Tiga Varian Crossover Dodge Berkonsep FLC Meluncur

DSC_0261

7 Februari 2013. Tidak hanya New Jeep Wrangler 2013 saja yang diluncurkan PT Garansindo Inter Global (GIG), APM Chrysler di Indonesia. Pada hari ini, masih di lokasi yang sama, Garansindo juga meluncurkan 3 varian New Dodge Journey 2013 yang mengusung konsep FLC. FLC yang artinya Family Luxury Crossover yang merupakan segmen baru dari Dodge berkapasitas 7-Seater ini diharapkan akan menjadi ikon baru dunia mobil keluarga.

“FLC merujuk pada sebuah mobil ideal untuk semua anggota keluarga. Bagi si Ayah, mobil ini memiliki handling dan pengendaraan yang balk. Untuk ibu, mobil ini memiliki ruang simpan yang lengkap dan nyaman. Untuk si anak, mobil ini lega dan tidak membosankan. Segmentasi ini juga untuk memurnikan kembali makna sesungguhnya dari crossover, yang akhir-akhir ini mulai bias di Tanah Air. Sebagai Crossover sejati, Dodge Journey memiliki utilitas MPV dan body style SUV,” kata Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer Chrysler Indonesia.

Ketiga varian Dodge Journey 2013 FLC yang meluncur hari ini antara lain:
Dodge Journey SXT (head unit 4.3 inchi),
Dodge Journey SXT Luxury (head unit 8.4 inchi)
Dodge Journey SXT Platinum (dua monitor: 8.4 inchi pada dashboard dan 9 inchi pada plafon tengah + navigasi)

Beberapa perbedaan visual yang dapat dijumpai pada Dodge Journey terbaru ini adalah pada emblem grille depan. Semua varian dilengkapi aksen dua garis merah (Red Stripe) dimana sebelumnya emblem ini hanya untuk tipe Luxury dan Platinum. Lalu motif velg, sebelumnya berdesain palang lima sekarang menjadi motif akar. Dengan perubahan tampilan ini, Dodge Journey 2013 FLC tampil lebih dinamis. Tidak ketinggalan bagian handle pintu dan roof rail dengan aksen chrome untuk tipe SXT Platinum.

DSC_0266

Di sektor mesin Dodge Journey 2013 FLC dibekali 2.4L, DOHC, VVT bertenaga 174 hp, dan torsi 225 Nm. Piranti penghenti laju kendaraan seperti ukuran kaliper piston disesuaikan dengan brake swapt piringan rem cakram yang kini lebih lebar. Dua caliper di depan dan single caliper di belakang. Belum lagi ratio kemudi juga ikut dirubah, demi menaikan akurasi handling saat mengemudi. .

Crossover keluarga seharga Rp. 488 – 565 juta (Off The Road Jakarta) ini, memiliki fitur unik Uconnect. Yang sanggup pairing blueetooth untuk 7 ponsel berbeda, jika dibandingkan head unit sejenis yang rata-rata hanya menampung pairing 1-2 ponsel. Kemudian voice command, yang bisa mendeteksi 200 dialek dan 5-bahasa. Fitur ini dapat memainkan fitur hiburan CD/MP3/ Radio dan DVD. Mobil ini juga dilengkapi Head unit 4.3 inchi dan 8.4 inchi, juga berfungsi sebagai pengatur AC multi-zone. Sementara untuk penunjang kualitas audio, di kedua head unit tersebut terpasang Alpine ® Premium Sound, dengan 6-speaker dan 1-sound processor terintegrasi dalam ampilifier.

Dodge Journey 2013 FLC memanjakan pengendara lewat meter cluster yang didesain atraktif dan dilengkapi back-lit meters yang memberikan tampilan mewah serta mudah dibaca. Sistem audio dikendalikan via setir, untuk mengatur volume, track lagu, frekuensi radio dan sound mode controls. Diantara dua cluster terdapat EVIL (Electronic Vehicle Information Center), dengan menu tampilan atraktif guna membantu pengemudi memantau kondisi mobil (tekanan angin ban, radiator, suhu transmisi, tekanan oli, dan lainnya).

Akses kedalam kabin mobil dipermudah dengan sudut bukaan pintu tengah yang mencapai 90 derajat. Pintu belakang mencapai 220 derajat, dengan sudut yang lebar ini maka orang dengan tinggi 170cm keatas, tidak perlu membungkuk saat akses ke kabin. Selain itu mobil berpenumpang 7 orang juga memiliki leg room dan head room yang luas. Volume bagasi sanggup menampung 784 Liter (dalam keadaan kursi tegak), 1.461 Liter (dibelakang baris kedua saat kursi ketiga terlipat) dan 1.962 liter (semua kursi terlipat). Ukuran ini merupakan diatas rata-rata family crossover dikelasnya.

Untuk standar safety, semua varian Dodge Journey 2013 FLC sudah dilengkapi fitur-fitur seperti Active Head Restraints, Driver’s Side Inflatable Knee Blocker dan LATCH child seat anchors (dudukan kursi balita). ESP (Electronic Stability Control plus Traction Control), ABS, EBD + Brake Assist yang aktif di kecepatan. Kemudian 9 titik airbag di bagian pengemudi, penumpang depan, sisi lutut pengemudi, side-curtain airbags untuk setiap baris kursi penumpang. Pada tipe Dodge Journey SXT Luxury dan Dodge Journey SXT juga terdapat ParkSense® (sensor parkir) dan ParkView° (kamera pantau mundur).

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Tiga Varian Crossover Dodge Berkonsep FLC Meluncur

Leave a Reply