Jajal Yamaha New Xeon RC di Trek Basah

IF

11 Januari 2013. Pada hari Rabu siang kemarin (9/1/13) cuaca benar-benar tak bersahabat alias hujan deras sepanjang hari. Tetapi ini tidak menyurutkan semangat para awak media untuk menjajal Yamaha New Xeon RC (Racing Champion) di Sirkuit Sentul Karting Bogor. SL.com ikut serta sebagai salah satu perserta dalam kelompok pertama yang terdiri dari 10 unit test ride.

Skutik Yamaha New Xeon RC ini mengusung mesin YMJET-FI (Fuel Injection) dan merupakan generasi penerus Yamaha Xeon model karburator yang sudah tidak diproduksi lagi. Tentu saja awak media penasaran ingin menguji langsung agar dapat merasakan performa motor dari pabrikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang berbasis di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Yamaha New Xeon RC memiliki lima warna dengan nama yang cukup keren, antara lain Victorious Red (merah – putih), Regal Purple (ungu – putih), Dazzling Black (hitam – kuning), Cosmic White (putih – oranye) dan Thunder Bolt Blue (biru – putih). Seluruh warna tersebut tampil dan siap dijajajl oleh awak media.

IF

Kesan pertama adalah corak warna, setelah didekati dari arah belakang, yang menarik adalah melihat model knalpot Xeon RC yang diadaptasi dari motor Yamaha T-Max yang berkesan powerful dan eksklusif. Ujung pembuangan angin dibungkus dengan penutup besi berwarna silver. Untuk detailnya silahkan simak Album Photo ini.

Ketika menduduki motor skutik ini, terasa jok yang empuk, lumayan lebar, dan nyaman. Ketika kaki diangkat, terasa lebar dek yang memadai. Sebagai catatan, Xeon RC ini memiliki dimensi panjang 1.855 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.070 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 1.265 mm dan berat isi 101 kg.

SL.com yang berbobot 80Kg masuk dalam barisan kelompok pertama dan posisi sepeda motor pada urutan ke-10 (terakhir). Kondisi hujan gerimis, dan kunci kontak pun diputar ke posisi ON dan tuas rem ditarik, langsung terdengar deru mesin yang halus. Lampu utama menyala karena sudah Automatic Headlight On. Key shutter memiliki 3 fungsi yakni menyalakan motor, pengamanan ganda dan pembuka bagasi.

IF

Sebelum jalan, untuk beberapa saat mendengarkan pengumuman dari panitia tentang jalur trek yang akan dilewati. Yang pasti trek basah dan sangat licin. Tak lama kemudian, motor mulai dijalankan. Semula hujan gerimis, dan perlahan rintik-rintiknya semakin bertambah ketika sepeda motor mulai bergerak. Saat start SL.com langsung menarik gas untuk merasakan tarikan awal skutik 125 cc ini.

Dalam ajang test ride ini seluruh awak media lebih dulu melintasi jalan bebatuan dan simulasi polisi tidur. Kemudian melewati kun berwana oranye yang berjejer rapih untuk melakukan zig-zag, serta melewati besi warna merah dengan panjang 2 meter dan lebar 20cm untuk merasakan keseimbangan pengendara.

Setelah itu, awak media memasuki trek dan bersiap untuk menjajalnya dengan trek basah. Sebagai catatan, Yamaha New Xeon RC mengusung teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston. Dengan penyempurnaan teknologi mesin 125 cc berpendingin cairan dan penambahan YMJET-FI, tenaga motor menjadi 11,4 PS dan torsinya pun meningkat jadi 10,4 Nm. Nah, kabar bagusnya motor ini lebih effisien 20% dari generasi sebelumnya yang model kaburator.

IF

Singkat cerita setelah melahap 2-3 lap, akhirnya dapat dikatakan motor ini memiliki performance yang cukup baik. Melahap tikungan-tikungan tajam, membuktikan jika motor ini sangat mudah dikendalikan, pasalnya setang kemudi memang terasa sangat ringan apalagi setelah memiliki performance mesin YMJET-FI nya.

Memiliki suspensi yang handal, stabil, mampu meredam setiap tikungan, bahkan ketika meliwati trek bebatuan dan zig-zag pada tahap awal. Kondisi trek yang basah membuat SL.com harus ekstra hati-hati saat melahap setiap tikungan, bahkan sesekali SL.com memberikan kesempatan kepada rekan media yang lain untuk mendahului.

Melintasi tikungan membuat SL.com harus jalan lebih pelan, mencari jalan aman dari pada jatuh. Sayang sekali kondisi trek basah ini tidak dapat membuktikan kemampuan Xeon RC menikung secara maksimal. Yups.. kita ketahui ban yang digunakan pun adalah ban standard, yakni ban dengan ukuran 90/80-14M/C 49P .

IF

Para trek lurus, respon skutik ini cukup baik. Kemudian pada saat mau masuk tikungan, rem mulai dimainkan dan disini sistem pengereman berkerja dengan baik. Tuas gas dikurangi dan selepas tikungan dan menuju trek lurus, gas kembali digeber dan Xeon pun langsung melaju dengan cepat.

Sayang, SL.com tak dapat melihat dengan jelas berapa maksimum kecepatan yang diraih. Lagi, hal ini gara-gara hujan, dimana speedometer tertutup dengan curahan air hujan. Demi keselamatan, maka pandangan lebih baik tetap kedepan melihat setiap tikungan yang akan dilewati.

Usai melahap dua-tiga putaran, langsung kembali ke pit. Standar samping pun langsun diturunkan dan mesin seketika mati. Hal ini berbeda dengan model sebelumnya, karena New Xeon RC ini sudah dilengkapi Smart Stand Switch. Walaupun berbeda dengan model sebelumnya, bukan berarti harganya jadi tambah mahal, malah lebih murah yakni Rp15.100.000 On the Road Jakarta. Bandingkan dengan model sebelumnya dijual dengan harga Rp16.050.000.

Data Spesifikasi Yamaha New Xeon RC

Dimensi
PxLxT : 1855 mm x 700 mm x 1070 mm
Jarak sumbu roda : 1265 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 760 mm
Berat isi : 101 kg
Kapasitas tangki bensin : 3.8 L

Mesin
Tipe : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin cairan
Jumlah/posisi silinder : Cylinder tunggal
Volume silinder : 124,86 cm3
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 10.94 : 1
Daya maksimum : 11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm
Torsi maksimum : 10,4 Nm (1.06kgf.m) / 6500 rpm

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Jajal Yamaha New Xeon RC di Trek Basah

  1. […] 2013. Bermodalkan kamera Canon G12 yang hanya digantung di dada SL.com, akhirnya video pengalaman jajal Yamaha New Xeon RC bermesin 125cc  dapat ditampilkan pada halaman ini. Sayang sekali rintik-rintik hujan sangat […]

Leave a Reply