Chevrolet Donasikan Bola Kaki untuk Indonesia

5 September 2012. Melanjutkan artikel sebelumnya, PT General Motors (GM) Indonesia, Agen Pemegang Merek (APM) Chevrolet ikut pula menjadi bagian dari proyek donasi global bola kaki “One World Futbol Project“. Chevrolet dan One World Futbol Project akan memberikan donasi 5.000 (lima ribu) bola kaki berkualitas dan tahan lama untuk wilayah-wilayah kurang beruntung di Indonesia dimana sebagian besar penduduknya adalah generasi muda.

Chevrolet dan One World Futbol Project memiliki keyakinan yang sama bahwa olahraga sepakbola memiliki kekuatan menyatukan orang untuk mencapai tujuan yang sama dan memungkinkan perubahan yang positif. Keyakinan yang sama ini menjadikan Chevrolet sebagai founding sponsor atau sponsor pertama dari One World Futbol Project di awal tahun ini.

Chevrolet telah menjanjikan untuk mendonasikan 1.5 juta bola kepada organisasi-organasi yang bekerja untuk generasi muda di zona yang tengah dilanda peperangan, kam pengungsi, wilayah terdampak bencana, serta masyarakat yang kurang bentuntung lainnya di seluruh dunia.

Chevrolet akan menjalin kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal, yaitu Wahana Visi Indonesia (World Vision) dalam distribusi bola sekaligus implementasi program edukasi dan pemberdayaan masyarakat ke wilayah-wilayah yang telah dipetakan bersama. Wahana Visi memiliki jaringan kinerja yang baik dalam implementasi program pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah-wilayah tertinggal di Indonesia.

Chevrolet juga mendapat dukungan strategis dari penggiat seni yang menjadi pendukung utama pengentasan isu-isu sosial dan pemberdayaan masyarakat. Sebagai tambahan, Chevrolet mengharapkan dukungan yang kuat dari kalangan media di Indonesia untuk menyebarluaskan informasi tentang program ini bagi para pembaca dan publik secara luas guna membantu inisiatif ini.

“Sejalan dengan strategi pertumbuhan usaha GM di seluruh dunia, yaitu menumbuhkan industri otomotif berbasis sumber daya lokal, GM juga memiliki misi memajukan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda untuk membawa perubahan positif di dalam masyarakat melalui kerjasama dengan One World Futbol Project,” ujar Presiden Direktur PT GM Indonesia, Marcos Purty.

“Kami berharap inisiatif yang dirintis oleh Chevrolet dapat terus dilanjutkan oleh masyarakat Indonesia yang berpartisipasi aktif dalam program ini. Dengan dukungan seluruh masyarakat di Indonesia, kami akan dapat meraih tujuan untuk memberdayakan kehidupan generasi muda di wilayah-wilayah yang kurang beruntung di Indonesia,” tambah Marcos.

Chevrolet bersama mitra kerja lokal telah menetapkan tujuh wilayah di Indonesia yang akan menerima donasi bola kaki One World Futbol Project, yaitu:

No Pulau Wilayah Jumlah Bola
1 Nias Nias 500
2 Jawa DKI Jakarta, Jawa Timur 500
3 Kalimantan Sekadau, Landak, dan Singkawang 1.500
4 Maluku Halmahera Utara 500
5 Sulawesi Palu, Sigi 500
6 Nusa Tenggara Timur (NTT) Sikka 500
7 Papua Jayawijaya, Merauke 1.000
Total 5.000

Pada bulan Mei 2012, Chevrolet menjadi sponsor pertama untuk One World Futbol Project, yang didirikan pada tahun 2010 dengan dukungan awal dari musisi dunia terkenal Sting. Dukungan Chevrolet adalah bagian dari inisiatif sepakbola perusahaan di seluruh dunia yang mencakup sponsor dari klub raksasa Liga Inggris (Barclays Premier League) Manchester United.

Sejak awal berdiri, One World Futbol Project telah memberikan dampak positif pada lebih dari 525.000 jiwa di 137 negara, melalui lebih dari 138 organisasi – termasuk sekolah, panti asuhan, dan organisasi nirlaba – yang mendayagunakan olahraga untuk menyelesaikan konflik, mengajarkan toleransi, dan membangun komunitas. Perusahaan ini juga merupakan anggota afiliasi dari streetfootballnetwork yang menghubungkan 94 perusahaan nirlaba yang menggunakan sepakbola untuk menerapkan perubahan sosial di 61 negara.

Pendiri One World Futbol Tim Jahnigen, yang juga seorang penulis lirik ulung, terinspirasi untuk memulai proyek tersebut setelah menyaksikan tayangan CNN mengenai anak-anak di Darfur yang bermain sepakbola dengan bola sampah yang diikat tali. Jahnigen memutuskan untuk membuat sebuah bola yang akan terasa seperti bola kaki sebenarnya tetapi tidak mudah rusak oleh kondisi keras yang sering dihadapi pemain sepakbola di beberapa penjuru dunia.

One World Futbol Project dan bola kaki tersebut terinspirasi oleh lagu yang dibawakan Sting dengan judul “One World (Not Three).” Proses pembuatan bola kaki tersebut membutuhkan waktu 11 bulan pengujian prototipe dan lapangan di Afrika, Haiti, Irak dan tempat lainnya. One World Futbol Project bekerjasama dengan organisasi dan perusahaan di seluruh dunia yang membeli, menjadi sponsor dan/atau mendistribusikan bola kaki One World Futbol yang dapat mendukung permainan yang berkesinambungan.

Sebuah bola kaki One World Futbol dapat bertahan lebih lama dari ratusan bola biasa, memperpanjang waktu untuk bermain dalam lingkungan apapun. Bola kaki tersebut tidak membutuhkan pompa dan tidak akan bocor, sekalipun terkena beberapa kali tusukan. Produk bola kaki dari One World Futbol dapat bertahan selama beberapa tahun penggunaan di semua jenis medan seperti beton, aspal, lumpur, lapangan berbatu atau rumput dan kondisi keras yang lain tanpa mengempis.

Sementara itu, bola tersebut telah dirancang untuk memiliki ukuran, berat dan karakteristik melambung yang sama seperti bola kaki tradisional. Bahan yang digunakan untuk membuat bola kaki tersebut adalah bahan yang lembam (tidak beracun, tidak pudar) dan sangat kuat.

Silahkan kunjungi www.ChevroletFC.com untuk mempelajari tentang komitmen Chevrolet terhadap One World Futbol.

Please follow and like us:

Leave a Reply