Ford Motor Company Secara Resmi Beroperasi di Myanmar

Ford Enters Myanmar

1 Mei 2013. Ford Motor Company pada 30 April 2013 kemarin secara resmi mengumumkan masuknya Ford ke pasar Myanmar yang sedang membuka diri dengan cepat melalui perjanjian dan kemitraan eksklusif dengan Capital Automotive Ltd., anak perusahaan dari konglomerat terkemuka Myanmar, Capital Diamond Star Group.

Pada akhir tahun, Ford berencana untuk menawarkan kepada pelanggan Myanmar showroom yang menyajikan serangkaian lengkap mobil dan truk global, yang mewakili semua segmen kendaraan. Kendaraan ini akan berasal dan diimpor dari fasilitas produksi global Ford, termasuk Amerika Utara dan Thailand.

“Kami melihat potensi dan kesempatan yang luar biasa bagi Ford di Myanmar, dan kami menantikan untuk melayani pelanggan di pasar yang menarik ini,” kata David Westerman, Regional Manager, Asia Pasifik, Ford Export & Growth Operations. “Kami juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi dan investasi yang berarti yang akan mendukung pembangunan ekonomi dan sosial yang sedang berlangsung di negara ini.”

Melalui kesepakatan bersejarah dengan Capital Automotive, Ford akan menjadi produsen otomotif global pertama yang menawarkan solusi otomotif lengkap di Myanmar.

Fasilitas dealer pertama Ford hampir selesai di Yangon – pusat komersial dan kota terpadat di Myanmar – dan akan menawarkan solusi penjualan, layanan dan suku cadang terpadu. Rancangan dan operasi fasilitas tersebut sepenuhnya disesuaikan dengan standar global Ford.

“Kami tidak dapat menemukan mitra jangka panjang yang lebih baik dari Ford, dan kami berharap untuk memperkenalkan kendaraan dan layanan kelas dunia Ford ke pasar kami yang sedang berkembang,” kata Ko Ko Gyi, pemilik dan Managing Director Capital Diamond Star Group.

Ford dan Capital Automotive berencana untuk memperluas fasilitas di pasar lain di seluruh negara ini bersamaan dengan pertumbuhan bisnis. “Dengan mitra eksklusif kami, Capital Automotive, kami memiliki posisi yang baik untuk sepenuhnya mewujudkan potensi besar pasar ini dalam jangka panjang”, tambah Westerman.

Peluang ASEAN

Masuknya Ford ke Myanmar akan membantu mendukung strategi pertumbuhan secara keseluruhan untuk kawasan ASEAN, yang mewakili populasi gabungan sebesar 600 juta.

“Masuknya kami ke Myanmar adalah langkah terbaru dalam ekspansi agresif Ford di Asia Pasifik, dan akan membantu kami untuk semakin mewujudkan kesempatan yang ada di kawasan ASEAN sepenuhnya,” kata Matt Bradley, President Ford ASEAN.

Rangkaian awal produk Ford di Myanmar

Myanmar mendapatkan keuntungan dari lokasi yang strategis antara India dan China, dan perbatasan bersama dengan Thailand, pusat operasi Ford untuk kawasan ASEAN. Hal ini memberikan berbagai pilihan logistik dan pasokan kendaraan dari Thailand yang berdekatan, serta impor mobil dan truk yang berasal AS langsung ke Myanmar.

Ikon truk pickup Ford F-Series dan all-new Ford Ranger yang menetapkan standar baru di kelasnya akan menjadi salah satu model pertama yang tiba di Myanmar. “Kami berkomitmen untuk membawa rangkaian kendaraan global Ford kami ke Myanmar – kendaraan kelas dunia yang diinginkan dan dihargai oleh pelanggan Myanmar,” kata Westerman.

Membangun industri

Selain pemasaran dan penjualan kendaraan di Myanmar, Ford berkomitmen untuk keberadaan jangka panjang dan investasi berkelanjutan di pasar ini. Hal ini akan mencakup penyediaan kesempatan bagi pelatihan langsung tenaga kerja terampil yang ekstensif bagi karyawan. Melalui usaha ini, Ford telah membawa ahli teknis dan sumber daya pelatihan kelas dunia untuk membantu mengajar teknisi, tenaga penjualan dan pelayanan yang telah dipekerjakan perusahaan.

“Bagian dari nilai-nilai inti Ford sebagai perusahaan adalah berinvestasi di tempat kami melakukan bisnis – berinvestasi pada karyawan, dalam karier mereka dan di masyarakat setempat,” jelas Westerman. “Merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab kami untuk melatih dan mengembangkan tenaga kerja terampil, dan secara harfiah, membantu membentuk masa depan pasar otomotif Myanmar.”

Ford Conservation and Environmental Grants di Myanmar

Ford juga mengumumkan akan membawa program Conservation and Environmental Grants yang diakui secara internasional ke Myanmar pada tahun 2013. Upaya ini telah menjadi acara tahunan di pasar-pasar tertentu di seluruh dunia. Melalui program ini, Ford memainkan peran penting dalam memajukan ratusan prakarsa lingkungan di wilayah ini, mulai dari melindungi satwa liar dan mencegah kebakaran hutan, sampai mendanai proyek-proyek warisan budaya dan pengisian sumber daya di masyarakat pedesaan.

Di Kamboja, misalnya, Ford baru-baru ini membantu untuk meluncurkan prakarsa air bersih multitahun agresif untuk menyediakan air segar ke ribuan orang yang tinggal di desa-desa di negara ini.

Ketika Ford Motor Company dan mitranya mengumumkan panggilan terbuka untuk proposal hibah di Myanmar tahun ini nanti, semua individu, masyarakat, kelompok dan lembaga nirlaba yang memiliki proyek-proyek di bidang pelestarian lingkungan, pendidikan lingkungan atau rekayasa konservasi akan memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan pendanaan.

Dengan menyediakan dana dan visibilitas yang diperlukan, Ford berharap dapat mendorong upaya akar-rumput setempat yang akan berfungsi sebagai katalis untuk perubahan di Myanmar dan di seluruh dunia. Jumlah dan perincian dana untuk program di Myanmar akan ditetapkan ketika program ini secara resmi diumumkan tahun ini nanti.

Please follow and like us:

Leave a Reply