Garuda Indonesia Warna Jadoel 1961-1969

19 Oktober 2012. Sebenarnya sih sudah sering melihat warna pesawat Garuda Indonesia dengan desain dan warna jadoel era tahun 1961-1969. Namun baru kali ini MediaSL bisa ikut terbang dan merasakan langsung naik pasawat yang sebenarnya adalah Boeing 737-800 Next Generation (NG). Adapun pesawat Boeing 737-800 NG ini adalah salah satu armada terbaru dari maskapai milik bangsa Indonesia.

Kali ini MediaSL terbang dari Jakarta menuju Kuala Lumpur dengan kode penerbangan GA0818. Nah, yang menarik adalah warna dan motif pesawat yang sangat berbeda dengan warna biru masa kini,  antara lain memiliki garis ‘tubuh’ merah dan oranye. Tulisan yang terpampang pun berbeda, yakni ‘Indonesian Airways’, dan tampak tulisan Garuda di ekor pesawat. Biasanya di lambung pesawat tertulis ‘Garuda Indonesia’ dengan dominasi warna biru laut yang selama ini kita lihat.

Yups.. Garuda Indonesia tampaknya sengaja memiliki pesawat dengan corak jadoelnya karena maskapai penerbangan milik negara ini mempunyai sejarah yang sangat panjang dalam mengarungi langit dunia penerbangan. Hanya ada dua pesawat yang dicat berbeda, yang pertama satu pesawat bertuliskan Garuda Indonesia dengan lambang di ekor pesawat simbol bendera negara Indonesia pada tahun 1961 hingga 1969, dan yang satunya pesawat bertuliskan Indonesian Airways dengan tulisan Garuda pada ekor pesawat yang dulu pernah digunakan pada tahun 1969 sampai 1985.

Dari total pesawat yang dimiliki Garuda pada saat ini sebanyak 86 unit pesawat, hanya ada dua yang bercat merah senja. Pesawat bercat ‘spesial’ tersebut sebenarnya pertama kali di perkenalkan pada bulan Februari 2011 untuk penerbangan rute Jakarta-Banda Aceh.

Tagged with 

Leave a Reply