Rifat Sungkar Siap Bertarung di Susquehannock Trail Performance Rally (STPR)

FWRT in Action 1

31 Mei 2013. Fastron World Rally Team telah melakukan survey lintasan atau recce dan uji coba kendaraan, menjelang Susquehannock Trail Performance Rally (STPR) yang akan dimulai sore ini (31/05) waktu setempat. Hasil recce yang telah dilakukan membuktikan ketangguhan dan sulitnyaSTPR yang digadang-gadang sebagai seri reli tertua di Rally America, dan yang memiliki lintasan paling cepat dan berbahaya.

Berbeda dengan olahraga otomotif yang lain, di reli, masing-masing tim tidak diperbolehkan berlatih di lintasan yang digunakan untuk pertandingan. Masing-masing tim hanya diperbolehkan sekali melintasi lintasan untuk survey atau review (biasa disebut juga dengan recce) dengan membatasi kecepatan sesuai dengan batasan kecepatan untuk umum. Fastron World Rally Team, kemarin (30/05) waktu setempat, telah menyelesaikan recce di 16 Special Stage dengan total jarak tempuh sekitar 183,61 kilometer.

“Karakter lintasan di STPR ini sangat high speed, dan yang membuatnya semakin sulit adalah lintasannya yang sempit, hanya 1,5 kali lebar mobil. Selain lintasannya yang sangat cepat, lintasannya juga sangat licin karena didominasi dengan tipe permukaan lintasan gravel dan tanah yang mulus. Seri kali ini akan menjadi pertandingan yang tangguh dan berbahaya,” ujar Rifat usai menyelesaikan recce.

Namun Rifat mengaku tidak gentar menghadapi lintasan yang menantang ini karena persiapan yang maksimal telahdilakukan dan didukung oleh tim yang luar biasa dari Fastron World Rally Team dan Libra Racing.

Usai melakukan recce, Fastron World Rally Team melanjutkan ke sesi Seeded Draw, undian untuk menentukan urutan start. Sesuai aturan yang berlaku, tiga pembalap unggulan diharuskan mengambil undian untuk menentukan urutan start pada pertandingan. Rifat yang di seri sebelumnya berhasil menjadi juara ketiga, berkesempatan untuk menentukan urutan start di seri kali ini, bersama dengan dua pesaing terberatnya; David Higgins dan Ken Block.

David Higgins yang berhasil mendapatkan nomor undian pertama memilih untuk start di urutan pertama. Rifat Sungkar mendapatkan nomor undian kedua, dan berdasarkan kesepakatan dengan tim sebagai bagian dari strategi yang akan diterapkan, Rifat memutuskan untuk start di urutan ketiga. Lalu Ken Block yang mendapat nomor undian ketiga, memilih untuk start di urutan kelima.

Usai menentukan urutan start, agenda kegiatan Fastron World Rally Team kemarin diakhiri dengan shakedown dan scrutineering. Sesi shakedown merupakan sesi uji coba kendaraan yang digunakan untuk pertandingan di lintasan yang telah disediakan oleh panitia. Sedangkan sesi scrutineering adalah sesi dimana pihak panitia memeriksa seluruh aspek dari kendaraan dankelengkapan dan perlatan dari peserta, apakah sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sesi shakedown berjalan dengan lancar. Mitsubishi Evo X yang dikendarai Rifat terasa prima, tanpa ada masalah. Fastron World Rally Team juga telah dinyatakan lolos sesi scrutineering dan berhak bertanding di STPR, yang akan dimulai sore ini (31/05) pada pukul 14:29 waktu setempat.

Start di urutan ketiga dengan nomor pintu 236, Fastron World Rally Team memulai pertarungannya di 5 SS yang akan digelar pada hari ini waktu setempat, termasuk dua Super Special Stage yang digelar di Tioga County Fairgrounds pada malam hari.

Leave a Reply