Memasuki Tahun ke 21, IIMS Makin Giat Berinovasi

PresCon-IIMS2013

26 April 2013. Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) semakin memantapkan persiapan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang akan digelar September mendatang. Bekerjasama dengan Dyandra Promosindo selaku pelaksana pameran, berbagai perencanaan dan pembenahan dilakukan panitia untuk menghadirkan IIMS yang lebih maju dan meriah dari tahun ke tahun.

“IIMS merupakan barometer industri otomotif di Indonesia. Oleh karena itu, Gaikindo berharap pameran ini terus semakin lebih baik, agar bisa memberikan gambaran kepada dunia internasional semakin majunya industri otomotif tanah air,” jelas Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo pada press conference pertama IIMS di Jakarta (25/04).

“Beroperasinya pabrik baru beberapa Agen Pemegang Merek (APM) seperti Nissan, Honda, dan Daihatsu, juga menjadi indikasi positif perkembangan industri otomotif di tanah air, yang kami harap hasil positifnya dapat diperlihatkan pada penyelenggaraan IIMS tahun ini” ungkap Sudirman, seraya menambahkan bahwa antusiasme menyambut IIMS 2013 ini semakin terbangun dengan respon positif dari masyarakat terhadap program mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost and green car (LGCC).

Semangat menghadirkan IIMS yang lebih berkesan tahun ini juga mendapat dukungan penuh para APM untuk kembali hadir dan menyemarakkan pameran yang akan digelar di JI-Expo Kemayoran selama 11 hari pada 19 – 29 September 2013 mendatang.

Total 35 APM akan hadir di IIMS kali ini, terdiri dari 26 passanger cars yakni Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Inviniti, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Proton, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW. Sedang dari jajaran commercial vehicles akan hadir 9 brand yakni Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, UD Trucks.

“Dukungan terhadap pelaksanaan IIMS tidak hanya datang dari seluruh APM anggota Gaikindo, namun yang sama juga ditunjukkan oleh industri-industri pendukung,” tutur Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013.

Dengan semakin banyaknya permintaan industri pendukung untuk tampil di IIMS, panitia penyelenggara pun membuat terobosan untuk mengakomodirnya, dengan memperluas area semi permanent.

Johnny menjelaskan bahwa tahun ini IIMS memaksimalkan 75% dari penggunaan lahan JIExpo yakni sebesar 75.101 m2 digunakan untuk area pamer, dan lebih dari 10.000 m2 diantaranya digunakan area semi-permanent, yang kali ini menambahkan 2 area baru, sehingga total terdapat 5 semi-permanent hall pada IIMS 2013 yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif.

Optimalkan Kenyamanan

Meluasnya area pamer dan meningkatnya antusiaseme pengunjung membuat panitia memikirkan masak-masak tentang kenyamanan pengunjung selama berada diarea pameran, salah satu perhatian utama panitia adalah akses masuk pengunjung ke area pamer. Jika pada penyelenggaraan sebelumnya IIMS membuat 5 akses masuk untuk pengunjung, pada IIMS 2013 panitia mempersiapkan 2 akses baru untuk pengunjungnya.

Penambahan akses pertama akan terletak pada area hall C2, pengunjung yang datang dan parkir dari arah area parkir barat tidak harus lagi berjalan menuju pintu masuk yang sebelumnya hanya ada di area Gedung Pusat Niaga (GPN). Dengan adanya satu akses baru pada area hall C2, pengunjung dapat langsung menikmati area pameran dengan lebih mudah.

Penambahan akses berikutnya terletak pada area semi permanent hall. Akan terdapat juga penambahan satu area pintu drop off baru, bagi pengunjung yang masuk ke area pameran dari pintu 2 JIExpo memiliki akses langsung ke area pameran semi-permanent hall. Selain itu, untuk menambah kenyamanan pengunjung saat keluar masuk area semi permanen tersebut, akan ada 9 pintu keluar masuk utama dengan 8 pintu penghubung yang menyambungkan dari satu area semi permanent hall satu dan lainnya.

Berbagai fasilitas juga dipersiapkan panitia untuk memudahkan pengunjungnya, seperti free shuttle bus, dan juga kantung parkir. IIMS juga menyediakan fasilitas didalam area pameran berupa Medic Room, Nursery Room, ATM Center di Pusat Niaga JIExpo, Charging Corner, Smoking Area, dan Press Room yang khusus di persiapkan untuk jurnalis yang terdaftar IIMS 2013.

Untuk pengunjung yang datang bersama keluarga dan anak-anak tidak perlu khawatir, penyelenggara membuat ruang khusus Kids Corner dan peminjaman stroller, yang dapat dinikmati oleh pengunjung IIMS 2013 secara cuma-cuma. Dan untuk pengunjung yang memerlukan jasa pengiriman barang-barang yang mereka beli di IIMS 2013, panitia menyediakan jasa pengiriman official IIMS 2013, bekerjasama dengan JNE, IIMS 2013 akan memastikan kemudahan pengiriman produk otomotif anda hingga didepan pintu rumah anda.

“Kami berharap IIMS 2013 yang kembali menampilkan puluhan merek mobil kenamaan serta ratusan industri pendukung, dan fasilitas yang lebih meningkat bisa mengoptimalkan kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu, kami optimis IIMS tahun ini bisa menarik lebih banyak pengunjung,” ucap Johnny Darmawan yang menegaskan bahwa tahun ini IIMS 2013 akan hadir maksimal dari segala sisi.

Panitia memasang target selama 11 hari IIMS 2013 berlangsung akan dapat menarik kehadiran 380 ribu pengunjung, dan untuk mencapainya panitia tidak mau setengah jalan, untuk menyemarakkan pameran, berbagai program pendukung kembali dipersiapkan untuk masyarakat mulai dari yang berbau edukasi seperti:

The 8th Indonesia International Automotive Conference, program penuh tantangan seperti Test Drive, dan Stunt Show, hingga berbagai program khas IIMS seperti Miss Motor Show 2013, Favorite Car Competition by visitors, Favorite Stand Competition by visitors, Unique & Exotic Cars Show, Classic car show, serta The Ultimate Car Collection.

Program acara terkini yang disiapkan panitia untuk memacu adrenalin pengunjungnya adalah Gymkana Race War, jenis motorsport yang menuntut konsentrasi pengemudi mengendalikan manuver mobil pada track kompleks dalam kecepatan tinggi ini akan menampilkan keahlian pengemudi untuk melakukan pembalikan, berputar 180 derajat, 360 derajat berputar, kotak parkir, angka 8, dan keterampilan canggih lainnya.

Panitia juga tidak melupakan program khusus lomba penulisan tentang IIMS, Press Writing Competition yang diperuntukkan khusus untuk rekan-rekan jurnalis. Lomba yang tahun lalu mencatatkan Yernia Rizky jurnalis dari Batang Pos sebagai pemenang pertamanya ini akan kembali membuka pendaftarannya untuk artikel sesuai dengan tema lomba pada tahun ini, yang terbit dalam kurun waktu 26 April 2013 sampai dengan 3 Oktober 2013.

Smart Vehicle Mobility untuk Semua

Tema “Smart Vehicle Mobility” pada IIMS kali ini merupakan bukti konsistensi pameran otomotif terbesar di Indonesia ini dalam membuktikan kepedulian dan peran aktif industri otomotif memimpin jalan untuk semangat efisiensi energi di Indonesia. Smart Vehicle Mobility adalah pengenalan sistem transportasi yang memiliki standar efisiensi yang mengurangi pemborosan bahan bakar, serta mengurangi emisi gas buang berlebih. Karena lewat teknologi energi yang hemat dan bersih akan terbangun sistem mobilitas masa depan.

Melalui tema ini, industri otomotif ingin mendorong perilaku cerdas berkendara yang tidak hanya mempertimbangkan kenyamanan visual, dan juga keterjangkauan dalam sisi ekonomikal, namun juga memiliki teknologi hemat energi yang mumpuni hingga dapat mengurangi emisi yang ditinggalkan. Beberapa program telah dirintis pemerintah bersama industri otomotif, salah satunya adalah program Low Cost Green Car (LCGC).

Program yang mendapatkan dukungan penuh dari merek dan pemain besar di industri otomotif Indonesia, bertujuan untuk mendorong imlementasi kendaraan berteknologi hemat konsumsi bahan bakar dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Dan program LCGC dengan teknologi ramah lingkungan yang hemat dan bersih, serta ditawarkan dengan harga yang terjangkau adalah gambaran pasti dari tema “Smart Vehicle Mobility” yang diusung IIMS 2013.

Masih dalam rangka konsistensi IIMS mendukung perkembangan industri otomotif, panitia kembali menggalang komitmennya lewat berbagai program sosial, dan tahun ini IIMS kembali berkomitmen dalam melaksanakan program-program sosial salah satunya lewat program IIMS 2013 Student Visit To Assembly Plant (Kunjungan Pabrik), dan juga program Kunjungan Pelajar Nusantara dimana pelajar-pelajar berprestasi dibidang studi otomotif dari beberapa daerah akan diundang untuk merasakan langsung eforia perkembangan industri otomotif di IIMS 2013.

“IIMS 2013 ingin terus membuka jalan bagi pelajar Indonesia untuk melihat dan mempelajari secara langsung perkembangan industri otomotif Indonesia, salah satu caranya adalah lewat kunjungan pelajar ke beberapa pabrikan APM dan juga kunjungan pelajar berprestasi ke arena pameran,” ungkap Johnny dalam sambutannya.

Please follow and like us:

Leave a Reply