Chevrolet Spin Made in Indonesia

GM Bekasi Opening 5

8 Mei 2013. Kita ketahui General Motors (GM) telah meresmikan pabrik Chevrolet Spin di Bekasi pada siang Rabu, 8/5/13 dihadiri Dr. Budi Darmadi, Dirjen Kementerian Perindustrian, Timothy Lee, General Motors Vice President Global Manufacturing, Marcos Purty, Presiden Direktur, GM Indonesia dan Martin Apfel, Presiden GM South East Asia, dan disaksikan oleh Scot Marciel Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

Kalau begitu apa yang istimewa dari pabrik GM ini? Yang pasti perusahaan otomotif terbesar di dunia asal Amerika Serikat ini telah membuktikan komitmennya melakukan ivestasi di Bekasi hingga mencapai USD150 juta, dan secara khusus memproduksi kendaaraan MPV (multi purpose vehicle) dengan nama SPIN (Spirit Indonesia). Kini bangsa Indonesia boleh bangga karena Chevrolet Spin adalah Made in Indonesia.

Pabrik GM di Indonesia terletak di Bekasi atau tepatnya di Jl. Raya Bekasi Pondok Ungu atau tidak jauh dari tugu perbatasan DKI Jakarta – Bekasi. Hitungan jarak sekitar 16 kilometer dari ibukota Jakarta dan dibangun di atas tanah seluas 108.000 meter persegi, dengan ruang cukup untuk perluasan kapasitas. Total luas pabrik mencapai 58.000 meter persegi.

IF

Pabrik ini sepenuhnya dimiliki oleh General Motors Indonesia, anak perusahaan dari General Motors Asia Tenggara dimana pembangunannya rampung sejak 27 Juli 2012 dan setelah itu memulai produksi Chevrolet Spin.

Menurut pimpinan GM. disebutkan bahwa pabrik di Bekasi ini merupakan bagian penting dari pertumbuhan GM di Indonesia dan Asia Tenggara, yang telah membuktikan eksistensi Chevrolet di kawasan Asean. Pabrik ini merupakan bentuk komitmen Chevrolet terhadap filosofi, ‘build where we sell and source where we build.’

Saat ini, pabrik di Bekasi dapat memproduksi sebanyak 40.000 kendaraan per tahun dalam satu jalur produksi dengan fasilitas meliputi assembly shop, body shop, press shop, paint shop dan gudang. Pada saat saat peluncuran, pabrik ini hanya memiliki satu shift produksi. Shift produksi akan ditambah pada pertengahan tahun 2013.

GM Bekasi Opening 3

Menurut catatan pabrik GM Indonesia ini telah menerima izin Amdal dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Bekasi. Hal inipun sesuai dengan standar global GM dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup yang melebihi persyaratan lokal.

Sejak bulan Mei 2013, fasilitas ini memiliki 700 karyawan, di mana lebih dari 95 persen karyawannya adalah orang Indonesia. Rencananya jumlah ini akan bertambah menjadi lebih dari 800 orang saat GM Indonesia memulai dua shift produksi pada pertengahan 2013.

Pelatihan karyawan dilakukan di segala bidang termasuk praktek pembuatan kendaraan berkualitas dan keselamatan, biaya, pengiriman dan manajemen lingkungan. Pelatihan dijalankan sesuai dengan standar global General Motors.

VIDEO

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply