Fitriasyah Kete Podium 1 IRS 125cc Berkat Gir Sinnob

_DSC0916

3 April 2013. Sinnob bersama TJM mempersembahkan Podium 1 dan 3 untuk Indospeed Race Series 2013 (IRS) Kelas Underbone 110cc dan 125cc, Kete (20) sang pebalap asal Kalimantan Timur, yang mencuri perhatian dan berlangsung sengit. Para pembalap Senior dan Junior berlomba mengadu kecepatan dan skill balap di Sirkuit Sentul Besar Sabtu-Minggu (30-31/03-13).

Pada IRS ini terdapat regulasi umur untuk pesertanya yaitu Rookies Cup 110cc & Rookies Cup 125cc antara umur 14 tahun hingga 20 tahun. Sedangkan untuk Kelas Premium Rookies Cup 110cc & Premium Rookies Cup 125cc panitia membatasi umur peserta dengan ketentuan di atas 20 tahun. Regulasi umur ini dimaksudkan untuk melakukan pembibitan pembalap muda.

Memang bukan mutlak karena sebuah sprocket gir, namun penggerak roda ini memiliki andil yang cukup besar dalam mendukung motor melaju kencang untuk mencapai top speed yang diinginkan sesuai settingan para mekanik dan keinginan pembalap. Khusus untuk IRS ini Sinnob hadir dengan material gir khusus yang berteknologi modern dengan menghadirkan gir berlapis Polyurethane dan Kevlar agar panas dapat diredam dan mampu meningkatkan power motor.

Juara di kelas Premium Rookies Cup 110cc ditempati oleh Irwan Ardiansyah, menyusul di posisi runner up Gupita Kresna, dan Fitriansyah Kete di posisi ketiga. Sementara di kelas Rookies Cup 110cc ditempati oleh M.Ricky Ananda Nafarin di posisi pertama, Wahyu Aji dan A.M. Fadli, harus puas di tempat kedua dan ketiga.

_DSC0863

Untuk kelas Premium Rookies Cup 125cc Juara Pertama adalah Fitriansyah Kete, sebagai rider dari Tim Tunggal Jaya Motorindo (TJM), Kete mendapat support dari Pabrikan Gir asal Indonesia yakni Sinnob Gear. Disusul oleh Irwan Ardiansyah dan Wahyu Aji yang masuk kedalam kategori kelas Rookies Cup.

Total catatan waktu Kete menempuh 12 Laps atau sekitar 47.58 Km adalah 23.46.499 detik dengan best time 1.57.187 detik. Catatan waktu ini memang belum memecahkan rekor yang ada, namun demikian sudah cukup Kete ke podium satu seri pertama IRS 2013 ini.

Kompresi Mesin Berbahan Bakar Pertamax Plus
IRS tahun ini mengikuti regulasi baru dari IMI, mengharuskan setiap motor menggunakan bahan bakar Pertamax Plus bukan Avgas. Makanya banyak para mekanik melakukan setting ulang agar sesuai dengan Pertamax Plus.

Hawadis, mekanik senior dari TJM yang jadi otak korekan Jupiter Z tunggangan Kete menyiapkan beberapa versi model kepala silinder. “Dicari yang paling pas dengan kondisi sekarang. Sebisa mungkin mendekati perbandingan kompresi saat menggunakan Avgas, agar karakternya tetap sama. Ini saja masih kurang,” terang Hawadis yang telah membuktikan teorinya saat Kete menjuarai seri pertama Indoprix 2013 kelas IP 110.

Kete selalu berada dirombongan depan, pada race 125cc angin bertiup kencang baik dari samping maupun depan, “Lebih baik menjaga posisi tetap di rombongan pertama dari pada di posisi pertama harus melawan angin. Repotnya bila angin bertiup dari samping. Memang saat ini tenaga motor perlu ditambah,” kata Kete yang masih terlihat lelah dan berkeringa, beberapa menit setelah turun dari podium.

Please follow and like us:

Leave a Reply