MoU Mercedes-Benz Indonesia dengan PT. Pertamina (Persero)

MERCEDES-BENZ 2 (1)

22 Mei 2013. Bersamaan dengan acara peluncuran Mercedes-Benz ML 250 CDI, Presiden dan CEO dari Mercedes-Benz Indonesia, Dr. Claus Weidner menandatangani MoU (nota kesepahaman) dengan PT Pertamina (Persero) yang diwakili oleh Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution, Suhartoko. Hal tersebut merupakan komitmen bersama bahwa kendaraan ML 250 CDI sangat direkomendasikan menggunakan bbm diesel Pertamina DEX.

Dijelaskan oleh Suhartoko dalam paparan singkat, bahwa produk Pertamina DEX  sebagai bahan bakar diesel berkualitas terbaik dengan kadar sulfur rendah mampu memberikan kenyamanan dan performa mesin tinggi, lebih irit, suara lebih halus dan ramah lingkungan yang telah diakui oleh Mercedes-Benz selaku produsen kendaraan kelas premium.

“Kami mengerti bahwa saat ini hanya Pertamina Dex yang memenuhi kualifikasi dari Euro 4 untuk mobil diesel Mercedes-Benz. Hal ini merupakan komitmen Pertamina untuk membuat bahan bakar ini tersedia secara luas untuk para konsumen kami yang peduli akan lingkungan dengan mengendarai mobil yang efisien dengan emisi rendah, seperti ML 250 CDI,” ujar Suhartoko,

“Kerjasama dengan Mercedes ini merupakan suatu kebanggan bagi bangsa Indonesia, karena produk Pertamina Dex yang merupakan karya anak bangsa, diakui oleh Mercedes sebagai satu-satunya bahan bakar diesel berkualitas tinggi di Indonesia yang memenuhi persyaratan dan wajib dipergunakan oleh mobil Mercedes diesel,” ungkap Sukartoko dihadapan para wartawan pada Rabu siang (22/5/13).

IMG_6824

Menurut penjelasan Suhartoko, Pertamina Dex memiliki beberapa keunggulan utama dibandingkan bahan bakar diesel lainnya, diantaranya adalah angka cetane yang dimiliki minimum 53, sehingga membuat mesin lebih bertenaga, lebih irit, suara lebih halus dan mudah dinyalakan. Selain itu, kandungan sulfur di bawah 300 ppm dan kandungan partikulat yang sangat sedikit dan bersih, membuat emisi gas buang kendaraan menjadi lebih ramah lingkungan.

“ML 250 CDI merupakan SUV yang ekonomis dan efisien. Bila dikombinasikan dengan Pertamina Dex, bahan bakar diesel ramah lingkungan berkualitas sungguh baik di Indonesia, akan menjadikan ML 250 CDI sebagai kendaraan diesel dengan kinerja maksimum dan hemat,” ” ujar Dr Weidner. 

Tanki standar 70 liter memungkinkan mobil ini untuk jarak sejauh 1100 km. Efisiensi bahan bakar dan fitur-fitur pendukung lainnya merupakan salah satu keunggulan utama dari Mercedes-Benz ML 250 CDI,” tambah Stephan Moebius, Direktur Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz Indonesia.

Kombinasi dari kadar sulfur rendah dan kandungan cetane yang tinggi membuat Pertamina Dex kompatibel dengan mobil diesel Mercedes-Benz. Pertamina Dex juga disertai dengan teknologi tambahan modern untuk membersihkan mesin, mencegah karat dan mempertahankan kemurnian bahan bakar.

IMG_6802

SPBU Pertamina DEX

Untuk memenuhi permintaan pasar, saat ini Pertamina telah menyediakan Pertamina Dex dengan dispenser (tanpa kemasan) secara merata di 220 SPBU di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Selain itu, ada sekitar 800 SPBU yang juga menyediakan Pertamina Dex dengan kemasan di seluruh Indonesia.

Pertamina terus memperluas ketersediaan Pertamina Dex diantaranya dengan menyiapkan kilang di Dumai, Riau sebagai tempat produksi Pertamina Dex, mendampingi kilang Balongan. Selain itu, jaringan SPBU yang menyediakan Pertamina Dex dengan dispenser akan diperluas hingga ke Sulawesi dan Irian Jaya.

Untuk mencari lokasi SPBU Pertamina terdekat yang menyediakan produk bahan bakar non subsidi, termasuk Pertamina Dex, dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi “Pertamina Mobile” yang dapat di download di handphone dan smartphone Apple, Samsung dan Android. Selain itu, daftar SPBU yang menyediakan Pertamina Dex juga dapat dilihat di website www.pertamina.com.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply