Pebalap Supercar Gunakan Pertamax Racing Ron 100

20 Juli 2012. Ada yang menarik ketika hadir di balapan Indonesia Series of Motorsport (ISOM 2012 Seri-3) khususnya ketika melihat kesibukan di garasi FORZA GT3 hari Minggu, 15 Juli 2012 yang lalu, yaitu melihat bahan bakar khusus beroktan RON 100. Oops.. ternyata deretan mobil supercar Ferrari, Lamborghini, dan Porche terbukti menggunakan Pertamax Racing Ron 100 buatan Pertamina.

Bahan Bakar Khusus (BBK) Pertamax Racing Ron 100 memang khusus dan cocok dipakai dalam ajang balapan. Pertama kali diperkenalkan kepada para pebalap melalui ajang balapan Mercedes-Benz C-Class Touring Championship (CCTC) hari Minggu, 5 Desember 201o silam (artikel ini). Sejak itu, BBK ini terlihat eksis dan selalu dipakai para pebalap lokal yang ingin meraih prestasi terbaiknya. Jadi, tak heran jika Pertamax Racing Ron 100 ini dipakai juga oleh pebalap supercar.

Sejauh ini BBK Pertamax Racing Ron 100 ditawarkan dalam bentuk drum berukuran 20 liter dengan harga antara Rp 50 ribu – 60 ribu per liter. Pertamax Racing ini sudah mengacu pada standar bahan bakar internasional untuk balapan,” tegasnya. Bahkan Mochamad Harun, Vice President Corporate Communication Pertamina berani menjamin kualitas Pertamax Racing sesuai dengan standarisasi internasional.

Selain pebalap supercar, sebenarnya Pertamax Racing Ron 100 ini juga dipakai oleh pebalap rally Rifat Sungkar, pebalap touring car Alvin Bahar, pebalap road race Ahmad Jayadi, Dwi Satria, dan Rafid Topan yang mengaku mengaku puas dengan peningkatan performa pada kendaraan masing-masing. Rifat pernah bercerita, bahwa ia sebelumnya pakai Pertamax Plus, tapi ketika mencoba Pertamax Racing makan tarikan mesin jadi lebih enteng.

Dalam perkembangannya, saat ini PT Pertamina (Persero) terus memperluas pemasaran Pertamax Racing hingga ke Pulau Sumatera untuk memenuhi permintaan bahan bakar balapan (racing fuel) berkualitas yang terus meningkat di wilayah tersebut. Palembang dipilih menjadi pintu pertama pembukaan pasar Pertamax Racing di Sumatera dengan beberapa pertimbangan, seperti frekuensi penyelenggaraan kegiatan balapan dan juga kedekatan dengan sumber pasokan.

“Pendistribusian Pertamax Racing di Palembang akan dilakukan oleh dua agen yang sudah ditunjuk. Kami akan segera memperluas lini distribusinya ke kota-kota besar lainnya di Sumatera, seperti Medan, Pekanbaru, dan Lampung. Sampai akhir tahun ini kami targetkan ada delapan agen dan 14 SPBU COCO yang dapat melayani pembelian Pertamax Racing di Sumatera,” tutur Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Djoko Prasetyo.

Sedangkan di Pulau Jawa sebagai target pasar pertama, BBK dengan RON 100,4 tersebut sudah bisa diperoleh melalui dua agen dan sekitar 53 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum COCO di DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Pertamax Racing diproduksi oleh Refinery Unit III Plaju milik Pertamina sehingga merupakan satu-satunya produk bahan bakar balap yang diproduksi di dalam negeri.  Selain mengacu pada spesifikasi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Pertamax Racing juga sesuai dengan standard internasional, yaitu Federation International Motor (FIM) dan Federation International Automobile (FIA).

Nah, kabar bagusnya kini sudah ada SPBU Pertamina yang menjual Pertamax Racing melalui dispenser, yaitu hanya SPBU Coco Kuningan dan SPBU Coco Pondok Indah. Artinya masyarakat umum kini dengan mudah sudah bisa membeli Pertamax Racing Ron 100.

Tips buat pebalap, agar kendaraan lebih maksimal saat balapan, bila sudah menggunakan Pertamax Racing Ron 100, maka pelumasnya bisa menggunakan Fastron Full Synthetic di ajang balap mobil. Sedangkan khusus balap sepeda motor dapat mengandalkan Enduro 4T Racing dan bagi skutik bisa memilih Enduro Matic.

Leave a Reply