Rally Jerman: Overheating Mesin Sempat Menggangu Rifat

25 Agustus 2012. Fastron World Rally Team telah menyelesaikan hari pertama ADAC Rallye Deutschland. Walaupun sempat terkendala overheating pada mesin dan membuat mobil kehilangan tenaga, Rifat Sungkar dan Scott Beckwith tetap mampu finish dengan catatan waktu yang tidak mengecewakan.

Setelah berhasil finish di SS1 MIttelmosel 1 dengan mencatat waktu 17 menit 51,7 detik dan 17 menit 28 detik di SS2 Moselland 1, Fastron World Rally Team tidak dapat meneruskan pertandingan di SS3 Grafschaft 1 karena kendaraan dari pereli Martin Prokop terbakar di lintasan. Martin Prokop beserta co-drivernya, Zdenek Hruza, berhasil keluar dari mobil dan selamat tanpa terluka. Setelah sempat dihentikan, akhirnya pihak panitia memutuskan untuk membatalkan SS3.

“Di SS1 dan SS2, saya masih beradaptasi dengan mobil karena belum ada kesempatan sebelumnya terkait diberhentikannya sesi shakedown. Dari mulai SS1, sebenarnya mesin mobil sudah mengalami overheating. Hal ini disebabkan setingan fan yang tidak sesuai, akibatnya mobil menjadi kehilangan tenaga. Tetapi setelah masalah ini dapat diperbaiki oleh tim mekanik di Service Park, saya merasa optimis dapat mempertajam dan memperbaiki performa saya,” ujar Rifat Sungkar.

Di paruh akhir hari pertama Rallye Deutschland, Fastron World Rally Team melanjutkan pertarungannya di SS4, 5 dan 6, di mana Rifat dan Scott kembali melewati lintasan di Mittelmosel, Moselland, dan Grafschaft, namun dari arah yang berlawanan. Rifat dan Scott berhasil mempertajam performanya dan menyelesaikan SS4 dengan mencatat waktu 17 menit 23,1 detik, dan 16 menit 58,3 detik di SS5.

“Pace di SS4 dan SS5 berjalan dengan baik. Tidak ada masalah pada mesin, dan kami dapat meningkatkan catatan waktu dari paruh awal,” tambah Scott Beckwith, selaku navigator dan co-driver untuk Fastron World Rally Team.

Selanjutnya di SS6 Grafschaft 2, lintasannya terbagi menjadi sedikit lintasan di area perkebunan anggur yang sempit dan tajam, serta lebih banyak lintasan lurus di area terbuka. Di lintasan yang cepat dan berjarak tempuh 21,23 km ini, Rifat Sungkar bersama Scott Beckwith berhasil finish dengan mencatat waktu 14 menit 36,3 detik.

“Meskipun sempat terganggu masalah overheating, SS3 yang dibatalkan, dan salah belok di SS4, namun kami berhasil mencatat waktu yang cukup baik di paruh akhir hari pertama ini,” ujar Rifat Sungkar. “Besok kita akan bertanding di lintasan-lintasan yang sulit, dengan karakter lintasan yang berbeda. Saya harap pertandingan besok akan berjalan dengan baik,” tambah Rifat.

Fastron World Rally Team akan melanjutkan pertarungannya di hari kedua ADAC Rallye Deutschland di 6 SS, di daerah Stein and Wein, Peterberg, dan Arena Panzerplatte dengan total jarak tempuh sejauh 566,89 km.

Di kelas Manufaktur, hari pertama Rallye Deutschland diakhiri dengan Sebastien Loeb yang tak tergoyahkan di peringkat pertama, diikuti oleh Petter Solberg di peringkat kedua dengan selisih 20,4 detik, dan Jari-Matti Latvala di peringkat ketiga dengan selisih 29,4 detik.

Leave a Reply