Jajal Suzuki New SPLASH Automatic Transmission

IF

17 Juni 2013. Satu unit Suzuki New SPLASH AT (Automatic Transmission) warna putih milik PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) diuji coba oleh SL.com untuk beberapa hari. Pada hari Minggu kemarin, 16 Juni 2013 giliran Ryan Garry mencoba di jalan tol Jagorawi tujuan ke Sentul Bogor. Bagaimana kesan-kesannya tentang city car yang memiliki Automatic Transmission (AT)? Simak videonya.

Suzuki SPLASH bukan barang baru di Indonesia, tapi transmisi otomatis-nya jelas masih baru. Diperkenalkan oleh PT SIS kepada publik di Supermall Karawaci pada Sabtu, 27/4/13 yang lalu dimana sebenarnya Suzuki Splash sebagai compact car telah sukses di Indonesia sejak diluncurkan pada Maret 2010 silam dengan transmisi manual.

Kehadirannya dengan fitur AT disebut dengan “New Splash”. Menurut PT SIS, kehadiran New Splash AT ini merupakan jawaban PT SIS mengingat gaya hidup masyarakat di perkotaan kini turut mempengaruhi minat dan kebutuhan masyarakat urban dan eksekutif muds akan kendaraan nan dinamis, sporty, dan stylish yang semakin besar.

Yups.. dari pengalaman SL.com selama beberapa hari mengemudikan mobil 1200cc ini, sangat terasa mobil compact ini dapat menunjang mobilitas pemiliknya pada kondisi jalan di perkotaan yang memiliki titik rawan kemacetan. Singkat kata New Splash sangat lincah, dan gesit. Dengan transmisi otomatis benar-benar sangat memudahkan SL.com untuk bermanuver dengan cepat, baik saat menyalip, dan melaju dengan cepat.

New Splash mengusung mesin K12M kapasitas 1200cc. Sebagai mesin generasi terbaru Suzuki telah dilengkapi dengan VVT (Variable Valve Timing). Mesin New Splash ini terasa sangat mumpuni mengimbangi keinginan SL.com ketika melintas dijalan yang lagi tersendat, alias macet. Demikian pula dapat dipacu dengan akselerasi yang cepat ketika dijalan lurus, lapang, bahkan di jalan tol.

Jika dibandingkan dengan versi terdahulu, New Splash memiliki perubahan yang menarik baik dari sisi eksterior, dan interior dimana tampilannya lebih segar. Menurut PT SIS, kendaraan produksi Suzuki India ini memiliki desain New European Style Grille dan Adjustable Electric Mirror.

IF

Dari segi ekterior, mengusung Head Lamp with Multi Reflector & Leveling Adjuster, dengan fitur Head Lamp Multi Reflector. Lampu depan ini memberikan fokus pencahayaan sinar lebih terang. Unit Head lamp Levelling Adjuster, yaitu fitur pengaturan arah pencahayaan yang tepat pada permukaan jalan yang dapat meningkatkan faktor keselamatan bagi pengendara dan penumpang.

Untuk kaca spion, dapat diatur secara elektrik dari dalam mobil dengan sebutan atau Adjustable Electric Mirror. Tombol pengaturannya pun sangat mudah. Sedangkan tampak belakang terdapat High Mount Stop Lamp, Reflector dan Rear Fog Lamp yang membuat tampilan New Splash ini lebih stylish dan modern.

Memiliki tampilan console yang stylish serta kaca depan dan kaca pintu depan yang lebar semakin menambah keleluasaan sudut pandang pengendara dan penumpang duduk didepan. Ketika duduk dikemudi, maupun sebagai penumpang didepan, SL.com dapat merasakan kenyamanan mobil dengan sebutan, tampak kecil dari luar tapi terasa luas didalam.

IF

Kekeluasaan lebih terasa lagi pada New Splash, dimana kabin memiliki head room & leg room yang lapang, memberikan kenyamanan dan kebebasan gerak. Sementara itu, penumpang dibelakang (orang dewasa max. 2 orang, anak kecil max. 3-4 orang) masih terasa luas karena kursi depan dapat diatur maju-mundur cukup panjang.

Bagi SL.com yang sering ke bandara untuk antar jemput mertua, pertimbangan kapasitas bagasi masih considerable. Setidaknya kursi belakang yang dapat dilipat (60:40) dan ini jelas menambah keleuasaan untuk memuat barang/koper yang banyak.

Ketika laju kendaraan dipacu kencang, tiba SL.com berpikir soal aspek keselamatan New Splash. Yups.. ternyata New Splash sudah dibekali dengan desain bodi kokoh yang dapat melindungi penumpang dari benturan keras dan menjaga ruangan kabin tetap utuh sehingga tingkat keselamatan terjaga. Pintu samping dilengkapi Side Impact Beam yang ada pada bagian dalam pintu, guna menahan benturan samping.

IF

Dari referensi yang ada, New Splash ini memliki Safety Belt 3 point ELR (Emergency Locking Retractor) yang dapat mengunci secara otomatis pada saat terjadi hentakan atau benturan tiba-tiba. Serta adanya Child Proof Door Lock sebagai kunci pengaman pada pintu samping belakang bila diaktifkan maka pintu samping belakang hanya dapat dibuka dari luar.

Kenyamanan pengereman mendadak sangat terasa, pasalnya New Splash ini sudah mengusung ABS (Antilock Braking System) dimana mobil dapat dikendalikan secara optimal. Juga memiliki fitur EBD (Elec0tronic Breaking Distribution) yang dapat mengendalikan laju kendaraan dengan balk sehingga faktor keselamatan lebih tinggi.

Dari review singkat SL.com, mobil seharga Rp. 151 juta (per 1 Juni 2013) sangat pas buat mereka yang ingin melaju dengan gesit dan lincah. Jalanan macet memang ada dimana-mana, namun yang kita butuhkan adalah menikmati kondisi macet tersebut, setidaknya perjalanan macetnya dapat dibuat dengan suasana riang. New Splash, Go Onwards!

IF

spesifikasi-new-suzuki-splash-2013

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

2 thoughts on “Jajal Suzuki New SPLASH Automatic Transmission

  1. tampilannya lebih sporti dan lebih segar, desain interiornya juga lebih keren dan ergonomis.. teruskan Suzuki,
    simak juga dong info http://infonyamobilmurah.blogspot.com/

  2. Untuk konsumsi BBM Splash matic ini gmana mas?
    membandingkan ini sama Mirage exceed nih pilihannya
    😀

Leave a Reply