ICS 2013: Industri Telekomunikasi di Indonesia Belum Capai Titik Maturity

JR_SLcom_ICS_054

13 Juni 2013. Pertumbuhan industri telekomunikasi Indonesia pada tahun 2012 lalu tercatat mencapai 10%, sedikit menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 12%. Beberapa kalangan menilai penurunan ini karena industri TI Indonesia telah mencapai titik jenuh dan cenderung stagnan. Hal ini menjadi pembicaraan para pengamat telekomunikasi di ajang Indoonesia Cellular Show (ISC) 2013 di JCC Senayan Jakarta. Apa benar demikian?

Ternyata hal ini dibantah oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Tifatul Sembiring. Dalam pidatonya pada pembukaan acara The 10th Indonesia Cellular Show di Jakarta Convention Center pada Rabu kemarin (12/6/13), ia berpendapat masih ada celah bagi industri TI untuk bertumbuh.

“Pasar Indonesia sebenarnya belum mencapai titik maturity atau jenuh. Masih banyak peluang pertumbuhan yang bisa kita gali. Inilah yang menjadi PR para pelaku industri telekomunikasi Indonesia, mulai dari para operator, produsen gadget serta industri terkait lainnya. Mereka harus bisa menciptakan peluang untuk bertumbuh, termasuk peluang untuk memperluas pasar TI lokal ke pasar regional atau bahkan internasional,” tegas Menkominfo.

Suasana Indonesia Cellular Show 2013 pada hari pertama, Rabu 12 Juni 2013

Suasana Indonesia Cellular Show 2013 pada hari pertama, Rabu 12 Juni 2013

Industri TI bahkan disebut masih bisa berkembang lebih baik lagi. Pasar teknologi informasi di Indonesia menurut Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Yayasan Apkomindo) secara umum masih menunjukkan tren positif. Pasar tablet PC per akhir 2012 tumbuh 40% dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga mencapai 60% pada akhir tahun ini.

Dilihat secara sekilas, pada kuartal pertama tahun ini memang terjadi penurunan pengiriman PC secara global sekitar 10%-20%. Namun perlu digarisbawahi bahwa industri TI masih memiliki semester depan untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Merujuk pada optimisme Apkomindo, periode penjualan tertinggi masih mungkin untuk diraih pada kuartal ketiga dan keempat 2013. Penjualan tablet PC bahkan cenderung meningkat dan ini bisa dilihat sebagai perubahan pola konsumsi belanja IT dan bukan penurunan. Yaitu perubahan dari perangkat diam ke perangkat bergerak atau mobile.

IF

Perubahan pola konsumsi di bidang perangkat bergerak, termasuk layanan, teknologi, dan lain-lain, bahkan terjadi dalam tempo yang demikian cepat. Hampir setiap saat muncul produk atau layanan baru yang dilempar ke pasar demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan industri telekomunikasi yang andal.

Produk handphone misalnya, rata-rata hanya bertahan paling lama 3-4 tahun, sebelum berganti model dengan tambahan fitur yang beragam. Hal ini mengundang pengguna untuk terus meng-ugrade gadget mereka ke versi terbaru demi mengikuti perkembangan pasar global.

Leave a Reply