K.T. Kim Melihat Peluang untuk Kembali ke Puncak

INDOPGA_AM_PRO_AM_260313_KIM_KYUNG_KT KIM.1

27 Maret 2013. Pegolf asal Korea, Kim Kyung-tae berharap pekan Enjoy Jakarta Indonesia PGA Championship sebagai batu loncatan untuk kembali masuk ke daftar top 50 dunia setelah satu tahun berjuang melawan persaingan. Pria berusia 25 tahun itu merosot dari urutan ranking dunia setelah meraih target di posisi 18 pada 2011 – pada tahun itu dia memenangkan G.S. Maekyung Open di OneAsia dan duduk di posisi ke-2 di Order of Merit – namun dia merasa telah kembali untuk mendapatkan permainan terbaiknya.

“Saya percaya tahun ini akan menjadi lebih baik, saya sekarang fokus untuk membuat awal yang baru dan berusaha untuk membawa diri saya ke atas lagi,” ujar Kim yang pada saat ini merupakan ranking ke-100 di dunia, menjelang turnamen Enjoy Jakarta Indonesia PGA Championship yang berhadiah US$1.000.000 yang diselengarakan di Emeralda Golf Club yang akan mulai pada hari Kamis ini. “Tahun 2010 dan 2011 adalah tahun yang baik untuk saya, namun tahun lalu saya kesulitan karena saya merasa tekanan mempengaruhi permainan saya. Saya juga berkunjung ke banyak tempat dan bermain di banyak turnamen.”

INDOPGA_AM_PRO_AM_260313_KIM_KYUNG_KT KIM.2

Turnamen minggu ini mempunyai pengaruh besar untuk Kim karena turnamen ini bekerjasama dengan OneAsia dan juga Japan Golf Tour Organization (JGTO), dengan tujuannya untuk diperhitungkan ke dalam daftar money list. Pada 2010, Kim menjadi pegolf Korea pertama yang berhasil memenangkan Order of Merit di ajang Japan Tour seraya dengan kemenangannya di Diamond Cup, Japan Open dan Mynavi ABC Championship, dia merasa kolaborasi antara kedua tour ini akan sangat menarik. “Hubungan antara JGTO dan OneAsia sangat bagus,” kata Kim. “Kolaborasi antara kedua tour ini memberikan kami kesempatan untuk bersaing dengan para pemain OneAsia, dan mereka memberikan pengalaman dan persaingan yang baik untuk kami.”

Thailand Open yang diselenggarakan 2 minggu lalu merupakan turnamen pembuka musim untuk kedua tour, dimana Kim mendapat hasil yang mengecawakan dan menutup turnamen dengan posisi 44, dan setelah itu dia juga tidak lolos babak kualifikasi ke ronde berikutnya pada Malaysian Open minggu lalu. “Saya belum memberikan permainan terbaik pada turnamen-turnamen awal tahun ini,” ujar Kim. “Saya mempunyai banyak masalah dengan pukulan tee saya, memukul bola terlalu kencang. game pendek saya juga belum baik.”

Kim tetap berharap untuk memperbaiki kesalahan dengan bantuan dari teman-temannya. “Saya tidak memiliki pelatih tetapi saya hanya menerima masukan dari teman-teman saya,” ujar Kim, yang menginginkan untuk fokus hanya ke Japan Tour tahun ini begitupun OneAsia northen swing di Korea dan Cina yang akan mulai bulan depan. Kim juga berusaha untuk membangun reputasi di luar Asia – dimana dia populer dengan nama “K.T. Kim” di luar – dan dia bermain juga di empar major tahun lalu, lolos kualifikasi pada U.S. Open dan PGA Championship. Namun, sebagai pegolf ranking tiga Korea, berada di bawah K.J. Choi dan Bae Sang-moon, Kim telah menetapkan jangka panjang di U.S. PGA Tour.

“JGTO sangat kuat dan saya akan memberikan permainan terbaik saya di Jepang tahun ini, namun tujuan utama saya adalah untuk bermain di PGA Tour,” ujarnya. “Saya ingin kembali masuk ke posisi top 50 dan tujuan saya minggu ini adalah untuk selesai di posisi top 10.”

Kim akan berkompetisi dengan salah satu pegolf terkuat Asia-Pasifik yang pernah dibentuk untuk meraih tujuan. Ke-4 pemenang OneAsia dari Order of Merit terdahulu termasuk Kim Bi-O asal Korea, pegolf Australia Andre Stolz, Scott Strange dan Liang Wenchong asal Cina – akan bergabung dengan pegolf yang masuk ke daftar money list di Asian Tour, Thaworn Wiratchant, Juvic Pagunsan, Jeev Milkha Singh dan Simon Dyson di Emeralda Golf Club yang di desain oleh Arnold Palmer. Turnamen ini juga akan diikuti oleh Shingo Katayama, pemenang lima kali Order of Merit di Japan Tour.

Please follow and like us:
Tagged with 

Leave a Reply