Martin Apfel President, GM South East Asia Operations

IF

9 Mei 2013. Usai menyaksikan acara peresmian pabrik General Motors (GM) Indonesia yang memproduksi mobil MPV Chevrolet Spin di Pondok Ungu Bekasi (Rabu, 8/5/13), SL.com mendapat kehormatan untuk ngobrol secara akrab dengan para pimpinan GM, salah satunya dengan Martin Apfel, President of GM South East Asia Operations.

Dalam jamuan makan malam  di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta, sebenarnya tak ada pembicaraan serius atau interview, namun hanya obrolan santai diantara para redaktur senior dari beberapa media ternama dengan para pejabat tinggi GM yang sedang berkunjung ke Indonesia.

SL.com pun lebih banyak ngobrol dengan sosok Martin Apfel dimana ia sangat gembira Chevrolet Spin bisa diproduksi di negara Indonesia. Tugas-tugas Martin Apfel pada saat ini adalah mengawasi bisnis GM di 15 pasar otomotif termasuk Indonesia dan pasar negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Jepang, Pakistan, Mongolia, Micronesia dan Polynesia.

Dari data profile Martin Apfel, jabatan President GM South East Asia Operation yang ia emban pada saat ini dilakoninya sejak 2 Maret 2010. Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai executive director GM of Global Manufacturing Strategy and Planning sejak 1 Agustus 2006. Ia juga pernah menjadi bagian dari tim Global Manufacturing Strategy GM, tim Global Product Planning Leadership dan Global Product Development Council.

IF

Martin Apfel mengawali kariernya di GM untuk produk Adam Opel AG di tahun 1989. Pada tahun 1992, ia menjadi manajer dan kemudian menjadi Director Industrial Relations pada General Motors Eropa di markas besarnya di Zurich, Swiss.

Pada tahun 1995, Martin Apfel pindah ke Opel Belgium NV sebagai Personnel Director dan menjadi bagian dari jajaran direksi perusahaan. Martin Apfel juga sempat menjadi anggota Belgian Metal Employers Federation.

Martin Apfel menjabat sebagai president Board and Managing Director dari Opel Portugal SA (belakangan disebut Unipessoal Lda.) pada tahun 1998. Selama bekerja di Portugal, ia juga menjadi anggota Board Portuguese American Chamber of Commerce and The Advisory Council untuk Kementerian Ekonomi.

Pada tahun 2002, Martin Apfel ditunjuk sebagai president of Opel Eisenach GmbH, sebuah fasilitas manufaktur Opel di Jerman. Ia lalu bekerja sebagai anggota Board State Metal Employers Federation, chairman dari State Employer’s Training Institute dan anggota Board of Trustees dari University of Applied Sciences Schmalkalden.

Dari tahun 2004 sampai dengan 2005, Martin Apfel menjadi director pabrik Opel Bochum di Jerman.

Sebelum bergabung di GM, Martin Apfel menduduki berbagai jabatan akademis dan kepemimpinan sosial di tingkat lokal, negara bagian, bahkan tingkat Nasional di Jerman maupun Eropa. Martin Apfel meraih gelar sarjana hukum dari University of Frankfurt, Jerman.

Please follow and like us:

Leave a Reply