GM Resmikan Pabrik Chevrolet Spin di Indonesia

IF

8 Mei 2013. General Motors (GM) membuka secara resmi pabrik di Bekasi khususnya untuk pabrik Chevrolet Spin pada siang tadi (Rabu, 8/5/13). Selain itu itu ditandai dengan peluncuran pertama Chevrolet Spin dari jalur produksi oleh Dr. Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian yang disaksikan langsung oleh Tim Lee, General Motors Vice President Global Manufacturing and president, International Operations.

Acara ini juga dihadiri oleh Marcos Purty, Presiden Direktur, GM Indonesia dan Martin Apfel, Presiden GM South East Asia, disaksikan oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel. Seluruh tamu penting tersebut juga memberikan sambutan dalam acara ramah tamah yang dihadiri oleh para tamu undangan, dan kalangan media.

Lokasi pabrik GM Chevrolet Spin terletak sekitar 16 kilometer dari ibukota Jakarta. Pabrik seluas 58.000 meter persegi ini sepenuhnya dimiliki General Motors Indonesia. Pabrik yang didirikan dengan investasi sebesar USD150 juta ini mempekerjakan lebih dari 700 karyawan.

IF

“Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar General Motors terbesar dan kita berpegang teguh pada filosofi ‘build where we sell and source where we build,’” ujar Tim Lee, GM Vice President Global Manufacturing and President, International Operations.

“Tahun lalu, kami berhasil membukukan pertumbuhan sebesar 17 persen di Indonesia dibandingkan tahun 2011. Dengan peluncuran Chevrolet Spin, kami akan terus melanjutkan kesuksesan ini,” tambahnya.

Chevrolet Spin pertama kali diperkenalkan pada bulan September 2012 di Indonesia International Motor Show yang dikenal sebagai kendaraan global sub-compact, yaitu MPV tujuh penumpang yang lega, sempurna, fleksibel dan lincah dengan desain yang modern dan maskulin.

IF

Chevrolet Spin memiliki fitur yang tidak dimiliki kompetitor, yaitu; sistem audio dengan bluetooth, AC double blower dengan tambahan saluran AC di baris ketiga, transmisi 6-percepatan dengan teknologi tiptronik, speedometer digital dan multi-information display, serta tiga pilihan mesin; 1,2L, 1,5L dan 1,3L diesel. Semua fitur ini merupakan yang pertama dihadirkan di segmen MPV sub-compact.

Mesin 1,2L dan 1,5L dilengkapi dengan teknologi Dual VVTi. Mesin 1,3L diesel juga dilengkapi dengan turbo charger, sehingga dapat menghasilkan torsi dan tenaga yang berlimpah namun tetap memiliki emisi rendah, seperti varian bensin.

Sebanyak 80% dari produk Spin yang diproduksi di pabrik GM Bekasi Indonesia ini memang ditujukan untuk pasar Indonesia, dan selebihnya akan diekspor ke Thailand dan Filipina. Kapasitas produksi pabrik di Bekasi mencapai 40.000 unit Spin dalam setahun.

IF

“Pembukaan hari ini merupakan peristiwa penting bagi 700 karyawan, 43 pemasok komponen lokal dan 34 diler Chevrolet di Indonesia,” ujar Marcos Purty, Presiden Direktur, GM Indonesia.

Untuk memeriahkan acara ini, seluruh karyawan di Bekasi membubuhkan tapak tangannya di atas prasasti. Torehan tapak tangan ini dipasang sebagai tanda diresmikannya pabrik. Kegiatan lainnya adalah pertunjukan drum-band, tarian bendera dan pemotongan pita. Setelah pidato dilaksanakan, para hadirin menjalani kunjungan ke pabrik untuk melihat langsung proses produksi.

Chevrolet produksi tahun 1928 turut dipamerkan dalam acara ini, sebagai bentuk keterkaitan GM terhadap pendahulu GM Indonesia, yaitu GM Java yang berdiri pada tahun 1927. General Motors adalah produsen mobil pertama yang membuka cabang di Indonesia.

VIDEO

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “GM Resmikan Pabrik Chevrolet Spin di Indonesia

  1. […] Mei 2013. Usai menyaksikan acara peresmian pabrik General Motors (GM) Indonesia yang memproduksi mobil MPV Chevrolet Spin di Pondok Ungu Bekasi (Rabu, 8/5/13), SL.com mendapat […]

Leave a Reply