Safety Riding: Pakai Lampu Di Siang Hari!

motorcycle_01

Jakarta, 4 September 2009. Ada yang masih ingat dengan aturan tentang menyalakan lampu bagi sepeda motor?

Hal itu sebenarnya sudah tertuang dalam Pasal 107 ayat (2) UU No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Kebijakan ini diterbitkan untuk menggantikan Undang-Undang Nomor 14/1992 yang telah diberlakukan sebelumnya. Namun demikian, inilah sekilas tentang isi dari pada pasal 107 tersebut:

Hal Penggunaan Lampu Utama

Pasal 107

(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.

(2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Nah, jangan lagi sepelekan soal pakai lampu atau tidak di siang hari. Ada yang bilang tidak perlu, tapi celakanya bisa jadi bikers kena denda Rp 250 ribu kalau sampai ditilang karena tidak menyalakan lampu utama saat berkendara di jalan.

Aturan pasang lampu di siang hari sudah disebutkan dalam UU bahwa pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan yang digunakan di jalan pada malam hari dan kondisi tertentu. Sedangkan bagi pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud ayat tersebut, juga wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Artikel ini sekedar mengingatkan saja, dari pada kena tilang, lebih baik dari  sekarang kita sudah membiasakan diri pasang lampu di siang hari. Kan repot juga kalau sampai kena tilang ama polisi dan berurusan sampai ke pengadilan. Mau?

Please follow and like us:

13 thoughts on “Safety Riding: Pakai Lampu Di Siang Hari!

  1. hem pemakaian lampu siang hari cuman hangat di depan trus dingin di belakang

  2. Ane mah nurut aja deh ama UU daripade kena 250.000 belon lagi ngurus dipengadilannye…ribeeeettt

  3. tp knapa kalo di komplek militer(TNI) malah lampu harus di matiin ya….?

  4. @omar 250.000 kalo di buat beli bohlam lampu depan bisa buat stok bertahun-tahun tuh..

    kan tiap hari nyalain lampu.. 😀

    kalo saya sih jujur masih angin-anginan..

    tapi kalo lagi inget aye ngidupin lampu.. kalo lupa gak ngidupin.. 😀

    tapi emang lho kalo kita ngidupin lapu, mau di liat secara langsung atau via spion, lebih jelas motor yang ngidupin lampu dari pada yang enggak..

    ini kondisi siang hari lho..

    siang hari aja keliatan, gimana malam hari..

    iya toh..??

    @br stephen saya pernah liat video buatan RSA atau buatan mana yang tentang DLR, punya linknya gak ya..??

    mau aye bahas di milis nih..

    biasa buat ngomporin.. 😀

  5. kalau semua produsen motor di indonesia men standarisasi kan produk baru mereka tanpa saklar lampu, sebagian masalah berkendara sudah bisa di atasi. juga salah satu dari tanggung jawab produsen pada keselamatan kepada konsumen mereka. mungkin PR baru buat RSA atau sudah ?

  6. Alhamdulillah, gw termasuk yang patuh aturan dengan ikut partisipasi menyalakan lampu di siang hari tapi berhubung gw pake H4 alias halogen, panas reflektornya itu lho, nggak tahaaan..apalagi akinya, siap-siap tekor deh…

  7. thank infonya’ lagian acara mudik k jawa uda dekat ni..gmana dengan rider yg d bali yg mau k jawa..

  8. Menurut gue sih yg pengaruh buat keselamatan yaitu helm standard, sedngkan menyalakan lampu di siang hari bolong cuma PEMBOROSAN ENERGI.
    Masak gue yg segede gini beserta motor gue gak keliatan, mesti ditambah lampu???
    amit-amit

Leave a Reply