Kuda Hitam dari Indonesia.. Subhan Aksa di Reli Yunani

photo 1

31 Mei 2013. Sudah 19 pereli mancanegara yang menghuni klasemen sementara FIA 2013 World Rally Championship (WRC)-2. Belum termasuk di dalamnya Subhan Aksa, pereli Indonesia dengan tim Bosowa Fastron Rally Team. Putaran 6 WRC di Acropolis Rally, Yunani, yang start Jumat (31/5) malam waktu setempat menjadi arena Subhan memasukkan nama di klasemen. Peluangnya pun sangat terbuka.

“Mobil RRC saya dalam keadaan sangat bagus untuk kondisi Rally Yunani kali ini walaupun belum melakukan testing sama sekali menjelang reli ini tapi feeling saya sangat bagus setelah menuntaskan sesi shakedown menjelang SS1 dan SS2 malam ini,” ungkap Subhan Aksa pada saat konperensi pers yang dihadiri para awak media dari penjuru dunia.

Sejak awal, ia tercatat sebagai Kuda Hitam pada salah satu ajang reli prestisius itu. Tak lain karena reputasinya sebagai runner up PWRC Acropolis Rally 2012. Jika tak ada kesalahan nonteknis sebagaimana terjadi di Rally Portugal, Subhan berpotensi mengganggu perang pereli unggulan macam Abdulaziz Al-Kuwari (Qatar), Nicolas Fuchs (Peru), dan Sepp Wiegand (Jerman) yang tengah memimpin klasemen sementara. Masing-masing punya poin 60, 58, dan 55. Apalagi, pacuan RRC milik Subhan pun persis dengan pacuan Al-Kuwari yang tingkat kompetitifnya sudah terbukti.

photo 2

Ketiga pereli itu kebetulan turun bareng di Acropolis dengan target poin maksimal, terlebih buat Fuchs. Sebab, ia sudah ikut 4 seri lomba sebelumnya sedangkan Al-Kuwari dan Wiegand baru memanfaatkan 3 seri. Dengan begitu, hanya tersisa dua seri lomba buat Fuchs mencari poin tambahan musim ini, termasuk Yunani.

Seperti diketahui, regulasi WRC mewajibkan seluruh kontestan memilih 7 dari 13 seri lomba WRC. Terserah masing-masing menentukan seri mana saja. Beda dengan SWRC dan PWRC tahun lalu yang telah ditentukan serialnya dari awal musim kompetisi.

Dari tujuh seri itu hanya enam hasil terbaik yang dihitung poin untuk menentukan rangking WRC-2 tahun ini. Karena itu wajar kalau Fuchs yang eks PWRC itu mengaku punya beban mental tersendiri memasuki seri Yunani, karena jatahnya yang tinggal dua putaran.

Subhan sendiri baru memakai satu jatah, Rally Portugal. Strateginya pun tak seperti tiga nama terdahulu yang memilih seri yang menguntungkan untuk mendulang poin, yakni lintasan-lintasan reli yang diyakini mampu dikuasai. Pendekatan Subhan dan manajemen BFRT tak semata mengacu pada poin, tapi tak kalah penting adalah penambahan jam terbang dan pengalaman untuk bekal ke tahun depan.

WORLD RALLY CHAMPIONSHIP 2013 - WRC RALLY ACROPOLIS

Itu sebabnya jatuh pilihan pada arena baru macam Rally Portugal, Prancis, Wales, dan kemungkinan besar Australia (tentatif) dalam tujuh seri pilihan tahun ini. Selain Rally Acropolis Yunani, dua seri lain yang sudah pernah dijelajahi Subhan dan masuk rute musim ini adalah Rally Spanyol (musim lalu podium ketiga) dan Rally Jerman.

Strategi itu membuat Subhan tampil lepas di setiap seri yang ia ikuti, termasuk Yunani saat ini.

“Tapi, saat berlomba, naluri kompetisi sebagai olahragawan kerap muncul dan menggoda untuk memacu mobil lebih cepat. Jika secara teknis ada peluang untuk mencetak prestasi lebih tinggi, kenapa tidak. Harus diperjuangkan. Sementara ini, itu yang akan kami lakukan di sini. Tak memaksakan diri pol-polan di SS awal, dan selanjutnya baru lihat situasi dan atur strategi baru,” ujar Subhan usai menjalani sesi shakedown Rally Yunani dan bersiap ke seremonial start di ibukota Yunani, Athena, Jumat (31/5).

Sesi shakedown yang menjadi ajang latihan resmi itu dimanfaatkan Subhan dan navigator Nicola Arena untuk memantapkan kerjasamanya sekaligus kesempatan tim M-Sport untuk menentukan setingan terbaik buat pacuan.

“Dua SS awal akan berlangsung malam ini. Ini tantangan tersendiri, semoga kami bisa melewatinya engan sebaik-baiknya,” harapnya.

Menjelang persiapan SS1 dan 2 pada hari Jum’at (31/5) tim memutuskan untuk tidak membawa ban cadangan dan diharapkan strategi tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap Subhan Aksa karena hanya melakoni 2 SS dan bisa mengurangi beban kendaraan sekaligus.

Leave a Reply