Dio Ukur Kemampuan di D1 Grand Prix Jepang

Dio 2

11 April 2013. Pedrifter kebanggaan Indonesia, Adwitya Amandio atau yang akrab disapa Dio, baru saja bertolak menuju Jepang (Selasa, 9/4/13) untuk mengikuti putaran pertama kejuaraan 2013 Gran Turismo D1 Grand Prix di Osaka, Jepang yang akan digelar pada tanggal 13 – 14 April 2013.

Sebagai satu-satunya pedrifter Indonesia yang telah berkompetisi di ajang Formula Drift USA, Dio juga merupakan pedrifter pertama yang akan bertarung di D1GP dengan membawa bendera Indonesia.

“Untuk bisa berkompetisi di D1 Grand Prix bukanlah hal yang mudah, memerlukan kualifikasi yang tinggi dan melalui proses seleksi yang ketat. Tahun ini, saya memiliki kesempatan untuk itu dan saya ingin memanfaatkannya untuk menambah pengalaman dan memperdalam kemampuan saya melalui kompetisi ini,” ujar Dio.

Turun dengan mengendarai Toyota Chaser, Dio telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi kejuaraan ini. Selain telah mempersiapkan kendaraan, Dio juga telah melakukan adaptasi terhadap lintasan dan gaya drifting yang umum digunakan di Jepang.

“Meskipun secara penilaian D1GP tidak seketat dibandingkan Formula Drift USA, menurut saya D1GP akan menghadirkan persaingan yang lebih berat dibandingkan dengan Formula Drift. Semua persiapan telah dilakukan, dan saya berharap dapat menampilkan yang terbaik dan tembus 16 besar,” terang Dio.

Sesampainya di Osaka, Jepang, Dio akan kembali memaksimalkan persiapan yang dilakukan dan melakukan latihan di lintasan. Pada hari Sabtu (13/04), Dio akan memulai pertarungannya di D1 Grand Prix 2013, diawali dengan babak kualifikasi.

Selain D1GP, Dio juga akan turut berpartisipasi di Kejuaraan Nasional Drifting yang akan segera digelar di Indonesia. “Sebagai Kejurnas yang pertama kalinya di Indonesia, ini merupakan momen penting atas perkembangan drifting di Indonesia. Sebagai pedrifter, saya sangat mendukung kemajuan drifting di tanah air, dan menantikan Kejurnas Drifting ini,” tambah Dio.

Sekilas Mengenai Adwitya Amandio

Pedrifter tanah air dengan nama lengkap Emmanuelle Adwitya Amandio, yang lahir pada tanggal 20 September 1992, merupakan satu-satunya pembalap Indonesia yang memiliki Pro License dari Formula Drift USA.
Adwitya Amandio mengawali debut internasionalnya pada tahun 2009 di ajang Formula Drift Asia, dan telah mencetak banyak prestasi setelah itu. Adwitya Amandio meraih juara utama dan mendapatkan predikat The King di ajang IIMS Drift War pada tahun 2011.

Setelah fokus di Formula Drift USA dalam beberapa tahun belakangan ini, di tahun 2013 ini, Dio mengarahkan padangannya di D1 Grand Prix, Jepang, yang merupakan salah satu kiblat kompetisi drifting di dunia.

Sekilas Drifting

Drifting merupakan tehnik mengemudi dimana sang pengemudi sengaja melakukan oversteer selagi menjaga kendali kendaraan mulai dari masuk tikungan sampai keluar tikungan. Drifting sebagai salah satu cabang olahraga otomotif berasal dari Jepang. Saat ini, drifting telah berkembang menjadi olaharaga otomotif kompetitif yang semakin popular di dunia.

Tidak seperti olahraga otomotif lainya dimana yang tercepatlah yang menjadi pemenang, dalam drifting, para drifter dinilai berdasarkan kemampuan tehnik dan gaya driftingnya, dimana para juri memberikan poin atau nilai berdasarkan beberapa faktor.

Tentang D1

Pertama kali digagas oleh Daijiro Inada, pendiri majalah Option dan Tokyo Auto Salon, bersama dengan legenda drift Jepang, Keiichi Tsuchiya, D1 Grand Prix diresmikan pada tahun 2000. Pada tahun 2001, D1GP memperkenalkan format pertandingan twin run, yang diadopsi dari ajang balap Touge. Sampai saat ini format pertandingan twin run telah diadopsi oleh banyak ajang drifting di dunia.

Sampai dengan tahun 2003, D1GP merupakan ajang drifting profesional domestik Jepang, sampai akhirnya D1GP mulai merambah ke Amerika Serikat dan mulai go international pada tahun 2003 yang digelar di Toyota Speedway di Irwindale, California.

Sejak diresmikannya pada tahun 2000, D1GP telah menyebar dari US sampai Inggris, dan dari Malaysia sampai New Zealand, dengan basis penggemar yang semakin meningkat dari seluruh penjuru dunia. D1 telah menjadi ajang drifting professional top dunia. Sebagai negara yang menjadi asal-usul drifting, D1 merupakan salah satu kiblat drifting di dunia. D1GP telah menjadi model dan tolok ukur kompetisi drifting di dunia.

Please follow and like us:

One thought on “Dio Ukur Kemampuan di D1 Grand Prix Jepang

  1. masih muda…semangat mas bro…

Leave a Reply