Rifat Sungkar Melaju Kencang – Capai Posisi 5 Besar

FWRT NEFR - Start_resize

27 Juli 2013. Pereli kebanggan Indonesia, Rifat Sungkar yang ditemani oleh Steve Lancaster sebagai navigator, berhasil mencapai posisi 5 besar di hari pertama New England Forest Rally (NEFR)  yang merupakan seri ke 5 Rally America. Di hari pertama Rifat yang tergabung dalam Fastron World Rally Team harus memacu kendaraannya sekencang mungkin untuk dapat bersaing dengan pereli-pereli lainnya.

Dari mulai SS1 Concord Pond para pereli sudah memacu kendaraannya sekencang-kencangnya. Lintasan di SS1 adalah lintasan yang sudah berkali-kali  digunakan di NEFR, sehingga para pereli kawakan seperti Ken Block, David Higgins dan Antoine L’Estage sudah sangat mengenal lintasan ini. Akibatnya mereka dapat memacu kendaraannya dengan maksimal. Hal sebaliknya terjadi pada Rifat dan Steve. Ini adalah pengalaman pertama mereka.

“Di SS1, kami masih bermain aman, kompetitor kami sudah sangat mengenal lintasan ini, sehingga mereka bisa melaju kencang. Daripada kita terlalu memaksakan diri dan terjadi hal yang merugikan, lebih baik bermain aman dan berusaha mengejar di SS berikutnya” kata Rifat. Akhirnya, Fastron World Rally Team berhasil mencatat waktu 4 menit 46 detik dan berada di posisi 11.

Di special stage berikutnya, SS2 Sunday River Super Special yang merupakan special stage terpendek di hari pertama, Rifat memperlihatkan kemampuan sebenarnya dengan berada di posisi 4 dengan catatan waktu 43,5 detik.

Memasuki SS3 Icicle Brook North dan SS4 Icicle Brook South, rata-rata kecepatan kendaraan para pereli semakin meningkat. “Di SS4, rata-rata kecepatan kita adalah sekitar 119 km perjam, bahkan di beberapa titik, kecepatan kita bisa 200 sampai 210 km per jam” terang Rifat.

“Bayangkan saja, lintasan sejauh 25 km dapat diselesaikan hanya dalam waktu sekitar 12 sampai 13 menit, betapa kencangnya kita  melaju di kedua special stage ini” tambahnya. Di SS13, Rifat mencatatkan waktu 13 menit 22,1 detik, sedangkan di SS14 catatan waktunya adalah 13 menit 6,3 detik. Sehingga total waktu Fastron World Rally Team  di hari pertama adalah 31 menit 57,9 detik dan berada di posisi ke 5.

FWRT NEFR - Action Day 1_resize

Untuk sementara posisi pertama sampai ketiga diduduki oleh Ken Block, David Higgins dan Antoine L’Estage. Di posisi ke 4 diduduki oleh pereli muda Amerika berumur 22 tahun, Joseph Burke, di mana tahun ini adalah tahun ke empatnya berkiprah di Rally America.

“Hari ini kami berada di posisi ke 5, tetapi besok masih ada 9 Special Stage yang akan dipertandingkan. Masih ada kesempatan besar untuk naik ke posisi yang lebih tinggi” kata Rifat. Di hari kedua besok, seluruh pereli akan mulai lagi bertarung di SS5 Sunday River Super Special dan berakhir di SS13 North Road.

“Besok kita akan berusaha lebih keras lagi. Sepanjang hari ini, kendaraan Mitsubishi Evo X yang kita pergunakan berada dalam kondisi yang sangat prima, kencang sekali. Semoga semua besok bisa berjalan lancar dan tidak ada gangguan apapun” terang Rifat.

Sementara itu M. Indra Prasetyo, manager Fastron World Rally Team mengatakan “Perjuangan hari ini berjalan cukup baik. Lawan memang memiliki keunggulan pengenalan daerah dan lintasan, tetapi kami dari Fastron World Rally Team tidak akan menyerah. Kita akan tetap berjuang membuktikan “Indonesia Keren”.

Leave a Reply