Rifat Sungkar Siap Mencoba Ajang Kejurnas GT Radial Savero Komodo Speed Offroad 2013 Seri-1

Rifat - Mitsubishi Pajero Sport

5 April 2013. Speed Offroad sebagai cabang olahraga otomotif di Indonesia yang sedang berkembang. Popularitas olahraga ini membuat pereli nasional Rifat Sungkar dengan Mitsubishi Pajero Sportnya menjajal GT Radial Speed Offroad Championship 2013 seri pertama yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 April di Sirkuti Spring Hill, Bukit Kemiling Permai, Bandar Lampung.

Di putaran pertama Kejurnas Speed Offroad ini, Rifat Sungkar akan turun di kelas Free-For-All 4 Cylinder. Meskipun menurut Rifat hal ini tidak akan menguntungkan namun karena mesin mobil yang digunakannya adalah mesin Diesel Turbo, regulasi menyatakan bahwa Rifat harus turun di kelas Free-For-All.

“Saya memiliki hubungan yang dekat dengan Mitsubishi, dan dari banyak kegiatan Mitsubishi Pajero Sport Family Gathering yang saya ikuti, saya merasakan bahwa kendaraan yang saya gunakan ini memiliki potensi yang besar dan mempunyai semangat kompetisi. Mungkin banyak orang yang sudah tahu latar belakang Mitsubishi Pajero Sport di Paris Dakar. Namun di sisi lain, olahraga otomotif di Indonesia sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama melihat animo dan jumlah peserta yang mendaftar di ajang ini. Saya menilai ini sebagai hal yang sangat kompetitif,” jelas Rifat.

Rifat menggunakan mesin diesel untuk pertama kalinya di kompetisi ini. Dan semua persiapan untuk memghadapi putaran pertama Kejurnas Speed Offroad 2013 telah dilakukan oleh RFT Motorsport.

“Proses panjang sudah kami lakukan dalam usaha menyiapkan mobil ini. Dan setelah melakukan beberapa kali uji coba, saya merasa bahwa mobil ini sudah dalam keadaan siap untuk bertarung. Setelah ini mungkin hanya akan ada beberapa penyempurnaan untuk mesin, supaya pada saat pertandingan bisa mencapai hasil maksimal,” tambah Rifat.

Dalam ajang Kejurnas Speed Offroad kali ini, Rifat Sungkar akan didampingi oleh M. Indra Prasetyo sebagai navigator. Indra juga merupakan team manager untuk Rifat ketika bertanding di rangkaian kejuaraan rally dunia, WRC, pada tahun 2012 lalu.

Menyadari bahwa dirinya adalah pendatang baru di ajang Speed Offroad nasional ini, Rifat masih belum menetapkan target yang muluk-muluk. Rifat masih akan melihat peta kompetisi di putaran pertama dan kedua di Kejurnas Speed Offroad kali ini.

“Buat saya, life is about competition, dan dengan Mitsubishi Pajero Sport yang saya kembangkan ini, semoga saya bisa turut berkompetisi dengan baik,” harap Rifat Sungkar.

Tentang Rifat Sungkar

Rifat Helmy Sungkar, atlet motorsport kelahiran Jakarta tanggal 22 Oktober 1978 ini, dibesarkan di tengah keluarga pereli. Reli sudah merupakan bagian dari dirinya. Dedikasi dan prestasi Rifat di arena reli nasional mau pun internasional telah terbukti dan tidak mengecewakan kedua orang tua dan kakeknya yang juga pereli. Bahkan Rifat dapat mengharumkan nama bangsa dengan menaikan bendera  Merah Putih di manca negara dan diakui bahwa Indonesia mempunyai atlet berprestasi international .

Atas prestasinya tersebut Rifat ditahun 2006 dianugrahkan ”Bintang Prestasi” yang diberikan / disematkan  langsung oleh Presiden RI – Bpk Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagai atlet otomotif Indonesia yang berprestasi, Rifat Sungkar juga berprestasi di bidang olahraga motorsport drfiting. Rifat Sungkar ditunjuk sebagai duta safety driving Indonesia, dalam rangka mendukung kampanye FIA dan UNESCO untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas sampai dengan 50% pada tahun 2020.

Selain sebagai atlet motorsport kebanggaan Indonesia, Rifat Sungkar  yang juga merupakan pemerhati otomotif nasional, kerap kali berbicara untuk berbagai acara dan peristiwa otomotif. Sebagai pemerhati otomotif nasional, Rifat Sungkar juga memiliki sekolah mengemudi yang dinamakan Rifat Driving School. Yang menjadi tujuan utama dari sekolah mengemudi yang dibesut oleh Rifat ini bukan untuk mencetak pembalap, namun untuk mengajarkan dan mensosialisasikan tehnik mengemudi yang baik dan benar, yang aman dan nyaman.

Please follow and like us:

Leave a Reply