Tim Mopar Indonesia Berpartisipasi di West Java Adventure Offroad XIV 2013

Mopar Adventure Offroad Team - Anggota

4 Juni 2013. Di tahun ini, tim Mopar Indonesia menyatakan kesiapannya untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan West Java Adventure Offroad (WJAOR) XIV 2013 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 – 9  Juni 2013. Selama 4 hari, para peserta akan menempuh jarak 300 km, yang dirancang khusus untuk semua peminat kendaaran four wheels drive, baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Sesuai dengan namanya, maka kegiatan West Java Adventure Offroad (WJAOR) XIV 2013 ini akan menjelajahi seluruh pelosok Propinsi Jawa Barat, dengan menekankan pada aspek wisata, lingkungan alam, seni, sosial dan budaya, serta sejarah bangsa Indonesia.

WJAOR ini sendiri merupakan kelanjutan dari kegiatan adventure off-road yang telah dilaksanakan sebelumnya, yang telah menjadi legenda dan dikenal dikalangan off-roader di Indonesia sejak tahun 1999.

Tim yang terdiri dari tiga (3) driver dan tiga (3) co-driver, tim Mopar Indonesia menggunakan Jeep Wrangler JK sebagai kendaraan andalannya. Salah satu anggota Tim Mopar Indonesia yaitu Zulkarnain atau yang biasa dipanggil “Joel” menyatakan,

“Sepanjang sejarah pelaksanaan kegiatan adventure offroad, baru kali ini terdapat peserta yang menggunakan Jeep Wrangler JK. Lebih uniknya lagi, biasanya dalam satu tim, kendaraan yang digunakan, walaupun semuanya adalah kendaraan four wheels drive , biasanya terdiri dari berbagai merek kendaraan, tetapi tidak demikian dengan tim Mopar Indonesia, yang hanya menggunakan satu merek”.

Anggota tim Mopar Indonesia berasal dari para pemilik dan pengguna Jeep Wrangler JK. Mereka adalah Ari Utama dengan co-driver Tubagus Moerinsyahdi atau yang lebih dikenal dengan nama Tb Adhi, kemudian Sri Hascaryo dengan co-driver Agus Priyo Sulistyo, dan terakhir adalah Zulkarnain Danie dengan co-driver Datuk.

“Kami ini adalah pengguna Jeep Wrangler JK untuk kegiatan sehari-hari. Namun kami mengetahui bahwa pada dasarnya kendaraan ini memiliki kemampuan yang jauh dapri pada hanya untuk digunakan untuk jalan-jalan. Oleh karena itu, dalam keikutsertaan kami di WJAOR, kami ingin mencoba sekaligus membuktikan sampai dimana kemampuan kendaraan ini” terang Ari Utama, atau biasa dipanggil Arnov.

Mopar Adventure Offroad Team - Tumpengan

“Kendaraan lain yang akan ikut biasanya sudah full modifikasi, sedangkan kami tidak melakukan modifikasi khusus, standard saja” tambahnya.

Jeep JK Wrangler adalah kendaraan yang teruji kemampuan Trail Ratednya, “Go Anywhere, Do Anything” bukan sekedar slogan dari Jeep. Implementasi Trail Rated dengan lima kategori yaitu Artikulasi, Manuver Traksi, Ground Clearance, dan kemampuan menerabas air (Water Fording). Serta safety security SUVPS yang terdapat pada Jeep, ESC yaitu Electronic Stability Control mengatur arah mobil selarasa dengan tikungan jalan.

HDC yaitu Hill DecentControl mencegah mobil bergulir di turunan, dan HSA Hill Star Assist mencegah mobil bergulir ditanjakan. Kemampuan-kemampuan tersebut membekali kendaaraan Jeep handal dalam kondisilintasan yang tidak bersahabat. Jeep Wrangler JK, terdiri dari varian Sport, Sahara dan Rubicon. Dan kebetulan Tim Mopar Indonesia menurunkan tiga varian tersebut dalam kegiatan ini.

“Pada dasarnya dalam kegiatan seperti WJAOR ini, selain pengaruh dari kemampuan kendaraan, kerjasama tim juga akan sangat menentukan apakah suatu tim berhasil mengatasi rintangan-rintangan yang ada”. Tukas Zulkarnaen Danie yang biasa dipanggil Joel.

“Kekompakan tim, daya tahan kendaraan, dan kesiapan mental akan menjadi kunci keberhasilan dalam mengikuti kegiatan seperti WJAOR ini. Salah satu dari ketiga hal tersebut tidak jalan, maka kinerja tim bias sangat terganggu,” tambahnya.

Sementara itu, Tb Adhi, Juara Nasional Speed Offroad beberapa kali, yang kali ini akan menjadi co-drivermenerangkan perbedaan co-driver di adventure offroad dengan co-driver di speed offroad ataupun reli.

“Di speed offroad ataupun reli, co-driver lebih biasa disebut seorang navigator karena tugas utama mereka adalah membaca pace note, menginformasikan kepada driver arah jalan yang harus dilalui. Sedangkan di adventure offroad, tugasnya sangat berbeda. Seorang co-driver bisa bergantian menyetir kendaraan dengan driver, sehingga co-driver harus mampu mengatasi masalah, termasuk dorong mobil kalau mobilnya mogok” terang Tb Adhi.

Dalam keikutsertaanya kaliini, tim Mopar Indonesia didukung penuh oleh PT Garansindo Inter Global, sebagai Agen Pemegang Merek (APM) untuk kendaraan Jeep dan juga part serta asesoris Mopar. Satya Saptaputra, selaku Chief Operating Officer, PT Garansindo Inter global, selaku APM Chrysler Indonesia menyampaikan:

“Partisipasi Garansindo kali ini adalah sebagai bentuk nyata bahwa, kami sangat mendukung kegiatan para pemilik dan pencinta Jeep di tanah air. Terlebih lagi kami sangat bangga kami dapatmemfasilitasi kegiatan mereka dalam ajang WJAOR 2013 ini, kami juga menyiapkan seorang teknisi Mopar yang tergabung dalam tim untuk membantu bila ada kendala maupun kesulitan selama perjalanan”.

Kendaraan Jeep Wrangler JK yang dipergunakan, akan diberangkatkan pada hari ini, Selasa 4 Juni 2013, untuk selanjutnya akan menjalani proses scrutineering bersama para driver dan co-drivernya pada esok hari, sebelum melakukan start di Pendopo Kantor Bupati Ciamis dan berakhir di Pantai Pananjung Pangandaran.

Leave a Reply