Chevrolet Masuk Pasar Myanmar

2014-Chevrolet-Spark-035-medium

11 Juli 2013. General Motors Southeast Asia Operations menandatangani surat kesepakatan dengan Pacific Alpine Pte. Ltd., untuk pendistribusian, penjualan, serta pelayanan pelanggan atas kendaraan Chevrolet di Myanmar. Showroom Chevrolet pertama di Myanmar dijadwalkan akan dibuka pada kwartal keempat tahun 2013.

Berbagai jenis kendaraan Chevrolet akan didatangkan dari fasilitas manufaktur GM di dunia untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan Chevrolet di Myanmar. Martin Apfel, President GM Southeast Asia Operations, mengatakan:

“Kerjasama ini merupakan pencapaian yang signifikan bagi ekspansi Chevrolet di Asia Tenggara dan menegaskan komitmen kami untuk berkembang disini. Myanmar memiliki populasi lebih dari 60 juta jiwa, dengan pasar dan ekonomi yang semakin terbuka, dan tingkat kemakmuran masyarakat yang semakin meningkat, potensi pertumbuhan di Myanmar sangat tinggi,” ujar Apfel.

“Saat ini merupakan waktu yang tepat. Kami sudah memiliki portofolio yang baru dan lengkap. Berbagai produk kami telah meraih berbagai penghargaan, mulai dari truk pickup, SUV hingga kendaraan yang fashionable. Kami percaya dengan membangun brand yang kuat dan didukung oleh produk-produk berkualitas akan terhubung dengan pelanggan dimanapun mereka berada.”

Mitra Chevrolet yaitu Pacific Alpine Pte. Ltd., dan Pacific-AA Motor Ltd., merupakan aliansi strategis yang dibentuk oleh Alpine Group Singapore dan AA Medical (Pacific-AA Group) Myanmar. Alpine Motors (bagian dari Alpine Group) merupakan dealer eksklusif untuk Chevrolet dan Opel di Singapura, dan AA Medical (Pacific-AA Group) merupakan salah satu distributor produk-produk farmasi dan pelumas petrokimia terbesar di Myanmar.

Pacific Alpine akan memanfaatkan pengalaman Alpine Group di sektor otomotif dan sejarah hubungan panjangnya dengan Chevrolet dengan memanfaatkan jaringan distribusi nasional, pengalaman ritel, dan pengetahuan akan pasar Myanmar yang komprehensif.

Sebagai distributor resmi Chevrolet, Pacific Alpine dan Pacific-AA Motor akan bekerjasama dalam hal penjualan, pemasaran, pelatihan, layanan aftersales dan pelanggan, serta ekspansi jaringan.

“Salah satu sektor yang paling diminati di Myanmar adalah industri otomotif. Sekitar 90 persen dari populasi kendaraan di Myanmar sudah berusia lebih dari lima tahun. Perubahan kebijakan yang memungkinkan impor mobil baru mendapatkan respon yang cepat dari pemain global dan regional. Kami ingin memperkenalkan kehadiran kami sebelum kebanjiran pesaing,” ujar Albert Pang, Managing Director untuk Pacific Alpine Pte. Ltd.

“Pacific Alpine memiliki pengalaman di bidang otomotif dari Alpine Group, terutama untuk merk Chevrolet, serta pengalaman dan jangkauan ritel dari AA Medical (Pacific-AA Medical). Hal ini memberikan kami pilihan terbaik untuk penetrasi pasar yang cepat,” tambah Zaw Moe Khine, Charmain dan CEO untuk Pacific Alpine Pte. Ltd.

Gustavo Colossi, Vice President Sales, Marketing dan Customer Care untuk GM Southeast Asia Operations, mengatakan, “Pacific Alpine dan Chevrolet memiliki filosofi operasional yang kuat atas kualitas dan pelanggan adalah hal utama bagi kami. Bersama Pacific Alpine, brand Chevrolet akan memiliki posisi yang terbaik untuk meraih keuntungan dan pertumbuhan yang berkesinambungan di Myanmar.”

Chevrolet dan Pacific Alpine juga mengumumkan rencananya untuk meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam tiga fase di Myanmar yang akan dimulai pada bulan depan. Bekerjasama dengan One World Futbol Project, Chevrolet akan mendistribusikan bola kaki yang mempunyai daya tahan tinggi ke seluruh daerah di Myanmar.

Yang kedua, Chevrolet akan menyediakan kendaraan Find New Roads – Chevy Cares bagi delapan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Yang terakhir, sejumlah mesin dan suku cadang juga akan didonasikan ke berbagai universitas yang memiliki fakultas teknik mesin di Myanmar.

Pada tahun 2012, Chevrolet menjual 88.400 unit di Asia Tenggara dan memiliki pangsa pasar regional sebesar 2,7 persen. Pada enam bulan pertama di tahun 2013, Chevrolet menjual 41.866 unit di Asia Tenggara, meningkat 5 persen dari tahun sebelumnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply