JMCS 2012: Adu Teknologi & Tampilkan Produk Terbaru

1 November 2012. Empat anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yaitu Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha kemarin menandai dibukanya pameran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 dengan melakukan konferensi press di booth mereka masing-masing.

Mereka menyemarakkan pameran kali ini dengan berbagai produk baru demi memenuhi kebutuhan kendaraan roda doa yang nyaman dan aman untuk dikendarai. Di ajang JMCS kali ini, Yamaha menghadirkan dua produk terbarunya yaitu New V-Ixion “Lightning” dan Soul GT Street Series. New V-Ixion “Lightning” didesain oleh Sakata-san yang juga mendesain motor sport Yamaha, YZF-R1.

Tak heran, tampilan New V-Ixion “Lightning” begitu kental dengan sentuhan YZF-R1 yang berkesan sporty. Sementara Soul GT Street Series merupakan pengembangan dari Mio Soul yang disempurnakan dengan teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Selain kedua produk di atas, Yamaha juga menghadirkan konsep kendaraan produksi Jepang seperti EC Miu, Moyegi, Ryoku, T-Max, TTR50 dan PW50. Semua produk ini ditampilkan di booth Yamaha yang bertema “DNA, teknologi lahir di Moto GP”.

DNA Yamaha sendiri terdiri dari 3 unsur yang kental pada tiap produk Yamaha yaitu desain yang stylist, teknologi inovatif dan tampilan sporty. Kemeriahan hari pertama pameran JMCS di booth Yamaha semakin bertambah dengan hadirnya juara dunia MotoGP Jorge Lorenzo yang didampingi oleh pembalap kebanggaan Indonesia, Doni Tata.

Sementara itu, Kawasaki memperkenalkan tiga varian Ninja terbarunya diajang JMCS 2012, yaitu model ZX-14R dan ZX-6R 636 untuk segmen sport, serta Versys untuk segmen touring yang seluruhnya hadir dengan kapasitas mesin yang cukup besar.

Kawasaki Ninja ZX-14R memiliki mesin berkapasitas 1.441cc, Kawasaki Ninja ZX-6R hadir dengan mesin 599cc dan Versys dibekali mesin berkapasitas 649cc. Ketiganya dihadirkan untuk menarik minat para pengunjung serta konsumen setia Kawasaki.

Ketiga kendaraaan ini baru akan diluncurkan secara resmi awal tahun 2013. Lineup produk lain yang bisa ditemui di booth Kawasaki adalah dari varian trail, dimana Kawasaki menghadirkan model KLX 250, D-Tracker 250, KLX 150, D-Tracker 150 serta KSR 110.

Hari pertama pameran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 di booth Honda ditandai dengan pembukaan selubung motor sport terbaru mereka, Honda CB150R StreetFire. Produk baru ini hadir dengan mesin DOHC, 6 Speed Inheritance of CBR150R Engine, dengan menggunakan New Innovative Truss Frame.

Booth Honda mengangkat tema “One Heart for Loving Indonesia” yang dibagi ke dalam tiga area yaitu “Better Performance for Loving Indonesia”, Environment and Safety for Loving Indonesia” serta “Advanced Technology for Loving Indonesia.”

Selain Honda CB150R StreetFire, Honda juga menghadirkan jajaran produk andalannya seperti Honda CRF 450R, Honda CRF 250 L, Honda CBR600RR, Honda CB1000R, Honda CBR250R dan Honda CB150R. Honda juga menghadirkan Honda RC212V yang merupakan kendaraan tim Repsol Honda di ajang MotoGP.

Produk lain yang dihadirkan Honda antara lain The All New Honda BeAT PGM-FI, Honda PCX 150, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, dan Honda Spacy Helm in PGM-FI.

Suzuki yang menjadi penutup pada sesi konferensi press di hari pembukaan JMCS 2012 melakukan peluncuran Suzuki Let’s yang merupakan “skutik fashion sporty” pertama di Indonesia dengan teknologi Fuel Injection (FI). Suzuki Let’s hadir dengan dua tipe yaitu Let’s Sporty dan Let’s Premium.

Selain Suzuki Let’s, Suzuki juga menghadirkan motor sport Suzuki Inazuma, dan motor-motor yang secara khusus didatangkan dari Jepang, seperti Hayabusa 1300, RM-Z 250, Skywave 250 dan GSV-R 1000 yang merupakan Replika Moto GP. Khusus Skywave 250, pihak Suzuki menyiapkan empat unit ready-stock bagi pengunjung yang berminat memiliki kendaraan berkapasitas 249cc ini.

Promo Industri Pendukung

Selain pabrikan motor, gelaran JMCS tahun ini juga diramaikan oleh berbagai perusahaan dari industri pendukung kendaraan roda dua seperti helm dan aksesoris lainnya. Di hari pertama kemarin, helm menjadi salah satu incaran para pengunjung yang memadati area Assembly Hall dan Main Lobby, Jakarta Convention Center. Terlebih pihak panitia telah menyiapkan program “Bazaar Helm Murah” dimana setiap harinya akan ada 300 helm yang dijual dengan potongan harga lebih dari 40% dari harga aslinya.

Tidak mengherankan di hari pertama pameran JMCS 2012 tidak sedikit pengunjung yang hilir mudik sambil membawa helm yang baru mereka beli. Abiyoso Wietono, Manager Divisi Otomotif Dyandra Promosindo, mengatakan:

“Program ini merupakan salah satu langkah aktif kami dalam mengajak pengendara motor untuk disiplin dalam berkendara dan selalu mengutamakan keselamatan, dan dengan promo harga helm murah diharapkan dapat lebih mendorong misi dari tema JMCS tahun ini.”

Selain pihak panitia, para produsen helm juga memajang berbagai merk helm seperti Givi, NHK, KYT, GM dan lain-lain yang hadir di Main Lobby Jakarta Convention Center. Helm-helm ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Masih berkaitan dengan helm yang merupakan atribut wajib bagi pengendara motor, pihak panitia juga telah menyiapkan tempat penitipan helm gratis yang bisa menampung hingga lebih dari 170 helm. Terletak di ujung selasar Jakarta Convention Center, tempat penitipan helm ini dibuka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

“Ini merupakan fasilitas yang kami berikan kepada pengunjung JMCS agar mereka bisa menikmati pameran dengan nyaman tanpa khawatir helm mereka akan hilang atau basah saat hujan” terang Abiyoso.

Antusiasme pengunjung terlihat dihari pembukaan JMCS yang dilaksanakan bersama dengan 2 pameran lainnya Indocomtech dan Jakarta Game Show 2012, sebanyak 33.337 pengunjung memadati area pameran pada hari pertama kemarin. “Pengunjung memadati area pameran pada hari pertama penyelenggaraan JMCS kemarin, kami positif jumlah tersebut akan terus meningkat hingga hari terakhir nanti” ujar Abiyoso lagi.

Please follow and like us:

Leave a Reply