Fitur Lengkap dari BMW M6 Gran Coupé

DSC_0063

4 Juli 2013. BMW Indonesia, hari ini baru saja meluncurkan BMW M6 Gran Coupe di PT Trans Eurokars Indonesia (dealer BMW M Series) yang beralamat di Jl. Panjang No. 6, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tentunya anda juga ingin mengetahui lebih jauh fitur-fitur apa saja yang ada di dalam mobil varian terbaru dari BMW M Series. Berikut ulasannya.

Desain
Desain beragam fitur BMW M dipengaruhi secara langsung oleh pertimbangan teknis – seperti sistem pendingin udara, geometri chasis, keseimbangan titik berat, serta aerodinamika – yang semuanya memungkinkan terciptanya kapabilitas performa tinggi BMW M6 Gran Coupé. Bagian depan kendaraan didominasi oleh asupan udara berukuran besar, Adaptive LED Headlights, serta M kidney grille yang secara khusus di desain untuk model ini.

DSC_0029

Dari bagian samping, model Coupé mewah 4 pintu pertama yang hadir dalam jajaran BMW M ini, dapat dengan mudah dibedakan dari model sebelumnya-BMW M6 Coupé dua pintu, berkat adanya desain pintu belakang dan jarak sumbu roda 113 mm lebih panjang. Garis atap rendah mengalir secara aerodinamis ke bagian belakang, garis cekungan – yang menyentuh pembuka pintu – serta jendela di bagian samping yang melebar ke pilar C memberikan aksen pada siluet yang dinamis, sehingga BMW M6 Gran Coupé terlihat lebih luas.

Spatbor dibuat dengan lebar khas BMW M6 Gran Coupé, menjadikan model ini semakin menarik perhatian. Karakter desain seperti insang ciri khas M di bagian samping kendaraan, kaca spion yang aerodonamis, paket BMW Individual High-gloss Shadow Line, serta velg aluminium M double-spoke ukuran 20 inci, semakin membuat tampilan model ini semakin istimewa. Seperti ciri khas dari BMW M lainnya – ujung knalpot ganda yang ditempatkan di sisi luar bagian apron belakang mobil yang terintegrasi dengan sebuah diffuser berbahan CFRP yang  optimal membuang arus udara.

DSC_0043

Bahan carbon yang sangat ringan dan kuat, juga digunakan untuk bagian atap mobil. Pada bagian ini, struktur karbon yang kasat mata memungkinkan tampilan bentuk yang menarik, seperti halnya pada piranti pemecah udara yang ada di bagian tengah atap. Piranti ini dihubungkan secara dinamis dengan bagian dalam mobil, yaitu garis atap warna Alcantara di bagian tengah dan terbungkus kulit.

DSC_0046

Interior
Untuk menambah perpaduan yang harmonis antara ketangguhan mesin serta penampilan yang elegan di bagian eksterior, BMW M6 Gran Coupé hadir dengan ciri khas kokpit M bak mobil sport dengan ruang yang luas serta bernuansa mewah. Di interior BMW M6 Gran Coupé kemwahan lapisan kulit Merino dapat ditemui. Bagian penumpang belakang lengkap dengan 2 atau 3 tempat duduk. Sandaran punggung yang dapat dipisah dan dilipat ke bawah dengan rasio 40:60 bermanfaat menambah kapasitas ruang bagasi dari 460 liter menjadi 1.265 liter.

DSC_0054

Mesin
Mesin V8 berkapasitas 4.395 cc dengan teknologi M TwinPower Turbo, berpadu dengan transmisi 7-Speed M Double Clutch dengan Drivelogic, Active M Differential.  Mobil ini sanggup melontarkan tenaga hingga 560 hp. Tenaga tersebut berkat adanya sepasang twin-scroll turbochargers, cross-bank exhaust manifold, High Precision Direct Petrol Injection, VALVETRONIC, serta Double-Vanos continuously variable camshaft control.

DSC_0031

Dengan torsi maksimum 680 Nm pada putaran mesin antara 1.500 dan 5.750 rpm, maka BMW M6 Gran Coupé hanya perlu 4,2 detik untuk melesat dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 km/jam. Top speed mencapai 250 km/jam, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 10,1 km/l dan emisi CO2 232 gr/km.

Pada kondisi tikungan tajam yang membutuhkan akselerasi dinamis, serta jalanan yang berkelok dan cuaca basah, Active M Differential pada poros belakang menyalurkan tenaga dari mesin secara sendiri-sendiri ke kedua roda belakang untuk mencapai traksi maksimum yang dibutuhkan. Multi-disc-limited-slip yang dikendalikan secara otomatis, bekerja seirama dengan sistem Dynamic Stability Control (DSC) dan mendistribusikan tenaga dorong antara roda belakang kiri dan kanan secara cepat dan tepat, relevan dengan situasi jalan yang dihadapi pada saat itu.

Teknologi chasis dengan spesifikasi M
Teknologi chasis pada BMW M6 Gran Coupé juga dikembangkan untuk memaksimalkan potensi sporty mobil seharga Rp. 2,6 miliar (off the road) ini. Sama seperti halnya sumbu integral belakang, double-wishbone pada sumbu roda depan memiliki kinematik tertentu dan komponen yang terbuat dari aluminium tempa. Mounting untuk chasis menggunakan panel besar, memastikan tenaga tersalurkan secara seimbang ke seluruh bagian kendaraan. BMW M6 Gran Coupé juga dilengkapi dengan sistem Dynamic Damper Control khusus untuk BMW Seri M dan sistem pengereman perfoma tinggi dikombinasikan dengan hydraulic variable-ratio rack-and-pinion, dikendalikan dengan fungsi M Servotronic.

Eksklusif dan individual
Perangkat standar yang ada pada BMW M6 Gran Coupé termasuk velg BMW Seri M aluminium ringan 20-inci, tidak lupa fungsi Soft Close Automatic pada semua pintu, sistem pengamanan, makin menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang. Peranti seperti BMW Professional Navigation System versi terbaru, serta sound sistem Bang & Olufsen High End Surround (16 speaker, 1200 Watt). juga hadir dalam BMW M6 Gran Coupé  yang dilengkapi dengan pengatur suhu 4-zona ini.

Fitur lainnya seperti BMW ConnectedDrive, M-specific BMW Head-Up Display, Park Distance Control dengan pandangan kamera belakang, High Beam Assistant, dan Surround View. juga terdapat di mobil ini. Tentunya pengguna juga dapat mengintegrasikan smartphone yang ada dengan sistem dalam kendaraan, melalui koneksi Bluetooth Office dan Bluetooth Audio.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Fitur Lengkap dari BMW M6 Gran Coupé

Leave a Reply