Honda Pelopor Safety Riding

Safety Riding-02Jakarta, 27 Agustus 2009. “Honda Safety Riding” dan Penghargaan Terhadap Nilai Kehidupan Manusia. Demikian sebuah judul yang tertera pada halaman Advertorial harian Kompas, 27 Agustus 2009 hal. 25.

Cepat dan mudah. Dua alasan itulah yang membuat banyak orang lebih senang menggunakan sepeda motor. Namun, pesatnya perkembangan jumlah sepeda motor, ternyata tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat dalam berkendara, khususnya bagi para pengguna sepeda motor itu sendiri.

Semakin padatnya arus lalu lintas, terutama di kota-kota besar, membuat para pengendara sepeda motor semakin terpacu untuk bermanuver dalam kecepatan yang sangat tinggi. Tidak heran jika, setiap harinya Anda akan disuguhi oleh manuver-manuver yang berbahaya dari para pengendara sepeda motor, lihat saja ketika mereka selap-selip di antara padatnya mobil-mobil, dan juga ketika mereka membawa motor dalam kecepatan tinggi dan tidak memperhatikan keselamatan dirinya, maupun keselamatan bagi orang lain.

Safety Riding-03Celakanya, para pengendara sepeda motor tersebut terkadang tidak memperhatikan kondisi jalan, apakah rusak, jalan padat atau ramai, jalan sempit, ataupun jalan licin. Seharusnya, keadaan seperti ini harus bisa disikapi oleh para pengendara motor itu sendiri dengan mengutamakan “kesadaran” akan pentingnya keselamatan berkendara, selain dengan penggunaan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk melindungi diri, seperti penggunaan helm, sarung tangan, jaket (lengan panjang) dan sepatu untuk melindungi bagian kaki.

Komitmen Honda

Melihat kondisi tersebut, maka diperlukan kesadaran dan kepedulian dari berbagai pihak. Salah satunya adalah dari pihak produsen kendaraan bermotor itu sendiri. Sebenarnya usaha ini telah dilakukan oleh beberapa produsen kendaraan bermotor, dan salah satu pihak yang sukses hingga sekarang adalah “Kampanye Safety Riding” yang terus digalakkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) selau produsen dan distributor sepeda motor merek Honda di Indonesia.

Sesuai dengan visinya yang memposisikan Safety atau Keselamatan sebagai hal utama karena menghargai nilai kehidupan manusia, maka Honda percaya bahwa dengan meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan berkendara pada setiap individu merupakan suatu langkah maju untuk menghindari atau mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Sejak tahun 2002, Honda telah membuktikan suatu keseriusan dan komitmennya terhadap masalah-masalah keselamatan berkendara. Hal ini ditandai dengan kepeloporan AHM ketika mendirikan departemen khusus yang menangani Safety Riding dan kampanye Safety Riding itu sendiri, yakni “Safety Riding Promotion Department”.

IMGP4763Sekitar satu tahun kemudian, kegiatan ini mulai aktif diadakan baik di tingkat dealer maupun masyarakat umum yang melibatkan berbagai pihak seperti dealer, kepolisian, lembaga pendidikan, hingga komunitas
atau klub-klub sepeda motor.

“Program Safety Riding Honda ini akan dijalankan secara terus menerus dan secara konsisten dan juga berkesinambungan di seluruh Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab moral dan komitment Honda terhadap keselamatan konsumen sepeda motor Indonesia, terutama untuk generasi muda dalam menciptakan kesadaran berlalu-lintas yang aman sejak dini,” ungkap Bapak Julius Aslan, Marketing Director PT AHM.

Sementara itu, Bapak Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM berpendapat bahwa, “Keselamatan dan keamanan adalah prioritas kami sebagai produsen motor Honda. Oleh karena itu, aktifitas Safety Riding merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Honda untuk masyarakat Indonesia.”

Komitment Honda dalam menggalakkan kampanye Safety Riding ini-pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Contohnya adalah piagam Honda memperoleh penghargaan dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir. Jusman Syafii Djamal kepada Pimpinan PT Astra Honda Motor atas “Peran Aktif dan Partispansinya pada Kegiatan Bidang Keselamatan Jalan” dan juga sebagai “Pelopor Safety Riding.”

Kampanye Honda Safety Riding ini merupakan langkah positif yang akan diharapkan dapat menekan laju kecelakaan lalu-lintas di Indonesia. Semoga untuk ke-depannya, semua pengendara motor di Indonesia dapat berkendara dengan aman dan nyaman, serta angka kecelakaan lalu-lintas mudah-mudahan akan bisa berkurang.

7 thoughts on “Honda Pelopor Safety Riding

  1. Honda emang paling peduli dgn keselamatan pengendara. Liat aja motor2 honda punya pengamana berlapis. Yg laen? JADUL AHHHH…..

  2. Honda emang kereeeeennnn deh…

  3. Semoga bisa dicontoh oleh pabrikan – pabrikan yang lain…

  4. […] dengan beberapa instansi terkait untuk menekan angka kecelakaan nasional. Info lengkap baca artikel “Honda Pelopor Safety Riding.” A.S. Tedjosiswojo PT AHM, memberikan penjelasan soal Honda Safety […]

  5. Honda is the best!!!

  6. yups benar sekali all community honda pu ikut mencanangkan dan mengkampanyekan safety riding dan tertib lalu lintas broooowww

  7. similikiti says:

    Emang top deh AHM…

    Mampu memfasilitasi pengendara motor yang kurang taat dalam berkendara…..

    Dengan pelopornya safety riding, tidak menutup kemungkinan akan mengurangi tingkat kecelakaa yang terjadi di jalan raya selama ini……

    :ilovekaskus :kiss :sungkem

Leave a Reply