Sinergi Pereli Subhan Aksa dan Pertamina Fastron di WRC 2013

IMG_3323

2 April 2013. Pereli andalan Indonesia Subhan Aksa (Ubang) akan memulai perjuangan merajut prestasi di kancah Kejuaraan Reli Dunia World Rally Championship (WRC 2013) kali ini Ubang akan bersinergi dengan pelumas Pertamina Fastron. Hal ini ditegaskan dalam jumpa pers di Jakarta siang tadi (2/4/13).

“Saya berharap semoga tim bisa mempersiapkan mobil dengan setting-an terbaiknya pada saat nanti kita testing pada tanggal 8 April menjelang reli Portugal sehingga saya bisa langsung nyaman mengendarai kendaraan yang saya belum begitu berpengalaman,” tambahnya.

“Jadi, kami tahu dirilah untuk tidak pasang target muluk. Namun sekali lagi, kami bertekad akan berjuang semaksimal mungkin sebagai wujud tanggung jawab karena apresiasi yang kami terima tahun lalu sungguh luar biasa. Pada musim ini, misalnya, kami mulai bekerja sama dengan Pertamina Fastron.”

Dengan semangat Fastron Goes to the World, Pertamina telah memberikan dukungan penuh kepada Subhan Aksa yang akan berlaga di ajang balap International dan menunjukkan besarnya komitmen Pertamina untuk mendukung terciptanya prestasi-prestasi anak bangsa di ajang olahraga balap Internasional.

Bosowa Fastron Rally Team (BFRT)

“Sinerji penting ini tentu tak lepas dari hasil pencapaian tahun lalu,” tambah lajang 26 tahun itu yang punya obsesi meneruskan karir relinya sampai tingkat WRC. Dua hal lagi yang baru. Kini bendera timnya adalah Bosowa Fastron Rally Team (BFRT).

Dari 13 putaran WRC tahun ini, manajemen tim BFRT memilih 7 even yang akan diikuti sesuai jumlah minimal yang disyaratkan WRC-2 dan hanya diambil poin terbaik dari 6 even. Pemilihan ini tak lepas dari aspek pembinaan dan pencarian pengalaman buat Subhan untuk persiapan ke jenjang paling tinggi nantinya. Karena itu dipilihkan variasi baru even reli dunia dengan memasuki seri-seri di mana ia belum pernah menjadi peserta.

Destinasi pertama adalah Reli Portugal (11-14 April) dan selanjutnya seri Yunani (31 Mei-2 Juni), Jerman (22-25 Agustus), Australia – tentatif (12-15 September), Prancis (3-7 Oktober), Spanyol (24-27 Oktober), dan Wales (13-17 November).

“Portugal, Prancis, dan Wales adalah penjelajahan baru buat Subhan. Tim sengaja memilih even itu untuk menambah pengalaman dan mengasah skill di berbagai macam karakter lintasan. Syukur kalau dalam proses tersebut ternyata juga mencapai prestasi membanggakan seperti PWRC musim lalu. Yang penting, sangat terbuka kesempatan ikut WRC di kesempatan mendatang, ia telah siap,” imbuh Hade.

SEKILAS BOSOWA

Bosowa Group dirintis dan didirikan oleh tokoh dan pengusaha nasional HM Aksa Mahmud di Makssar, Sulawesi Selatan, 22 Februari 1973, dengan nama CV Moneter. Dengan prinsip dan kerja keras khas masyarakat Bugis, perusahaan yang tadinya bergerak di sektor perdagangan otomotif ini terus membesar dan berkembang secara nasional. Bosowa Group kini merambah dan eksis di berbagai sektor industri dan jasa.

Di sektor otomotif, Bosowa Group tak hanya eksis dengan hak pemasaran berbagai merek mobil di kawasan timur Indonesia. Perusahaan ini juga menunjukkan kepedulian yang besar terhadap olahraga bermotor Indonesia, khususnya reli mobil.

Selain rutin menggelar kejuaraan sebagai ajang pembinaan atlet muda, Bosowa pun mendukung sepenuhnya kiprah pereli nasional Subhan Aksa di kejuaraan dunia FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC) sebagai ajang penghubung juara nasional 2009 dan 2010 itu ke WRC yang merupakan level tertinggi reli dunia.

Semen menjadi primadona grup perusahaan ini dengan produk dan merek terkenalnya, Semen Bosowa. Diawali dengan pendirian pabrik PT Semen Bosowa di Maros, Sulsel, pada 1999 dan kemudian berkembang cepat dan menguasai pasar Indonesia Timur.

Sukses di timur, Bosowa masuk pasar Indonesia Barat dengan mendirikan PT Semen Bosowa Batam di Batam, Kepulauan Riau. Dan, terbaru, pada awal Mei 2012 baru lalu, sudah dimulai pembangunan pabrik PT Semen Bosowa Banyuwangi di Banyuwangi, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi 1,2 juta ton semen per tahun.

Dengan tiga pabrik itu, Bosowa akan menyuplai sekitar 10% dari total kebutuhan Indonesia yang jumlahnya 45 juta ton pertahun. PT Semen Bosowa adalah perusahaan swasta nasional yang sepenuhnya dimiliki putra bangsa sendiri.

PERTAMINA FASTRON

Pertamina Fastron merupakan pelumas unggulan/high tier yang diproduksi oleh Pertamina Lubricants. Pertamina Fastron adalah pelumas mesin berteknologi terkini dengan bahan dasar full sintetik untuk kendaraan roda empat / mobil yang mampu memberikan perlindungan terbaik dengan formula nano guard-nya, mampu menjangkau celah tersempit sekalipun, ramah lingkungan dan mendukung teknologi penghematan bahan bakar.

Pertamina Fastron telah mendapat approval dari mobil kelas atas seperti Mercedes Benz, BMW, VW dan Porsche. Varian Produk Pertamina Fastron:

  • Fastron Gold SAE 5W-30 API SN
  • Fastron Fully Synthetic Oil 0W-50 API SM
  • Fastron Techno SAE 10W-40 API SM
  • Fastron Techno SAE 15W-50 API SL
  • Fastron Diesel 15W-40 API CI-4

Saat ini Pertamina Fastron sudah mampu menembus pasar luar negeri yaitu Eropa (Swiss, Italia), Afrika Selatan, Nigeria, Australia, China, Jepang, Middle East (Dubai), Myanmar, Bangladesh, dll. Hal ini membuktikan kualitas Pelumas Pertamina Fastron merupakan kualitas internasional dan sudah diakui di pasar luar negeri.

Pertamina Lubricants memiliki 3 (tiga) pabrik di Jakarta, Cilacap dan Gresik yang memproduksi Pelumas Pertamina Fastron untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan overseas.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply