Datsun Kembali! Datsun GO diluncurkan di New Delhi, India

ALL-NEW DATSUN GO EXTERIOR

15 Juli 2013. Press release Nissan Motor Indonesa hari ini menyebutkan bahwa Datsun telah memperlihatkan model terbaru Datsun di abad ke-21. All-new Datsun GO akan dipasarkan di India pada awal tahun 2014. Datsun GO adalah perwujudan dari komitmen Nissan Motor Co., Ltd.

Pada bulan Maret 2012, Nissan membangkitkan kembali brand Datsun ke pasar otomotif dunia dimana Datsun merupakan brand ke-tiga Nissan Motor Company setelah Nissan dan Infiniti. Datsun akan berperan penting dalam rencana jangka menengah Nissan Power 88.

“Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Nissan Motor Company dan juga para pelanggan serta partner kami di sejumlah pasar berkembang pesat. Momen ini juga sangat dinantikan banyak orang di India – yang pada hari ini – selangkah lebih dekat dalam mewujudkan mimpi mereka untuk memiliki sebuah mobil,” ujar Carlos Ghosn, Nissan Motor President dan CEO, saat meluncurkan All-new Datsun GO.

Model hatchback front-wheel drive dengan lima-pintu ini akan dilengkapi mesin 1.2 liter yang dipasangkan dengan transmisi manual lima-percepatan yang memberikan respon waktu yang optimal serta kelincahan di tengah kepadatan lalu lintas.

Memiliki dimensi body yang compact (lebar– 1.635 mm; tinggi– 1.485 mm; panjang– 3.785 mm), mobil ini menawarkan interior lapang berkat fondasi body yang lebar dan wheelbase berukuran besar (2.450mm), serta kenyamanan optimal pada headroom dan konfigurasi bangku depan yang nyaman. Mobil ini merupakan partner yang dapat diandalkan bagi keluarga, mempersembahkan kenyamanan bagi lima penumpang dan kelincahan di tengah kepadatan lalu lintas.

Bagi pelanggan yang tak ingin terpisahkan dari musik dan foto favorit mereka, Datsun GO menawarkan solusi yang sangat praktis – sebuah Mobile Docking Station yang dapat terhubung dengan smartphone. Datsun GO diharapkan mampu menjadi mobil yang termasuk dalam “kategori yang memberi nilai lebih” dengan harga menarik yang ditawarkan, yaitu di bawah INR 400,000.

ALL-NEW DATSUN GO INTERIOR

Mobil baru ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tergolong ke dalam golongan rising; mereka adalah pelanggan optimistis di dalam pasar yang berkembang pesat yang mengharapkan sesuatu yang lebih baik dalam hidupnya. Mereka adalah pelanggan yang tidak hanya ingin memiliki transportasi yang mendukung kegiatan sehari-hari, tetapi juga mampu mewujudkan mimpi serta cita-cita mereka terhadap hari esok yang lebih baik. Mereka senantiasa “bergerak dinamis” dan GO further, sejalan dengan nama mobil yang mencerminkan aspirasi ini.

Nama model ini terispirasi oleh Datsun yang pertama kali diperkenalkan di pasar, DAT-GO, hampir seabad yang lalu di Jepang. Di masa itu, DAT-GO memberi mobilitas bagi masyarakat yang sebelumnya tidak pernah bermimpi untuk dapat memiliki sebuah mobil. Kebangkitan brand Datsun dan model Datsun GO akan membawa kombinasi dari aspirasi dan tingkat kepercayaan yang serupa.

Datsun GO tak hanya memiliki kualitas tinggi dengan desain stylish dan modern, namun juga mempersembahkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Datsun ditawarkan bersama-sama dengan jaminan kepemilikan yang bebas dari kekhawatiran, competitive total cost, kemudahan akses pelayanan, harga transparan, serta dealer yang mudah dijangkau.

“Di negara-negara seperti India, Indonesia, Russia dan Afrika Selatan, seseorang membeli mobil setelah sebelumnya memimpikan kendaraan tersebut (Dream). Untuk mewujudkan mimpi itu, pelanggan harus memiliki kemudahan akses (Access) dan rasa kedekatan dengan brand. Selain itu, pembelian tersebut juga mewakili bagian penting dari pengeluaran pendapatan mereka; karenanya, penting bagi mereka untuk memiliki kepercayaan penuh (Trust) terhadap brand dan produk. Oleh karenanya, Dream, Access dan Trust menjadi nilai-nilai utama yang diyakini brand Datsun saat ini,” jelas Vincent Cobee, pemimpin Datsun.

Model Datsun akan dikembangkan secara individual disesuaikan dengan sejumlah pasar yang berbeda, namun konsep produk yang diusung membawa inspirasi yang sejalan. Datsun GO akan menjadi model pertama dari sejumlah model Datsun yang akan diluncurkan selanjutnya di tahun 2014 di Indonesia, Russia dan Afrika Selatan.

Meski proses desain Datsun GO dilakukan di pusat desain Nissan Motor Global di Jepang, pengembangan dan penelitian juga teknis mesin untuk proyek ini dipercayakan pada para teknisi dan supplier lokal demi menjamin kesesuaian produk dengan kondisi pasar, preferensi, selera dan kebutuhan, juga akses terkait harga dan ketersediaan produk.

Pengembangan proyek ini tentunya didukung penuh sesuai standar kualitas dan keahlian yang telah diakui Nissan Motor Company di Jepang. Datsun GO akan diproduksi di salah satu pabrik terbaru Renault-Nissan Alliance di Oragadam, Chennai.

Informasi lebih lanjut akan tersedia menjelang penjualan secara resmi.

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ke-tiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, Rusia dan Afrika Selatan pada tahun 2014.

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT.

Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

Tentang Nissan Motor di India

Meski Nissan Motor adalah pendatang baru di India, kini Nissan mempekerjakan lebih dari 12.000 karyawan, dan berencana untuk mengukuhkan keberadaannya melalui peluncuran model-model baru dan perluasan jaringan. Di tahun 2012, penjualan Nissan mencapai kurang lebih 37.000 unit, 11% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, dan menargetkan peningkatan sebanyak tiga digit di tahun 2013. Nissan berencana untuk meluncurkan 10 model di India pada tahun 2016 di bawah bendera Nissan dan brand Datsun, serta mengembangkan jaringan dealer hingga mencapai 300 dealer di tahun 2016.

Chennai merupakan lokasi penunjang yang strategis untuk produksi, R&D dan ekspor bagi Nissan dan partner aliansinya, Renault. Sebuah pabrik manufaktur di Oragadam, dekat Chennai, telah dibuka di tahun 2010, simbol investasi sebesar INR 45 milyar. Pabrik tersebut memiliki bengkel yang dilengkapi dengan fasilitas stamping, body, pengecatan, plastik, trim dan chassis dengan dua buah test tracks, serta kapasitas produksi tahunan sebesar 400.000 kendaraan.

Leave a Reply