Lintasan Licin Menghadang Rifat di Rally d’Italia

16 Oktober 2012. Setelah berhasil menjadi juara pertama Group-N Production Cars dan juara pertama Rally Class di Perancis, pereli andalan Fastron World Rally Team, Rifat Sungkar bersama Scott Beckwith sebagai navigator, akan melanjutkan perjuangannya di seri World Rally Championship 2012 berikutnya, Rally d’Italia Sardegna pada tanggal 18-21 Oktober 2012.

Rally d’Italia Sardegna akan menyusuri lintasan bertipe gravel, berjarak 1.241,45 km dan melalui 16 Special Stage. Hari Senin kemarin (15/10), Rifat Sungkar telah melakukan uji coba kendaraan untuk mencari setingan mobil yang paling pas dan membiasakan diri dengan lintasan.

Rally Italia merupakan salah satu seri yang sudah ada pada saat dimulainya World Rally Championship di tahun 1973. Rally Italia selalu menjadi highlight di WRC dengan stage yang menantang dengan animo penggemar yang luar biasa. Sampai dengan tahun 2004, Rally Italia berpusat di kota Riviera, Sanremo, baru setelah itu dipindah ke Sardinia.

Meskipun didominasi dengan lintasan yang cepat dan sempit, lintasan di Sardinia merupakan campuran antara area terbuka yang datar dengan lintasan sempit dan bergelombang melewati hutan yang penuh dengan genangan air dan lompatan yang spektakuler.

Pada saat Rifat bersama Fastron World Rally Team melakukan uji coba, hujan mengguyur lintasan. “Ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk mencari setingan yang pas ketika hujan, karena diperkirakan hujan juga akan turun pada hari Sabtu dan Minggu ketika rally berlangsung,” ujar Rifat saat melakukan uji coba.

Sempat terjadi insiden dalam uji coba kali ini. Karena lintasan yang licin, mobil yang dikendarai Rifat sempat keluar jalur, menyenggol pembatas lintasan, berputar di turunan tajam dan akhirnya menabrak pohon.

“Tidak ada kerusakan yang berarti dari insiden tersebut, namun kami harus berhati-hati di Rally Italia ini karena lintasan gravel yang berbatu dan bumpy ini akan semakin sulit dan licin ketika hujan. Meskipun sempat terjadi insiden, proses uji coba berlangsung dengan baik,” tambah Rifat.

“Persiapan untuk Fastron World Rally Team sudah cukup baik, dan proses administrasi pun sudah beres. Rifat menyukai dan sudah terbiasa dengan lintasan gravel. Hari ini, Rifat dan Scott akan mulai melakukan survey lintasan, mudah-mundahan pencatatan pace note berlangsung dengan baik, yang akan sangat membantu dalam lomba nanti,” ujar M. Indra Prasetyo selaku team manager untuk Fastron World Rally Team.

“Lintasan di Rally Italia ini mirip dengan Rally Portugal, namun setelah melakukan testing kita mendapatkan informasi bahwa dalam 6 bulan terakhir pihak panitia telah berusaha memperhalus lintasan dengan alat-alat berat, akibatnya ketika hujan, seperti saat testing, lintasan menjadi semakin licin dan berbatu. Kami mohon doa restunya dari semua agar kami dapat mengulang kesuksesan seperti di Rally Perancis,” tambah Indra.

Hari ini dan besok (17/10), Rifat Sungkar dan Fastron World Rally Team dijadwalkan untuk melakukan Recee, dilanjutkan dengan proses scrutineering pada tanggal 17 Oktober 2012 dan shakedown pada tanggal 18 Oktober 2012. Rally d’Italia Sardegna akan dimulai secara resmi pada hari kamis (18/10) sore.

Leave a Reply