GM Raih Laba Bersih Kuartal Kedua sebesar US$1,5 Miliar

3 Agustus 2012. Siaran pers General Motors Co. (NYSE:GM) pada hari ini menyebutkan laba bersih untuk kuartal kedua tahun 2012 yang ditujukan bagi pemegang saham umum sebesar US$1,5 miliar atau US$0,90 per saham dilusian penuh. Pada kuartal kedua tahun 2011, laba bersih GM (General Motor) yang ditujukan bagi pemegang saham umum mencapai US$2,5 milliar, atau US$1,54 per saham dilusian penuh.

Pendapatan bersih pada kuartal kedua tahun 2012 mencapai US$37,6 miliar dibanding US$39,4 miliar pada kuartal kedua tahun 2011. Hampir seluruh penurunan ini disebabkan oleh penguatan mata uang Dollar AS terhadap mata uang utama lainnya. Laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) yang telah disesuaikan mencapai US$2,1 miliar dibandingkan US$3,0 miliar pada kuartal kedua 2011. Total biaya restrukturisasi termasuk dalam EBIT yang telah disesuaikan untuk kuartal kedua tahun 2012 mencapai US$0,1 miliar.

“Beragam usaha kami di Amerika Utara, Operasi Internasional dan GM Financial menunjukkan hasil yang kuat tetapi jelas kami harus bekerja lebih keras lagi untuk mengimbangi tantangan yang ada, terutama di wilayah seperti Eropa dan Amerika Selatan,” ujar GM chairman dan CEO Dan Akerson. ” Meskipun lingkungan yang menantang, GM kini telah meraih profitabilitas untuk 10 kuartal secara berturut-turut yang merupakan tonggak sejarah bagi perusahaan yang belum pernah dicapai selama lebih dari satu dekade terakhir.”

Ikhtisar Hasil Usaha GM (dalam hitungan miliar kecuali per jumlah saham)

Kuartal 2 2012 Kuartal 2 2011
Pendapatan $37,6 $39,4
Laba bersih ditujukan bagi pemegang saham umum $1,5 $2,5
Laba  per saham (EPS) dilusian penuh $0,90 $1,54
Dampak dari item khusus kepada EPS dilusian penuh
Penyesuaian EBIT $2,1 $3,0
Aliran dana bersih otomotif dari kegiatan operasional $3,8 $5,0
Aliran dana bebas otomotif $1,7 $3,8

Hasil Segmen

• GM Amerika Utara (GMNA) melaporkan Laba sebelum bunga dan pajak yang disesuaikan (EBIT) sebesar US$2,0 miliar, dibandingkan US$2,2 miliar pada kuartal kedua tahun 2011.
• GM Eropa (GME) melaporkan kerugian EBIT yang disesuaikan sebesar US$0,4 miliar, dibandingkan EBIT yang disesuaikan US$0,1 miliar pada kuartal kedua tahun 2011.
• GM International Operations (GMIO) melaporkan EBIT yang disesuaikan sebesar US$0,6 miliar, hasil yang sama dibandingkan kuartal kedua 2011.
• GM Amerika Selatan (GMSA) melaporkan EBIT yang disesuaikan dengan hasil impas, dibandingkan EBIT yang disesuaikan US$0,1 miliar pada kuartal kedua tahun 2011. Pendapatan pada kuartal kedua sudah termasuk biaya restrukturisasi sebesar US$0,1 miliar
• Laba GM Financial sebelum pajak mencapai US$0,2 miliar untuk kuartal kedua tahun 2012, dibandingkan US$0,1 miliar tahun sebelumnya.
• Dalam segmen korporat, GM melaporkan EBIT yang disesuaikan sebesar US$0,2 miliar, dimana sejumlah US$0,1 miliar diperuntukkan untuk penyesuaian kerugian non-cash pertukaran mata uang asing.

Aliran Dana dan Likuiditas

Untuk kuartal tersebut, aliran dana otomotif dari aktivitas operasional mencapai US$3,8 miliar dan aliran dana bebas otomotif mencapai US$1,7 miliar. GM mengakhiri kuartal kedua dengan total likuiditas otomotif yang sangat kuat sebesar US$38,5 miliar. Kas otomotif dan surat berharga yang dipasarkan mencapai US$32,6 miliar dibandingkan dengan US$31,5 miliar pada akhir kuartal pertama tahun 2012.

Pada akhir kuartal pertama, GM mengindikasikan bahwa hasil-hasil yang diraih oleh GM Amerika Utara (GMNA) untuk kuartal kedua dan ketiga tahun 2012 diharapkan dapat dibandingkan dengan kuartal pertama. Hasil-hasil kuartal kedua lebih kuat sebagian disebabkan waktu spending yang ditangguhkan dalam kuartal ketiga. GM terus berharap bahwa rata-rata laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) yang telah disesuaikan pada kuartal kedua dan ketiga GMNA dapat dibandingkan dengan hasil-hasil kuartal pertama.

“Kami sedang melaksanakan rencana produk yang agresif di seluruh dunia, dan pada saat yang sama bekerja secara sistematis menyederhanakan bisnis dan benar-benar memanfaatkan skala yang ada untuk menumbuhkan margin,” kata Dan Ammann, senior vice president dan CFO.

Tentang General Motors (GM)

General Motors (NYSE:GM, TSX: GMM) dan mitra strategisnya memproduksi mobil dan truk di 30 negara, dan perusahaan tersebut menduduki posisi atas di pasar otomotif terbesar dan yang sedang tumbuh pesat di dunia. Merek-merek dibawah GM adalah Chevrolet dan Cadillac, serta Baojun, Buick, GMC, Holden, Isuzu, Daewoo, Jiefang, Opel, Vauxhall and Wuling. Informasi lebih lanjut tentang General Motors dan anak usahanya, termasuk informasi mengenai pelayanan OnStar, pelayanan terkemuka dalam keselamatan dan keamanan kendaraan, serta informasi pelayanan, dapat ditemukan di www.gm.com

Please follow and like us:

Leave a Reply