main-main di tempat keramaian Mall […]

  7. […] di dalam blog ini sudah ada artikel khusus tentang menggali Sirkuit Sepang lebih dalam lagi, adapula artikel tentang bagaimana nikmatnya jadi tamu VIP Shell, dan bahkan ada […]

  8. Salam kenal Mas Stephen, sorry nih mau tanya-tanya dikit bolehkan???
    rencananya saya taun ini mau nonton motogp di Sepang tapi masih buta soal lokasinya, nah klo dari bandara KL saya musti naik angkutan apa ke sepang? terus ada referensinya ga hotel-hotel yang deket sirkuit?trs kalo beli tiket nonton apa lebih baik booking lewat website motogp.com atau beli langsung disana, soalnya di website ada offer bisa nonton kualifikasinya juga….mohon bantuannya. Thanks b4

    • @Izza, salam kenal juga.. silahkan kalau mau tanya2 selagi bisa dijawab ya ok2 aja. Kalau mau nonton balap ke Sepang sebaiknya ikut rombongan, contohnya ikut group nonton bareng yg dibikin oleh EO. Dijamin tiket masuk, tiket pesawat dan kamar hotel tersedia. Contoh penyelenggaraan nonton bareng seperti ini: https://stephenlangitan.com/2009/09/yuk-nonton-motogp-ke-sepang-daftar-segera/

      Kita tinggal pilih paket2 yg disediakan oleh EO tersebut, mau santai atau buru2. Kalau program santai bisa lihat babak kualifikasi, jalan2 di KL, pulangnya hari Senin malam… tentunya harganya lebih mahal dari program buru2, datang Sabtu malam, pulang Minggu malam.

      Jadi, sangat dianjurkan ikut prgram paket, ketimbang jalan sendiri, kenapa? Bakal susah dapat tiket pesawat, tiket masuk sirkuit, ongkos taxi mahal, bayar hotel mahal di KL. Asal tau, semua hotel di sekitar sirkuit Sepang biasanya full booked oleh peserta tim balap dan para sponsornya.

  9. ok deh klo begitu..makasih yah buat infonya, tar mo nyoba ikut deh mumpung valentino rossi blm pensiun hehehe

  10. […] dibuat oleh SL.com pada kunjungan tahun 2009 yang lalu, info selengkapnya monggo untuk melihat artikel ini. Yang pasti sirkuit Sepang memang mampu menarik perhatian orang, tidak hanya buat warga Malaysia […]

  11. devi viantini says:

    okt 2011 moto gp di sepang,,ada yg tau tiket moto GP biasa dijual kisaran brp RM?

Leave a Reply