Gebrakan Baru IIMS 2013

IIMS2013-01

15 Januari 2013. Indonesia resmi menjadi bagian dari “one milion club” di pasar otomotif ASEAN berkat penjualan sepanjang tahun 2012. Informasi terakhir dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menunjukkan angka penjualan mobil di pasar domestik sepanjang tahun 2012 tercatat sebanyak 1.116.230 unit.

Pencapaian ini mengalami kenaikan sebanyak 24,8% dibandingkan penjualan pada tahun 2011 sebesar 894.164 unit. Tidak hanya dari sisi penjualan, angka produksi indutri otomotif sepanjang tahun 2012 juga mengalami peningkatan yang bahkan lebih besar dari persentase kenaikan penjualan.

Angka produksi pada tahun 2012 tercatat sebesar 1.076.157 unit, naik sebanyak 28,4% dibandingkan dengan angka produksi pada tahun 2011 yang tercatat sebesar 838.388 unit. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa ada kenaikan ekspor mobil dari Indonesia.

Asumsi positif terhadap industri otomotif Indonesia masih terus mengalir, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memprediksikan pangsa pasar mobil domestik Indonesia akan terus mengalami pertumbuhan signifikan. Tidak mau besar kepala, Gaikindo tidak ingin memasang target penjualan besar untuk tahun 2013.

“Kami pengurus Gaikindo sementara menetapkan bahwa target penjualan tahun 2013 diperkirakan akan sama dengan tahun sebelumnya, yakni sekitar 1,1 juta unit, hal ini mempertimbangkan berbagai kebijakan pemerintah yang akan mempengaruhi angka tersebut” ungkap Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo pada Selasa (8/1/13).

Seperti diketahui berbagai kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia, seperti kenaikan uang muka kredit kendaraan bermotor (loan to value/LTV), kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), tarif tenaga listrik (TTL), serta persaingan dan kondisi ekonomi domestik maupun global tentu akan menjadi faktor yang amat berpengaruh terhadap pencapaian industri otomotif di tahun mendatang.

The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 sebagai ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia menjadi salah satu barometer besarnya gairah pasar domestik di tahun 2012. IIMS 2012 menjadi tempat tujuan publik Indonesia mencari tahu produk-produk terbaru dan terbaik dari industri otomotif. IIMS tahun 2012 lalu, berhasil menyedot perhatian 368.790 pengunjung dalam 11 hari penyelenggaraannya, dan membukukan nilai transaksi lebih dari 4,6 triliun Rupiah.

Nilai transaksi yang tercatat di IIMS 2012 membuktikan bahwa minat publik terhadap produk-produk otomotif masih tinggi dan akan terus berkembang, hal tersebut juga membuktikan eksistensi IIMS sebagai sebuah ajang pameran bertaraf internasional yang menjadi benchmark perkembangan industri otomotif di Indonesia, IIMS selalu menarik perhatian pengunjung bukan saja untuk menyaksikan produk terbaru melainkan juga untuk melakukan transaksi.

Maksimalitas di IIMS 2013

Pencapaian luar biasa dicatat IIMS 2012, dan untuk menyambut IIMS yang pada tahun ini sudah menginjak usianya yang ke 21, panitia akan memaksimalkan sajian IIMS tahun ini. Dimulai dari luasan lahan, jika IIMS tahun lalu mencakup lebih dari 70.000 m2 maka pada tahun ini IIMS akan mempergunakan kurang lebih 75.000 m2 dari total luas keseluruhan JIExpo.

Total area yang akan dipergunakan pada IIMS 2013 kali ini akan dimaksimalkan untuk area pameran, area program acara unggulan serta tentunya untuk area fasilitas pengunjung. Diharapkan total area yang lebih besar akan memberikan nilai lebih untuk penyelengaraan IIMS 2013 serta mengukuhkan posisi IIMS sebagai pameran otomotif bertaraf Internasional.

Menuju penyelenggaraan The 21st Indonesia International Motor Show 2013 yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 19 – 29 September tahun ini, Gaikindo kembali menggandeng Dyandra Promosindo sebagai pelaksana. Dan pada Selasa, 8 Januari 2013 telah diadakan launching untuk kalangan Agen Pemegang Merek (APM) anggota GAIKINDO.

Dukungan kembali digaungkan dari seluruh APM mobil yang juga ikut serta pada penyelenggaran IIMS sebelumnya, dengan semangat yang lebih besar APM menyatakan keinginan mereka untuk membawa yang terbaik ke dalam penyelenggaraan IIMS 2013.

Sebanyak 35 merek anggota Gaikindo yang terdiri atas 26 passanger cars dan 9 commercial vehicles menyatakan ikut serta kembali dalam IIMS 2013, dan kali ini Renault kembali menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam IIMS 2013 setelah tahun yang lalu urung ambil bagian di IIMS 2012. Ke- 35 APM anggota Gaikindo akan menempati seluruh area hall, meliputi area Hall A, B, Hall C1 dan C2, Hall D1 dan D2, dan juga seluruh area outdoor JIExpo – Kemayoran.

Tidak hanya akan memaksimalkan area pamer untuk APM, IIMS 2013 juga akan memberikan perhatian penuhnya kepada industri pendukung otomotif. Jika pada IIMS sebelumnya area pamer untuk industri pendukung mencakup empat semi permanent hall, maka pada tahun ini IIMS 2013 akan mengalokasikan total lima semi permanent hall khusus untuk memenuhi kebutuhan industri pendukung otomotif.

Johnny Darmawan selaku Ketua Penyelenggara pameran IIMS 2013 menjelaskan rencana IIMS 2013 terhadap industri pendukung otomotif dalam sambutannya pada acara launching, “Panitia akan meningkatkan peserta dari industri pendukung, menyasar lebih dari 275 perusahaan dari industri pendukung untuk turut serta menampilkan keunggulan produksi mereka pada IIMS 2013”.

Kembali berlangsung selama total 11 hari pada tanggal 19 – 29 September 2013, IIMS 2013 benar-benar akan menghadirkan yang terbaik dari seluruh rangkaian penyelenggaraannya selama ini, menampilkan seluruh merek mobil kenamaan di Indonesia, ratusan industri pendukung, serta fasilitas yang lebih nyaman untuk pengunjungnya, “Kami selaku panitia akan memaksimalkan penyelenggaraan IIMS 2013” janji Johnny Darmawan menutup sambutannya.

Please follow and like us:

Leave a Reply