Subhan Terhenti, Akbar Juarai Rally Of Celebes

IMG_7004

6 Mei 2013. Pereli internasional Subhan Aksa harus mengakui beratnya reli lokal yang justru berada di daerahnya sendiri, Rally of Celebes di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan yang berakhir Minggu (5/5). Mengandalkan Mitsubishi Evo X favoritnya, Subhan dengan navigator Hade Mboi terhenti di SS10 yang salah satu rutenya memasuki aliran sungai (water splash).

Ternyata, jalur ini lebih dalam dari hari sebelumnya. Moncong mobil Subhan pun menyerok ke dasar sungai. Mesinnya jebol akibat water hammer dan tidak bisa dihidupkan kembali. Awalnya Subhan dan Hade mencoba untuk memperbaiki dengan mengganti saringan udara tetapi hal tersebut sia-sia dilakukan karena air sudah memasuki mesin sehingga membuat stang pistonnya bengkok.

Hal tersebut menahan laju pereli muda Sulsel yang tengah berkompetisi di ajang FIA 2013 WRC-2 yang sekitar 2 km lagi menjelang finish SS10. Padahal ia tengah memimpin perolehan waktu sementara dengan keunggulan 8 detik atas Akbar Hadianto yang juga rekan satu timnya di Bosowa Rally Team.

Namun, Subhan berkomentar santai saja atas insiden itu dan menganggapnya sebagai ketidakberuntungan semata. Sebaliknya, ia justru gembira dan bangga dengan perkembangan reli kali ini setelah Reli Makasar vakum selama 3 tahun. Kini bermunculan para pereli muda yang talentanya terbilang istimewa. Beberapa di antaranya bahkan baru kali ini ikuti lomba reli, tapi performanya menjanjikan.

IMG_6952

“Yah, pengalaman pahit, tapi beginilah indahnya reli. Kita tak pernah tahu apa yang dihadapi di depan. Ini resikonya kalau start di posisi pertama. Tampak seperti tumbal. Mudah-mudahan saja di dua seri kejurnas berikutnya bisa lebih baik. Tipe lintasan yang dibuatkan panitia benar-benar hebat. Kualitas penyelenggaraan dan atmosfer lombanya juga bagus. Dimana-mana terlihat antusiasme masyarakat menonton hajatan ini. Anak-anak dan para remaja memenuhi sisi lintasan. Itu sangat menggembirakan, saya ucapkan selamat buat panitia yang sudah bekerja keras,” papar Subhan yang juara nasional 2009, 2010, dan 2012 ini.

Tanpa Subha/Hade, Akbar dan navigator Arianto Syarief dengan mulus menyusuri 3 SS terakhir dan menjuarai kejurnas seri pertama ini. Ia finish dengan total waktu 2:06:31,3. Posisi podium berikutnya ditempati pasangan Priamanaya Djan/Yudi Herwanto dan Erwin Mancha/Maman Aruman. Subhan sendiri masih kebagian urutan kelima karena total waktunya dengan peserta lain sudah unggul jauh sebelum insiden di SS10.

Akbar yang sejak SS awal berasing dengan Subhan mengakui strateginya di hari kedua ini berbeda dan bermain lebih aman (safety). Selain setelan suspensi belum nyaman, persaingan di pucuk pimpinan lomba terbilang sengit sehingga memerlukan konsentrasi maksimal. Ini kemenangan keduanya di Grup N di serial kejurnas reli. Sebelumnya pada 2008, Akbar menjuarai Reli Medan.

“Ini benar-benar di luar dugaan. Meski set up mobil belum maksimal, ternyata bisa menghasilkan sukses seperti ini,” kata Akbar yang memulai reli mobil sejak 1996.

KLASEMEN SEMENTARA KEJURNAS 2013

1. Akbar Hadianto (poin 20)
2. Priamanaya Djan(16)
3. Erwin Mancha (13)
4. MBN Boyke (10)
5. Subhan Aksa (8)
6. HA Rizki Prayoga (6)
7. Eddy WS (4)
8. Andry Tanujaya (3)
9. Reza Pahlevi (2)
10. M.Affan Ali (1)

Leave a Reply