Jaga Kualitas, Wahana Bikin Kontes Mekanik AHASS

DSC_1084

29 Maret 2013. Guna mengoptimalkan pelayanan kepada konsumen setia Honda khususnya di wlayah Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DKI Jakarta dan Tangerang menggelar Kontes Mekanik Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) & SA (Service Advisor) tingkat regional 2013. Ajang unjuk kebolehan keterampilan teknik tahun ini diikuti oleh sekitar 349 mekanik dan 100 SA.

Kontes bergengsi ini berlangsung di Training Center Wahana Jatake, Tangerang dengan waktu yang berbeda. Untuk kontes mekanik telah berlangsung pada 18, 19, 21 Maret dan final pada 25 Maret 2013 lalu. Sedangkan kontes SA berjalan pada 20, 22, dan final 25 Maret 2013. Dari 349 mekanik yang ikut berkompetisi hanya ada 15 mekanik yang akan mengikuti babak final. Dan untuk SA, hanya terpilih 10 SA yang berhak maju ke babak final.

DSC_1098

Kontes ini bertemakan “Satu Hati Wujudkan Prestasi, Satu Karya Bangun Bangsa” sarat dengan ujian kompetensi yang wajib diikuti oleh peserta kontes. Untuk mekanik, ujian di bagi dalam dua tahap yaitu tertulis dan praktek. Dalam ujian tertulis mekanik wajib menjawab pertanyaan essay seputar masalah engine, kelistrikan, rangka, hingga product knowledge. Setelah melalui tes tertulis mekanik juga mengikuti ujian trouble shooting untuk produk Vario Techno 125 PGM-FI dan Supra X 125 Helm In PGM-FI. Sedangkan peserta SA, materi yang dilombakan antara lain customer handling dan trouble shooting untuk produk matik VarioTechno 125 PGM-FI dan tipe sport CB150R.

“Melalui kontes ini kami dapat mengukur tingkat kemampuan mekanik dan SA dalam menangani kebutuhan konsumen Honda,” jelas Technical Service Departmen Head WMS, Taryudin. “Para pemenang kontes regional ini akan dikirim untuk kontes tingkat nasional,” imbuh Taryudin. Dalam kesempatan ini, WMS menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi juara pertama hingga ketiga.

DSC_1163

Sekedar informasi hingga saat ini, WMS membawahi 345 AHASS tersebar diseluruh wilayah Jakarta dan Tangerang.. WMS mendata, sepanjang Januari hingga Desember 2012 sebanyak 3.256.439 unit sepeda motor Honda berbagai tipe melakukan perawatan di bengkel AHASS. Angka tersebut telah mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2011, unit entry yang ditangani berjumlah 3.060.145 dari berbagai jenis tipe sepeda motor Honda.

Meningkatnya unit entry tersebut membutuhkan mekanik yang tidak sedikit dan tentu saja harus memiliki kemampuan yang mumpuni. Untuk itu untuk perlu menjaga kualitas mekanik dan melalui Kontes Mekanik inilah salah satu toolsnya.

One thought on “Jaga Kualitas, Wahana Bikin Kontes Mekanik AHASS

  1. pemenangnya dari dealer mana yaa?

Leave a Reply