Sekilas Smartphone BlackBerry Z10

IMG_0236

3 Maret 2013. Smartphone Blackberry 10 telah diluncurkan oleh CEO Blackberry Thorsten Heins di New York, USA pada 31 Januari 2013 yang lalu. Sedangkan di Indonesia menurut rencana diluncurkan pada hari Senin, 4/3/13 di Jakarta. Sejak penampakan di internet, maka tak heran masyarakat pecinta gadget di Indonesia sudah tak sabar lagi menunggu kedatangan Blackberry 10 ini. Lalu apa yang menarik dari Blackberry Z10?

Beruntung SL.com mendapat kesempatan istimewa, pasalnya RIM Indonesia (sekarang disebut BlackBerry Indonesia) memberikan satu unit smartphone Blackberry Z10 kepada SL.com, juga diberikan kepada pendiri Kaskus Andrew Darwis, Danny Wirianto, serta Enda Nasution, dan Henry Manampiring. Silahkan intip album fotonya disini yaitu,saat acara makan siang bersama Blackberry Indonesia, dan berlanjut dengan acara presentasi produk BB Z10 di kantor RIM di One Pacific, Jakarta (Senin, 25/2/13).

IMG_0214-1

Sekilas Review

Blackberry Z10 memiliki Full Touch Screen dengan Layar sentuh 4.2 inch. Sentuhan jari terasa sangat sensitif, begitu layar tersentuh dengan kulit jari layar langsung bekerja Bagi mereka yang belum terbiasa dengan layar sentuh harus ekstra hati-hati apalagi ketika membuat email atau BBM. Pasalnya tombol back bersebelahan dengan tombol send. Sensitifitas ini sebenarnya mengagumkan, sangat halus tapi menyebalkan bagi yang sudah biasa mengetik di keyboard qwerty keras.

Data spesifikasi BlackBerry Z10 antara lain, 16GB penyimpanan data internal, 4.2″ layar sentuh, 8MP kamera belakang dengan 5x digital zoom, 3G, resolusi 1280 x 768, battere tembus 11 jam (ini belum teruji oleh SL.com), video HD 1080p, pakai MicroSD, dan menggunakan sistim operasi BlackBerry® 10. Perlu dicatat bahwa Operating System (OS) 10 sangat berbeda atau beda platform dengan OS 7, jadi ini lebih baik.

Uniknya BB Z10 memiliki  Video BBM dengan screen share memungkinkan pengguna untuk video chatting secara face to face dan bisa saling berbagi video, foto, dokumen, e-book, dan masih banyak lagi. Juga memiliki Camera Time Shift Mode yaitu kemampuan untuk mengubah ekspresi wajah seseorang untuk membuat foto menjadi lebih baik setelah melakukan jepretan foto. Yang satu ini rada unik, karena pengguna bisa memilih ekspresi objek foto. Saat motret pun, pengguna menjepret foto dengan menyentuh layar dimana saja.

IMG_0234

Dari segi pulsa operator, kini pengguna BB Z10 hanya menggunakan pulsa dengan Paket Data, hal ini berbeda dibandingkan versi Blackberry sebelumnya dimana pengguna biasanya menggunakan paket BlackBerry Internet Service (BIS) seperti memilih paket unlimited/full service, lifestyle, sosialita, bisnis, atu chatting, dan sebagainya. Sebagai catatan layanan BIS masih berlaku untuk pengguna BB lama seperti OS7 , OS6 dan OS5.

Untuk SIM Card, pengguna BB Z10 harus menggunakan micro-simcard, bukan lagi simcard regular. Tim liputan SL.com sudah mencoba dengan memindahkan dan memotong SIM Card reguler menjadi micro-simcard. Kebetulan kami adalah pelanggan Telkomsel, dan kemudian dial *363# dan memilih nomor 2 TelkomselFLASH untuk aktivasi smartphone BB Z10, Dalam hal ini secara otomatis nomor handphone lama masih terpakai pada BB Z10.

Kelebihan utama dari BlackBerry Z10 adalah layar sentuh yang bisa bekerja untuk multi tasking. Pengguna tak perlu exit/keluar dari menu, tapi bisa melakukan minimise window, dan memilih pilihan menu baru. Syaratnya hanya memainkan jari jempol kiri dan kanan atau jari telunjuk dengan sebutan swipe. Tak ada tombol utama, tombol return, maupun tombol blackberry. Disini hanya dibutuhkan kelincahan memainkan jempol dan jari telunjuk, demikian pula ketika mengetik di keypad.

Namun kelemahan yang dirasakan oleh SL.com, layar sentuhnya terasa sangat sensitif, sekali tersentuh layarpun langsung bekerja. Hal ini sering terjadi ketika melakukan pengetikan, misalkan ada kalimat yang perlu dikoreksi, malah sering kali SL.com menyentuh tombol send. Mungkin saja ini karena belum terbiasa, atau ukuran jari jempol dan telunjuknya memang besar 🙂

Syarat untuk transfer data (phone contact, BBM contact, file, email, dan sebagainya) dari perangkat BB lama ke BB Z10 ini. minimal penggguna BB pakai OS 7, dan pengguna memiliki BlackBerry ID. Jika kedua syarat ini sudah terpenuhi maka proses transfer data sangat mudah.

Ukuran BB Z10 sangat pas berada di genggaman orang dewasa, lumayan tipis dan ringan, hanya saja casing utama kurang lekukan (terlalu kotak). Disini SL.com sangat membutuhkan casing tambahan, selain untuk pelindung, juga untuk menambah kenyamanan saat digenggam, dan yang lebih penting untuk mengurangi rasa panas batere ketika dipakai lama.

VIDEO

One thought on “Sekilas Smartphone BlackBerry Z10

  1. wah baru… harganya berapa ?

Leave a Reply