Rally Jerman: Rifat Posisi 2 Rally Class

26 Agustus 2012. Hari ke 2 (25/8) ADAC Rallye Deutchland merupakan hari terpanjang dalam pertarungan di WRC putaran 9 ini. Para peserta harus melewati jarak tempuh 566,89 kilometer dan 6 Special stage , di daerah Stein and Wein, Peterberg, dan Arena Panzerplatte.

Arena Panzerplatte merupakan lintasan asphal kombinasi antara main road dan jalan kecil yang “bumpy” dengan pinggiran banyak beton2 besar tempat parkir dan stop tank. Banyak perempatan dan crest sepanjang 46,54 kilometer – yang merupakan SS terpanjang di event ini.

Sedangkan daerah Peterberg jalannya kecil tetapi merupakan lintasan cepat karena mengikuti main road sejak start hingga finish sejauh 10 km, tetapi hanya selebar 1,5 badan kendaraan.

Didaerah Stein & Wein yang merupakan Special Stage yang penuh dengan kejutan dengan jarak tempuh 26,54 km, melintasi areal perkebunan anggur yang sempit dan areal terbuka yang lurus. Hujan mengguyur sebelum dimulainya SS pertama dihari kedua tersebut mengakibatkan para pereli harus lebih hati-hati .

Dilintasan kecil dan sangat licin ini, Rifat sempat “slip” dan menabrak trotoar di U-turn dan menyebabkan ban kanan belakang pecah dan banyak kehilangan waktu untuk mengganti ban karena tidak mengambil resiko meneruskan perjalanan dengan ban kempes yang masih 15 km. “Ini Rally dahsyat-seru-tegang dan penuh tantangan,” seru Rifat.

“Power mobil dan strategi pemilihan ban yang jitu adalah “kunci “ dalam catatan waktu. Power mobil kami tidak maximal dan ban yang disediakan oleh team tidak “ngegrip” dilintasan aspal ini. Saya dan Scott (navigator) sepakat untuk bertarung dengan kondisi ini dengan maximal dan focus pada kejuaraan digroup Rally Class,” ujaar`Rifat yang juga didukung oleh Tag Heuer, Bullocks tools dan DC Shoes.

“Mesin mobil masih overheating, untuk mengatasinya, kami menyalakan heater selama berada di special stage. Ini dilakukan, karena heater dapat menarik udara panas dari mesin ke dalam kabin, jadi dapat membantu mengatasi overheating,” ujar Scott Beckwith

Diakhir lomba hari ke 2 kemarin (25/8) pasangan Rifat Sungkar / Scott Beckwith dapat menduduki posisi 2 Rally Class dengan catatan waktu 3’35”00.8 terpaut 3 menit 31 detik dari posisi 2 R.Trivino dengan waktu 3’31’31.6

Fastron World Rally Team akan melanjutkan pertandingan hari Minggu ini yang menyisakan 3 SS ( trayek khusus) didaerah Dhrontal sejauh 30,76 kilometer dan diakhiri dengan Super SS Circus Maxima, power stage yang akan berlangsung di tengah-tengah kota Trier, Jerman pada jam 13.21 waktu setempat ( 18.21 WIB).

Perally Indonesia yang juga bertarung di Rally Deutchland ini – Subhan Aksa untuk sementara berada di posisi 6 group PWRC dengan catatan waktu 3:39:21.9 . Subhan Aksa yang telah menempati posisi 3 PWRC melakukan kesalahan diakhir SS 9 dimana perally Bosowa tersebut langsung menuju ke Service Park tanpa melalui regrouping. Atas kesalahannya, Subhan terkena saksi / penalty dan posisinya melorot ke posisi 6.

One thought on “Rally Jerman: Rifat Posisi 2 Rally Class

  1. Mantep bgt nich Mas Rifat SEeain Ganteng Jago Balapan Pula, Terus di tingkatkan Yach, buat harum nama indonesia dgn prestasimu…

Leave a Reply