Urus Perpanjang STNK: Perlukah Perantara/Calo?

IMGP3023Jakarta, 9 September 2009. Ini pengalaman pribadi SL.com ketika mau urus perpanjang STNK motor yang sudah masuk usia lima tahun.

Mau tak mau STNK, pajak dan plat nomor harus segera diurus. Segala sesuatunya berhubungan dengan waktu, belum lagi bicara soal kesibukan, tapi soal STNK dan pajak motor tetap harus didahulukan.

Akhirnya SL.com datang sendiri membawa motor ke “Kantor Bersama Samsat Cinere Limo Depok,” dan ternyata SL.com mendapati sebuah gedung baru, megah, gedung yang lebih besar yang bersebarangan dengan gedung lama. Sedikit kagok, karena luasnya halaman kantor ini, hari masih pagi sekitar pukul 9.00 sehingga segala sesuatunya masih lengang alias sepi.

Petugas parkir memberikan arahan dimana parkir motor yang benar dan saat itu juga petugas parkir langsung memberikan info penting, agar masyarakat yang akan mengurus perpanjangan STNK langsung saja meluncur ke loket fotokopi yang berada di bawah tangga, datang dari samping kiri atau dari samping kanan gedung baru tersebut.

Loh koq ada info penting dari bagian fotokopi, nah disini kuncinya, jika anda ingin lancar soal dokumen apa saja yang diperlukan, petugas fotokopi sudah tau segala sesuatunya, sehingga anda tak perlu lagi bolak-balik berurusan dengan petugas/aparat yang duduk di dalam kantor Samsat.

Hm.. rupanya para petugas fotokopi memang sudah lebih tau seluk beluk dokumen apa saja yang diperlukan, demikian pula susunannya, sehingga hal ini sangat memudahkan bagi masyarakat yang akan mengurus perpanjangan STNK.

Usai membayar hasil fotokopi berikut dengan map, maka SL.com pun langsung diberi petunjuk oleh petugas fotokopi untuk melakukan cek fisik motor yang berada di halaman belakang gedung. Lokasi cek fisik yang dituju juga tak jauh,  karena masih didalam satu area gedung. Ketika itu SL.com langsung dilayani oleh seorang petugas cek fisik. Hanya  dalam hitungan 5 menit urusan cek fisik pun langsung selesai tanpa ada pungutan biaya apapun. Disebutkan bahwa plat nomor polisi bisa diambil di bagian cek fisik ini, tapi baru bisa diambil keesokan harinya.

Setelah cek fisik selesai, SL.com pindah tempat dan melangkah keloket pendaftaran Perpanjang STNK dilantai satu (dalam gedung). Ternyata ada sebuah formulir yang harus diisi lebih dulu, dan hal ini sangat mudah dan praktis.

Setelah dokumen ditandatangani, SL.com kembali lagi ke loket dan selanjutnya hanya menunggu panggilan. Kemudian SL.com dipanggil oleh petugas untuk membayar uang pajak di loket bank. Usai pembayaran pajak tadi, SL.com menunggu lagi, dan setelah itu dipanggil lagi yang akhirnya mendapatkan hasil print STNK yang baru dan lembaran pajak daerah juga sudah jadi.

Total waktu yang diperlukan hanya 30 menit mulai dari parkir motor sampai meninggalkan gedung Samsat tersebut.

Nah, masihkah kita memerlukan calo atau perantara dalam mengurus perpanjangan STNK ini? Kemudahan dan pelayanan yang cepat dari aparat  Samsat Cinere memang sudah terbukti sangat baik, jadi rasanya kita sudah tak perlu lagi mencari atau menggunakan calo atau perantara dalam urusan STNK ini. Hindari jasa tersebut dan sebaiknya urus sendiri saja. Mudah dan cepat bro..

Yang penting dokumen-dokumen penting yang diperlukan sudah lengkap, antara lain: KTP Asli, STNK Asli, BPKB Asli yang semuanya harus memiliki nama yang sama. Jangan lupa, motor juga harus dibawa untuk keperluan cek fisik.

Bagaimana dengan pengalaman anda ketika mengurus STNK? Silahkan sharing dan berbagi cerita.

Please follow and like us:
Tagged with 

19 thoughts on “Urus Perpanjang STNK: Perlukah Perantara/Calo?

  1. Di t4ku (singaraja, bali), sekitar 45 menit udah keluar parkiran. Yg penting persyaratan lengkap (bpkb, stnk, ktp) dan mampir bentar di tukang fotocopy samping samsat. Udah ga jaman pake calo

  2. Mr_lOng'S says:

    Kebetulan Bulan 9 & bln 11 thn ini mao perpanjang STNK ke 2 mtr gw..
    Info yg brmaanfaat..

    Pengalaman gw c
    Ngantri ny Lama bngt pas nunggu STNK jadi. mngkn ada x waktu 3 jam’an di samsat tangerang,

    salam kenal SL.Com
    btw abiz biaya brp perpanjang STNK,??

  3. honda tiger 2004 kena 279,000.. btw siapin duit 350,000 dan jangan kelewatan.. karena kalau kena denda/sanksi lumayan mahal ongkosnya.. 🙂

  4. keren bgt dweeeeh…!!!!

  5. hmmm, 30 menit ya? lumayan untuk browsing dan googling. Eh, di Samsat Cinere ada hotspot nggak ya? hihihihihi….

  6. Bro Stephen,
    Nampaknya memang sudah cukup baik perubahan yang dilakukan oleh aparat terkait dalam birokrasi lalu-lintas, dalam hal ini proses administrasi yang lebih efisien dan transparansinya. Saya belum punya pengalaman untuk STNK motor, karena usianya belum setahun jadi pembayaran PKB pun belum lagi jatuh tempo.
    Kalau untuk SIM (yang belum lewat setahun masa berlaku) juga dipermudah sekali, bisa selesai dalam hitungan menit saja, semua dengan biaya resmi di unit SIM Keliling/Polres. Bahkan bulan lalu buat SIM C tanpa jasa perantara di Daan Mogot, datang pagi sore selesai, cuma memang masih perlu sabar dan rajin bertanya kalau disini.
    Nampaknya semua ini perjuangan keras pihak kepolisian agar tetap dipercaya mengelola, kita konsumennya diuntungkan. Semoga makin baik lagi kedepannya …

  7. Gilar Nugraha says:

    Kebetulan aq juga kemaren baru beres BBN motorku… aq tinggal di Kota Bandung. motorku dari daerah Bandung Timur, sedangkan aq tinggal di Wilayah Bandung Barat… Alhamdulillah. sangat mudah BBN. n ngga keluar uang lain selain yang tercantum untuk biaya BBN n pajak yang tertera di STNK.
    Bener2 profesional sekarang. Terus Maju. Pemerintah Indonesia….

  8. Kemarin urus perpanjangan SIM C di SAMSAT Keliling di Kalibata prosesnya gampang dan lancar gak ribet cuma itu Tolong Pak Polisi harus didisediain Tenda yg agak besar karena banyak yg kepanasan. Good Job Sir. Bravo POLISIku

  9. Mas Bro,

    Sepertinya saya setuju kalau kepengurusan STNK tanpa perantara calo, pasti biayanya lebih murah…

    Salam
    Amink

  10. David Hutajulu says:

    Wah..om Stephen ngurus di Samsat Cinere yach …Memang beda sih Samsat Cinere dibandingkan yang di Depok II, wuih mulai masuk dari gerbang aja Provost-nya dah nawarin jasa duluan tanpa ba-bi-bu..gak kebayang gimana polisinya. Saya sering ngurus pajak mobil dan motor pribadi di Samsat Cinere dan memang lebih cepat lho…

  11. David Hutajulu says:

    Oh yach..fyi, kemarin ngurus pajak tiger gw thn 2005 cuma IDR 245,000.

  12. @ Pak Iksa…

    kalo boleh tau, berapa habisnya dana untuk bikin sim motor yang baru?
    soale sim c saya udah mateekkkk and tar pas balik ke Indo mau bikin sim c lagih.

    terus ada tes prakteknya ga yah?

    Thanks ya Om stephen atas infonya….

  13. Thanks for article. Everytime like to read you.
    Thank you
    Eremeeff

  14. moonraker says:

    kehilangan waktu untuk ngurus sendiri, karena ada anak buah yg kakaknya kerja di sampat, ya nitip aja..

  15. wah kemaren baru perpanjang SIM A + C, sebenernya dah telat 2 bulan sih he he he…. ternyata cuman makan waktu 30 menit dah jadi… seep dah

  16. kalo alamat di KTPnya uda beda dengan yg di BPKB bagaimana yah prosedurnya?

    • @betr, yang begini tetap harus diurus untuk disamakan. Mau cocokin kemana? Ke alamat KTP yang baru? Berarti BPKB nya yang harus segera diberesin.

  17. iya mau disamain ke KTP yg baru. cara2nya bagaimana yah? apa bisa langsung datang ke mobil samsat keliling?

  18. kemaren baru beli motor honda GL 100 harga 1juta tak tahunya pajak habis…lama dari tahun 2004. plat jakarta mo dipindah ke sumedang tapi KTP pemilik kagak ada….gimana solusinya………N perkiraan berapa biayanya

Leave a Reply