Michelin Melebarkan Jaringan Penjualan di Indonesia

2 Agustus 2012. Agen Pemegang Merek (APM) ban Michelin tak ketinggalan mengundang sejumlah awak media dalam acara Ramah Tamah dan Buka Puasa Bersama di Restaurant Tesate Pacific Place, SCB Jakarta hari Kamis malam (2/8/12). Terungkap bahwa ban Michelin terus melebarkan jaringan dealer atau distributor dengan target 25 partner usaha di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2012 ini. Salah satunya seperti yang sudah dipaparkan dalam artikel ini.

Sambil menunggu jam buka puasa, sebenarnya obrolan santai sudah dimulai oleh Jean-Pierre Kopp, Presiden Direktur Michelin Indonesia dan Nora GUITET, Public Affairs and Communication PT Michelin Indonesia yang sudah hadir lebih dulu untuk menyabut setiap tamu undangan.

Jean-Pierre Kopp, Presiden Direktur Michelin Indonesia memberikan kata sambutan selamat datang kepada awak media Restaurant Tesate Pacific Place, SCB Jakarta hari Kamis malam (2/8/12)

“Di Indonesia, awalnya produk Michelin mulai hadir melalui Michelin Asia Representative Office. Hanya saja, fungsinya sebagai kantor pengamat bagi produk-produk Michelin di Indonesia. Pada saat itu, importasi dilakukan oleh partner individual lokal,” Kopp dalam kata sambutannya.

“Sampai saat ini, Michelin Asia sebagai kantor perwakilan masih berdiri dan berkonsentrasi pada segmen earthmover dan bekerjasama dalam mendukung marketing aktivitas rekan bisnis kami, yakni PT Chitra Paratama yang bergerak untuk suply mining tyres,” tambah Nora yang duduk disebelah Kopp.

“Kemudian Michelin Group mendirikan entitas perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) di Indonesia melalui PT Michelin Indonesia (PT MI) yang diresmikan bulan April 2011 yang sifatnya yang melakukan importasi langsung dan menyalurkan ban kepada jaringan dealernya di seluruh Indonesia,” papar Nora.

“Kini, PT MI sudah berhasil mengembangkan 22 dealer ban Michelin di 17 propinsi di Indonesia dengan produk-produknya, antara lain passenger cars, light trucks, trucks and bus, dan juga motorcycle tyres,” ungkap Nora lagi.

Kopp memberikan penjelasan soal Michelin yang sebenarnnya salah satu produsen ban asal Perancis yang terbesar di dunia. Kata Michelin harus diucapkan dengan kata Michelang untuk sebutan dalam bahasa Perancis.

“Perusahaan ini punya dedikasi untuk memperbaiki mobilitas secara terus menerus terhadap barang maupun manusia dengan membuat kegiatan bekendara lebih aman (safety), kinerja yang seimbang (balance of performance) dan juga ekonomis (saving) yang lebih memperhatikan manusia dan lingkungan. Michelin bringing an innovations and also a differential market with a technology,” kata Kopp.

PT Michelin Indonesia berharap produk Michelin bisa masuk 5 besar market share ban untuk passenger car. Produk ban untuk passenger car bervariasi mulai ring ukuran 13 hingga 22 dengan harga mulai dari 600 ribuan sampai 7 jutaan . Sedangkan produk untuk bus dan truk berukuran mulai dari 15 hingga 24. Adapun produk ban terbaru yang akan dirilis Michelin pada tahun 2012 ini adalah Energy XM2 untuk ukuran 13 inch.

“Sebagai bentuk kontribusi Michelin kepada Indonesia, saat ini hampir 30% bahan baku ban Michelin Global dipasok dari karet produksi Indonesia. Jumlah tersebut, hampir setara dengan 10% dari produksi Karet Indonesia. Hanya saja 90% produk ban Michelin untuk penjualan di Indonesia berasal dari pabrik Michelin di Thailand,” papar Nora.

Sebagai penutup, PT Michelin Indonesia menyampaikan acara bagi para pemudik atau mereka yang ingin keluar kota dengan mobil, yaitu sosialisasi tentang pengeceka ban, pesan keselamatan selama perjalanan keluar kota, dan sebagainya yang akan digelar di kawasn Senayan pada tangga 13-14 Agustus 2012 mendatang. Tunggu pengumuman selanjutnya.

Leave a Reply