Berkunjung ke Pabrik General Motors, Perakitan Chevrolet Spin

Perakitan Chevrolet Spin-01

20 Februari 2013. General Motors mengajak sejumlah media untuk melihat langsung perkembangan yang dicapai dalam renovasi fasilitas perakitan kendaraan MPV Chevrolet Spin di Pondok Ungu Bekasi hari Selasa (19/2/13). Pabrik yang terletak sekitar 16 kilometer dari Jakarta ini dibangun di area seluas 58,000 meter persegi, dan hingga saat ini telah mempekerjakan lebih dari 550 karyawan dimana 95 persen berasal dari sumber daya manusia Indonesia.

Pabrik GM ini digunakan untuk memproduksi MPV Sub-Compact Chevrolet Spin, yang dibuat khusus untuk pasar MPV di Indonesia. Dengan kapasitas produksi sebesar 40,000 unit per tahun, Chevrolet Spin akan menjadi produk satu-satunya yang akan diproduksi dan dijual di Indonesia. Selain itu, 20 persen dari produksi kendaraan tersebut juga akan diekspor kenegara-negara di Asia Tenggara, seperti Thailand dan Filipina.

Martin Apfel, Presiden General Motors Southeast Asia Operations, yang hadir dalam acara memberikan kata sambutan antara lain menyatakan:

Perakitan Chevrolet Spin-04

“Untuk berkembang, kita harus membangun ditempat kita menjual (build where we sell).Pabrik di Bekasi merupakan fasilitas penting yang dapat membantu kita memenuhi kebutuhan konsumen akan produk Chevrolet di Indonesia dan juga negara tetangga.”

“Fasilitas produksi ini dilengkapi dengan fasilitas perakitan, bengkel, press shop, pengecatan,dan gudang. Pabrik ini juga mengadopsi proses manufakturter kini, dengan tata ruang serta peralatan paling praktis yang telah diterapkan oleh GM. Kesempatan berkunjung kefasilitas perakitan memberikan gambaran langsung kesiapan proses produksi Chevrolet Spin yang akan dimulai secara reguler pada April 2013,” papar Apfel.

Proses operasional pabrik akan diawali dengan satu production shift dan akan ditambahkan menjadi dua shift pada pertengahan 2013. GM memprioritaskan pelatihan untuk seluruh karyawan pabrik, dimana setiap karyawan akan menjalankan 200 jam pelatihan. Beberapa karyawan telah menjalankan pelatihan di pabrik GM di Korea, Cina, Thailand dan Brazil. Selain itu, penggunaan peralatan berteknologi tinggi juga digunakan untuk menstimulasi kegiatan perakitan pada saat pelatihan.

Marcos Purty, Presiden Direktur General Motors Indonesia yang juga memberikan kata sambutan, mengatakan bahwa:

Perakitan Chevrolet Spin-05

“Fokus yang tinggi pada pelatihan akan membantu para karyawan untuk merakit kendaraan dengan kualitas terbaik. GM Indonesia berkomitmen untuk menghasilkan pengalaman yang positif kepada para konsumen kami di Indonesia dan di Asia Tenggara.”

“Keselamatan adalah prioritas utama di General Motors. GM berkomitmen untuk memastikan semua karyawan, kontraktor dan pengunjung aman dari cedera dan risiko saat bekerja atau mengunjungi seluruh lokasi pabrik,” jelas Purty.

General Motors juga mendorong kampanye keselamatan bertajuk “I Care” atau “Saya Peduli”. Salah satu ukuran bahwa pabrik memiliki budaya keselamatan yang baik adalah ketika anggota tim dan para pekerja bertanggung jawab mengedepankan faktor keselamatan dan merasa terdorong untuk “berbicara” satu sama lain ketika seseorang diamati bekerja tidak aman.

Dengan meningkatkan frekuensi komunikasi keselamatan kita dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pekerja. Tur observasi keselamatan merupakan kesempatan untuk menunjukkan pesan”I Care” dengan mempromosikan dialog individual antara pimpinan dan karyawan.

Pabrik ini juga telah menerima Izin Analisa Lingkungan dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) di Bekasi. Selain itu Pabrik ini juga beroperasi sesuai dengan standar global GM untuk manajemen dan perlindungan yang lebih ketat dari perizinan BPLHD.

Perakitan Chevrolet Spin-02

GM di Indonesia

Pada tahun 2012, GM dengan brand Chevrolet menjual 5,277 kendaraan, yang merupakan peningkatan sebesar 17 persen dibandingkan tahun 2011, yang merupakan rekor tertinggi di Indonesia. Total volume penjualan di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada bulan Juli 2012, GM melalui Departemen Customer Care menjalankan Chevrolet Technician Education Programatau C-STEP di pulau Jawa dan Sumatra. Pada kegiatan pelatihan ini, teknisi muda dari SMK akan dilatih untuk menjadi teknisi GM.

Para partisipan akan mendapatkan advanced automotive technical training atau pelatihan teknis otomotif terpadu dan juga mendapatkan pelatihan dimana para partisipan dapat terjun langsung dan mendapatkan pengalaman untuk berlatih dengan menggunakan mobil yang telah disediakan oleh GM.

Kegiatan tersebut merupakan upaya berkesinambungan untuk menyiapkan teknisi handal yang memiliki kualifikasi terbaik untuk operasional GM. Inisiatif ini juga memberi kontribusi terhadap peningkatan kompetensi serta keunggulan teknis para teknisi otomotif di masa mendatang demi kemajuan industri otomotif di Indonesia.

Perakitan Chevrolet Spin-03

Tentang Chevrolet

Didirikan tahun 1911 di Detroit, Chevrolet saat ini adalah merek mobil terbesar, menjalankan bisnis di lebih dari 140 negara dan menjual lebih dari 4 juta mobil dan truk dalam setahun.

Chevrolet memberikan kendaraan hemat bahan bakar kepada para konsumen yang menggambarkan penampilan penuh semangat, desain yang ekspresif, dan berkualitas tinggi. Informasi lebih lanjut mengenai model-model mobil Chevrolet dapat ditemukan di www.chevrolet.com. Atau mengunjungi website www.chevrolet.co.id dan fan page Facebook: Chevrolet Indonesia dan Twitter: @ChevyIndonesia.

ALBUM PHOTO

3 thoughts on “Berkunjung ke Pabrik General Motors, Perakitan Chevrolet Spin

  1. […] memahami kegiatan ini. Mobil MPV terbaru Chevrolet Spin yang diproduksi di Pondok Ungu Bekasi (artikel ini) dan akan segera dipasarkan di Indonesia dan market global ini, lebih dulu ingin […]

  2. Didid Dwi Santoso says:

    Perkenalkan nama saya Didid Hubin & Humas SMK Mahardhika Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Bagaimana prosedur untuk berkunjung ke pabrik perakitan Chevrolet (PT. General Motor’s yang beralamat di Pondok Ungu Bekasi) dan kalau diijinkan bulan maret 2014 disesuaikan jadwal kunjungan perusahaan. Kami berharap dan diperkenankan berkunjung kepabrik ini. Catatan siswa yang akan berkunjung jurusan Otomotif dan Mesin. CP Didid 081573274437

  3. Didid Dwi Santoso says:

    Kepada Yth, Pimpinan General Affairs PT General Motor’s
    di Bekasi.
    Menindaklanjuti email tsb diatas kami mohon ada komfirmasinya tentang kujungan Siswa SMK Mahardhika Batujajar berlokasi Jl. Raya Batujajar No. 30 Cangkorah Batujajar Bandung Barat.

Leave a Reply