Sean Gelael Siap Tanding di Sirkuit Spa Belgia

Sean3

21 Juli 2013. Pembalap muda Indonesia, Sean Gelael akan bertanding pada seri kedua Formula 3 Inggris, yang akan berlangsung pada tanggal 25 – 27 Juli 2013 di Sirkuit Spa-Francorchamps Belgia. Pada seri pertama beberapa waktu lalu di Silverstone Inggris, Sean melakukan debut gemilang dengan berhasil naik podium di peringkat 3 di dua race. Untuk sementara ini, Sean berada di posisi 5 klasemen umum, dan hanya terpaut 2 angka dari peringkat 2, Felipe Guimaraes, pembalap Brasil.

Sirkuit Spa-Francorchamps sendiri, merupakan salah satu sirkuit yang paling menantang di dunia balap. Sirkuit yang dirancang oleh Jules de Their dan Henri Langlois Van Ophem pada tahun 1920 ini memiliki panjang asli sekitar 14,5 km, dan baru pada tahun 1979 dirubah menjadi sekitar 7, 004 km. Sampai dengan saat ini, sirkuit ini tetap menjadi tuan rumah Belgian Grand Prix yang merupakan salah satu seri kejuaraan Formula 1 dan juga kejuaraan-kejuaraan otomotif internasional penting lainnya.

Sean1Oleh karena itu, Spa adalah sebuah sirkuit yang sangat tepat bagi para pembalap muda untuk belajar. Manager dari Sean Gelael, Piers Hunnisett, yang merupakan seorang pembalap yang sangat bertalenta pada tahun 1990an dari Inggris, mengatakan:

“Para pembalap muda, dalam mempersiapkan masa depan mereka, sebaiknya bertanding sebanyak-banyaknya kategori junior, seperti di Formula 3 di sirkuit ini. Yang mana pada akhirnya, mereka akan mengatakan bahwa sirkuit ini adalah salah satu sirkuit terbaik di mana mereka pernah berada.”

Bagi Sean Gelael, ini adalah pertama kalinya ia akan bertanding di sirkuit ini. Di setiap seri kejuaraan Formula 3, setiap pembalap akan bertanding di 3 race. Sean akan menjalani 2 race pertamanya pada hari Jumat tanggal 26 Juli dan race terakhir akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juli.

Bertanding melawan pembalap dari berbagai negara seperti Italia, Brasil, Kolumbia, Puerto Rico, Cina dan Inggris, Sean berharap dapat mengulangi prestasi yang diukirnya di Silverstone.

“Saya sangat berharap untuk bisa meraiah prestasi seperti di Siverstone. Walaupun saya belum pernah bertanding di sirkuit ini, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih yan terbaik” kata Sean.

“Sirkuit ini sendiri akan sangat menantang. Dengan panjang sekitar 7 km, setiap pembalap dituntut untuk dapat bereaksi dengan cepat, jika tidak, kesalahan sekecil apapun dapat menyebabkan terjadinya insiden yang akan sangat merugikan,” tambah Sean.

Leave a Reply