TOP 1 Raih “Brand Of Choice Community Awards 2013”

Photo 1

22 Mei 2013. Survei Prasetya Mulya Business School dan majalah SWA menasbihkan pelumas otomotif TOP 1 sebagai merek pelumas otomotif yang dekat dengan komunitas penggunanya. Penghargaan “Brand of Choice by Community Awards 2012” tersebut diterima Matthew J Ryan (Business Development Manager TOP 1 Oil USA) di Hotel Shangrila – Jakarta pada 14 Mei 2013. Penghargaan tersebut diraih atas survey yang dilakukan pada 238 komunitas yang tersebar di Indonesia.

Menurut Matthew J Ryan (Business Development Manager TOP Oil USA), komunikasi yang berkesinambungan dan dekat dengan komunitas penggunanya menjadikan merek TOP 1 bagian dari keseharian masyarakat, khususnya komunitas pengguna pelumas.

“Pelumas TOP 1 secara konsisten melakukan kegiatan bersama komunitas yang dilakukan melalui media maupun pertemuan tatap muka secara langsung. Semangat awalnya tentu ingin mendapatkan umpan balik dari pengguna pelumas TOP 1 yang merupakan bagian dari perkembangan produk TOP 1 itu sendiri. Dari kegiatan bersama yang memungkinkan tatap muka, maupun berbagai komunikasi melalui sosial media memunculkan kedekatan yang cukup positif dan terarah, sehingga TOP 1 terus berkembang dengan berbagai inovasinya”, jelas Matthew J Ryan.

Photo 2

Sebanyak 238 pengelola komunitas yang menjadi partisipan survey menilai merek TOP 1 dari beberapa faktor. Penilaian terhadap TOP 1 oleh komunitas dilakukan berdasarkan visi misi, kesediaan menerima umpan balik, kontribusi terhadap komunitas, dukungan, serta level independensi.

Kombinasi agregat dari seluruh factor tersebut kemudian memunculkan indeks level brand of choice dari komunitas itu sendiri. Survei juga dilengkapi dengan pengukuran net prometer score (NPS). Untuk mengukur NPS tersebut berbagai pertanyaan dimunculkan terhadap komunitas berdasarkan pengalaman sebagai pengguna dan rekomendasi merek.

Dari seluruh komunitas yang berpartisipasi menghadirkan 2.240 jawaban responden. Pelumas TOP 1 tercatat sebagai pelumas yang sejak awal memiliki perhatian membangun hubungan dengan komunitasnya. Kombinasi pendekatan komunitas dan strategi komunikasi yang terpadu menjadikan TOP 1 pilihan untuk produk pelumasnya. TOP 1 selama ini berhasil membangun kedekatan dengan berbagai komunitas otomotif, bahkan dekat dengan komunitas bengkel dan mekanik, serta komunitas sekolah mekanik.

“Kepercayaan dan keterbukaan menjadi kunci penting dalam membangun hubungan dengan komunitas. Komunikasi yang dilakukan secara berkelanjutan menciptakan harmonisasi dan saling pengertian antara produk dan konsumennya. Kekuatan informasi dan umpan balik ini menjadi materi penting bagi kami untuk mengembangkan bisnis pelumas TOP 1”, jelas Matthew J Ryan.

Leave a Reply