Tahun 2012, Tahun Kebangkitan Suzuki 4W

7 Agustus 2012. Suasana akrab mewarnai acara buka puasa bersama pimpinan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan kalangan media di Warung Daun, Jl. Wolter Monginsidi Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada hari Senin kemarin (6/8/12). Acara tersebut mengusung tema “Break Fasting with Suzuki 2012” dengan maksud guna menjalin dan mempererat silaturahim, serta meningkatkan hubungan yang telah terjalin selama ini.

Hadir dalam acara tersebut Akira Utsumi sebagai Presiden Direktur PT SIS, Endro Nugroho sebagai Direktur Marketing R4 PT SIS, dan Davy Tuilan sebagai Direktur Penjualan R4 PT SIS. Sedangkan dari kalangan media, yang hadir terlihat dari berbagai jenis media, antara lain kalangan media cetak, eletronik, maupun media online.

Akira Utsumi, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Seperti pertemuan sebelumnya, dari pengalaman SL.com pada acara pembukaan Main Dealer Suzuki-Citra Asri Buana Ciputat (artikel ini), dimana management PT selalau SIS memberikan kesempatan kepada media untuk terlibat dalam acara tanya-jawab dengan suasana yang akrab. Tak segan-segan Akira Utsumi meminta para awak media untuk lebih mendekat maju kedepan, bahkan SL.com pun beruntung duduk disamping bos nomor satu Suzuki ini.

Dalam acara tanya jawab atau talk show, PT SIS membuka kesempatan kepada awak media untuk bertanya. Yups, yang pertama membuat penasaran SL.com adalah soal produk baru PT SIS yang bakal hadir di ajang IIMS 2012 pada tanggal 20-30 September 2012 mendatang. Tentunya PT SIS sudah memiliki dan menyiapkan produk andalan terbaru untuk diperkenalkan di pameran tahunan tersebut.

Akira Utsumi (tengah) Presiden Direktur PT SIS, didampingi oleh Endro Nugroho (kiri) Direktur Marketing R4 PT SIS, dan Davy Tuilan (kanan) Direktur Penjualan R4 PT SIS

“Ya.. kami akan memiliki dua produk baru di pameran IIMS 2012 mendatang, yaitu satu kendaraan commercial (niaga) dan yang satu lagi adalah mobil passenger (penumpang),” ujar Endro Nugroho menjawab pertanyaan pertama dari SL.com. Namun, Endro tidak mau memperinci lebih detail tentang 2 jenis mobil terbaru tersebut. “Jadi tunggu saja pada IIMS 2012,” tambahnya.

Berkah Suzuki Ertiga

Dari siaran pers dari Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagaimana sudah dimuat di artikel ini, bahwa total Penjualan Suzuki (whole sales) berhasil menembus angka tertinggi pada periode Juli 2012, yaitu angka 13.233 unit, dibandingkan bulan Juni sebesar 11.389 unit atau meningkat 116% dan 143% dibandingkan dengan periode bulan yang sama di tahun 2011 lalu.

Singkat kata, tahun 2012 ini bisa disebut sebagai Tahun Kebangkitan Suzuki yang menempatkan Suzuki kembali ke posisi 3 penjualan terbanyak di Indonesia, setelah sebelumnya berada di posisi 4 sejak tahun 2008 yang lalu. Kontribusi penjualan terbesar disumbang oleh model Carry Futura 1.5 baik komersil dan penumpang sebesar 4.332 unit atau 32.7%.

Posisi berikutnya ditempati oleh Suzuki Ertiga sebesar 4.195 unit atau 31.7% dari total penjualan, lalu disusul oleh APV baik penumpang maupun komersil (Mega Carry) sebanyak 3.127 unit atau 23.6%, dan sisanya diikuti oleh produk merek Suzuki yang lainnya, seperti Splash, SX4, Swift, Estilo, dan Grand Vitara sekitar 12% dari total penjualan.

Davy Tuilan menjelaskan panjang lebar soal persaingan penjualan kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV) yang kini semakin panas, dimana tahun 2012 ini Suzuki sudah memiliki Ertiga yang diluncurkan tanggal 22 April 2012 yang lalu, dan faktanya kendaraan ini bisa diterima oleh pasar otomotif nasional secara luas, yang juga berhasil merebut pasar dari merek lain.

“Asal tahu saja bahwa konsumen kendaraan Ertiga lebih banyak datang dari pelanggan merek lain. Kami sudah survei dari pembeli Ertiga, ternyata yang menarik disini adalah 65 persen dari pembeli Ertiga adalah mereka yang biasa membeli merek-merek yang lain,” kata Davy.

“Yang lebih menarik lagi di luar Jabodetabek, karena pasar Suzuki di luar Jabodetabek memang cukup besar. Komposisinya sampai 80-20. Sekitar 80% ternyata adalah pembeli baru. Ada blessing (berkah) atau efek positifnya, karena mereka yang tadinya tidak tahu merek Suzuki kini jadi tahu, ini berkat kehadiran Ertiga. Akibatnya, mereka semakin tahu ada produk Karimun, Splash, APV dan yang lainnya. Jadi order di luar merek Ertiga ini juga ikut meningkat,” tambahnya.

Lebih lanjut Davy menjelaskan jika pada saat ini permintaan Suzuki Ertiga terus meningkat. Bahkan Suzuki sampai harus meningkatkan kapasitas produksi mereka dari 4.500-5.000 unit per bulan menjadi 8.000 unit yang ditargetkan akan bisa dilaksanakan di awal tahun depan. Tak hanya meningkatkan kapasitas produksi, tetapi juga sudah membeli lahan baru untuk pabrik barunya di kawasan Cikarang.

Apa yang menarik dari Suzuki Ertiga? Simak lebih lanjut artikel sebelumnya, yakni acara Launching Suzuki Ertiga dan Spesifikasi Teknis Suzuki Ertiga. Usai acara buka puasa dan makan malam tersebut, maka acara akhirnya ditutup dengan door prize dan pemenang dress ramadhan yang terbaik. Selamat kepada para pemenang door-prize dan dress ramadhan terbaik.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply