All New Ranger: Gabungan Ketangguhan dan Teknologi Pick Up

4 Agustus 2012. Peluncuran All-New Ranger di Segara Ancol, Jakarta hari Kamis malam, 2 Agustus 2012, dijelaskan oleh Bagus Susanto selaku Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI), bahwa mobil ini memiliki banyak keunggulan. Antara lain menggabungkan ketangguhan dan kemampuan truk pickup dengan teknologi pintar, keamanan yang luar biasa, penghematan bahan bakar yang superior serta standar kualitas dan kenyamanan yang tinggi. 

All-New Ford Ranger dirancang untuk mendefinisikan ulang segmen truk pickup di Indonesia. Selain itu, ada beberapa point keunggulan All-New Ranger yang dapat diuraikan, yaitu:

Dikembangkan untuk dunia

Dirancang dan dikembangkan oleh tim global yang berpusat di Australia, platform Ranger baru memanfaatkan aset global Ford, terutama mesin kuat yang terbukti dalam penggunaannya pada kendaraan komersial yang tangguh dan transmisi enam kecepatan yang hemat bahan bakar. Tim desain dan pengembangan produk juga memiliki akses penuh ke kemampuan, fasilitas pengujian dan pemahaman global mengenai truk pickup di seluruh organisasi Ford.

Kolaborasi ini merupakan faktor yang sangat penting dalam pengembangan All-New Ranger. Baik mesin, gearbox, rangka, suspensi, sistem kemudi, rem, sasis, plat logam eksterior, dan interior kendaraan, semuanya baru. Daftar ini berlanjut dengan fitur terbaru untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Menggunakan teknologi komputer terbaru, tim pengembangan produk melakukan sekitar 30.000 uji komputer di areakeselamatan, daya tahan, ergonomi, dinamika dan aerodinamika kendaraan selama fase virtualnya. Dari jumlah tersebut, 7.500 penilaian virtual dilakukan pada body bagian bawah untuk memastikan dasar yang kuat dan lebih dari 10.000 penilaian virtual pada body bagian atas untuk menyelaraskan syarat bagi fungsi dan gayanya.

Setelah bentuk prototipe Ranger siap, mereka diuji secara ekstensif di 15 negara di seluruh dunia untuk menghasilkan kendaraan yang tangguh dalam menghadapi medan yang sulit di Outback Australia, memberikan keyakinan saat dipacu pada kecepatan tinggi di autobahn Jerman dan dapat diandalkan ketika digunakan selama berjam-jam yang tak habis-habisnya di Pampa Argentina.

Diuji di tempat-tempat seperti Australia, Dubai, Thailand, Amerika Utara, Brasil, Swedia dan Afrika Selatan, Ranger menghadapi cuaca panas dan dingin yang dahsyat, musim hujan, dataran tinggi serta sungai deras, padang pasir gersang serta jalan berlubang. Prototipe tersebut mencatatkan lebih dari satu juta kilometer di jalan, ditambah jam yang tak terhitung dalam pengujian mendalam di laboratorium yang mutakhir.

Gaya “21st Century Tough”

Memancarkan kekuatan dan keyakinan dalam gaya yang disebut para desainer sebagai “21st Century Tough”, Ranger yang ramping namun kekar menampilkan overhang pendek dengan kisi-kisi tiga palang di bagian depan, ciri khas rancangan truk global Ford.

Kaca depan dimiringkan ke belakang untuk menghasilkan siluet yang lebih sporty dan lebih dinamis, sementara bentuk kotak tradisional truk telah dipahat kembali untuk menghasilkan kendaraan yang tampil lebih modern dan aerodinamis. Lampu depan, kaca spion dan bibir roda yang lebih besar memberi tampilan terintegrasi di semua varian sekaligus memberi kontribusi atas kuda-kuda yang agresif dan sporty.

Para desainer juga menaikkan beltline secara signifikan, bersama dengan rel pada bak muatan, menghasilkan keberadaan Ranger yang substantif di jalan sekaligus meningkatkan fungsionalitas kendaraan dengan bak muatan yang lebih dalam. Volume bak Double Cab termasuk yang terbesar dengan 1,21 meter kubik.

Dengan panjang 5.274 milimeter dan lebar 1.850 milimeter, tampilan All-New Ranger lebih besar daripada generasi sebelumnya. Ranger tetap mudah bermanuver di jalan perkotaan yang sempit dan pada saat parkir berkat sistem kemudi responsif yang tidak memerlukan lebih dari 3,5 putaran roda dari satu sisi ke sisi lain.

Interior pintar dan nyaman

All-new Ranger menawarkan tampilan dan rasa kontemporer dengan fitur dan kenyamanan yang biasanya ditemukan pada mobil penumpang. Permukaan interior baru yang berani mendapatkan sentuhan akhir berupa bahan yang akan tahan terhadap tuntutan kerja berat sekaligus memberikan tampilan berkualitas tahan lama.

Pilar B pada Ranger Double Cab juga telah dimajukan, menghasilkan ruang kaki dan lutut di kursi belakang yang terlapang di kelasnya. Tiga penumpang dewasa dapat masuk dengan mudah ke baris kedua Double Cab, sementara dua orang dengan tinggi enam kaki dapat duduk dengan nyaman dalam satu deret depan belakang.

Dengan memaksimalkan penggunaan interior yang luas, Ranger menyajikan lebih dari 20 tempat penyimpanan di dalam kabin – lebih banyak tempat penyimpanan praktis daripada pesaingnya.

Kotak sarung tangan cukup besar untuk menyimpan laptop 16 inci, sementara poket di pintu dapat dengan pas menyimpan botol air berukuran 1,5 liter. Tempat penyimpanan yang cukup untuk telepon seluler dan barang kecil lain dapat ditemukan dalam konsol dan di tempat-tempat yang mudah dijangkau pengendara. Di bawah tempat duduk belakang, area penyimpanan tersembunyi yang nyaman untuk peralatan dapat diakses dengan mudah.

Siap menjadi pemimpin di segmen pickup compact , All-New Ranger dilengkapi dengan teknologi pintar yang menjadikan pickup ini lebih mudah, lebih aman dan lebih menyenangkan untuk dikendarai. 2.2L Ranger XLT hadir dengan integrasi Bluetooth®1, USB dan iPod®2, juga voice control untuk radio, CD, iPod, USB, dan telepon seluler.

“Fitur yang pertama di kelasnya ini membuktikan bahwa Ford berpikir kedepan dalam memiliki teknologi terbaru dan fitur cerdas,” kata Bagus Susanto.

Tenaga lebih besar sekaligus lebih hemat bahan bakar

Powertrain all-new Ford Ranger diciptakan untuk memberi kombinasi tenaga dan torsi sekaligus penghematan bahan bakar yang luar biasa kepada konsumen.

Kinerja konsumsi bahan bakar yang luar biasa ini menjadikan model all-new Ranger – yang dipasangi tangki bahan bakar berkapasitas 80 liter – jarak tempuh potensial lebih dari 1.000 km dengan hanya menggunakan satu tangki bahan bakar diesel. Semua mesin juga telah dikalibrasi untuk memenuhi standar emisi tertinggi di berbagai pasar yang berbeda.

Untuk pertama kalinya, Ranger Duratorq 2.2L VG Turbo 4×4 XLT akan tersedia dalam transmisi enam kecepatan untuk memberikan pengurangan rpm mesin dan memperluas jangkauan perjalanan di jalan raya atau di lalu lintas kota.

“Rangkaian mesin baru kami mencerminkan komitmen kami dalam menjadikan Ranger pilihan tepat bagi konsumen pickup saat ini,” kata Bagus. “Kami tahu mereka menginginkan tenaga dan torsi yang lebih besar, dan kami memberikan semuanya – sekaligus peningkatan penghematan bahan bakar dan penurunan emisi.”

Kemampuan yang mengesankan

All-new Ranger dirancang dan diuji untuk memastikan kendaraan tersebut dapat menghadapi tantangan paling berat sekali pun. Kemampuannya dalam memuat, melintas air, dan mendaki sangat mengagumkan.

Bahkan, kemampuan Ranger dalam melintasi air termasuk yang terbaik di segmennya – dengan kemampuan menyeberangi air sampai sedalam 800 milimeter, bahkan dengan muatan penuh. Ranger juga memiliki kapasitas muatan yang luar biasa, hingga lebih dari 1.400 kilogram serta ground clearance sampai 237 milimeter yang menakjubkan.

Tingkat baru dalam kualitas berkendara dan kendali sasis

Tingkat ketelitian yang sama membuat Ranger menonjol dan membedakannya dari pesaing dengan sasis seluruhnya baru yang memberikan lebih banyak kemampuan dan kesenyapan seperti pada mobil penumpang, pengurangan upaya dalam penggunaan kemudi, penanganan yang lebih presisi serta peningkatan kestabilan on-road jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Di bagian depan, secara keseluruhan dilengkapi suspensi baru. Suspensi coil-over-strut baru memampukan penyesuaian rancangan wishbone atas dan bawah yang lebih baik. Pengaturan suspensi, walaupun sama dengan model berpenggerak dua dan empat roda, memiliki kemampuan unik dan telah disesuaikan dengan katup peredam dan tingkat daya pegas pada semua model untuk memberi kompensasi pada berat, pusat gravitasi, torsi mesin dan distribusi penggerak.

Dengan memberikan kendali kemudi yang lebih presisi kepada pengendara, sistem kemudi rack-and-pinion baru Ranger telah disesuaikan secara saksama untuk berkendara on-road yang responsif dan kemampuan manuver pada kecepatan rendah.

All-New Ranger memiliki kesenyapan kabin yang andal, atribut yang tidak sering diasosiasikan dengan truk pickup. Mulai dari sekat yang lebih baik dan pintu yang lebih kaku sampai penggunaan bahan peredam suara pada pintu, atap dan bodi, All-New Ranger memperkenalkan penyempurnaan tingkat tinggi pada kebisingan, getaran dan kekasaran (noise, vibration and harshness/NVH).

Info lengkap tentang review, ulasan, maupun pengalaman SL.com dalam ajang test-drive All New Ranger dapat disimak melalui beberapa artikel dan photo, maupun video yang tersedia di halaman Ford. Harga All-New Ranger yang berlaku mulai 2 Agustus 2012 adalah sebagai berikut:

• 2.2L 4×4 BASE Mid-Power MT single cab Rp. 254,000,000
• 2.2L 4×4 XL Mid-Power MT RAS cab Rp. 264,000,000
• 2.2L 4×4 BASE Mid-Power MT double cab Rp. 309,500,000
• 2.2L 4×4 XLS Hi-Power MT double cab Rp. 330,500,000
• 2.2L 4×4 XLT Hi-Power MT double cab Rp. 353,500,000

Please follow and like us:

Leave a Reply