Jorge Lorenzo Jadi Instruktur Yamaha Riding Academy

30 Oktober 2012. Yamaha Riding Academy (YRA) diadakan lagi selama empat hari, 29 Oktober sampai 1 November di sirkuit Gokart Sentul dan Cibinong dirt track. Yang lebih istimewa YRA kali ini, ada 20 peserta ikut fun ride dan coaching clinic bersama sang Jorge Lorenzo yang telah mengunci gelar The World MotoGP Championship 2012. Hal ini berlangsung tadi pagi (30/10/12) di kawasan Sentul Bogor.

Pembalap tim MotoGP Yamaha, Yamaha Factory Racing, itu akan membagi ilmunya buat 20 pembalap Yamaha usia U-17 yang merupakan pembalap-pembalap pemula dari daerah namun berprestasi nasional.

”Pembalap-pembalap muda ini adalah calon-calon penerus Jorge Lorenzo. Mereka punya mimpi ingin seperti Lorenzo jadi kami memberikan kesempatan emas bertemu dan mendapatkan ilmu dari dia. Selain itu ada instruktur-instruktur berpengalaman yang membagikan ilmu teori dan praktek sebagai bahan pelatihan dan pembibitan pembalap muda di YRA,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Salah satu peserta YRA yang hadir adalah Tammy Pratama dari Jawa Barat yang tahun ini menjuarai Motoprix kelas MP3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula) dan MP2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Pemula). Yang juga cukup dikenal Agung Didu, peserta termuda YRA usianya 9 tahun. Agung berdarah Makassar dan tampil di Yamaha Cup Race (YRA) dan Motoprix.

20 peserta YRA menggunakan V-Ixion dan Yamaha TTR 125R. Mereka mendapatkan pelatihan praktek dan pengetahuan teori yang diajarkan enam instruktur Indonesia. Tiga pembalap Supersport Yamaha, Doni Tata, Dimas Ekky dan Rafid Topan. Johnny Pranata sebagai instruktor pelatihan motorcross, motivator Dimas Prast dan pelatihan fisik oleh Gandung Darmoko.

Materi yang diajarkan dalam YRA kali ini meliputi pengenalan karakteristik sirkuit permanen menggunakan sportbike, untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik pembalap, rolling speed, teknik start dan simulasi race.

Sementara untuk materi basic dasar motocross diantaranya basic dasar motocross (riding position, handling dan sliding, dirt track contest (short track dan long track) serta mini dirt race (clockwise dan counter clockwise).

Termasuk pengenalan karakteristik sirkuit permanen ; mengetahui tingkat kebugaran fisik pembalap, rolling speed , QTT dan simulasi race ; semua materi yang berhubungan dengan dunia balap, mulai racing management, gizi dan nutrisi, communications skill dan product knowledge.

Please follow and like us:

Leave a Reply