Memahami Teknologi Pintar All-New Ford Focus

16 Juli 2012. Menegaskan kehadiran All New Ford Focus yang diluncurkan pada 27 Maret 2012 yang lalu (artikel ini), pada kesempatan ini SL.com mendapat undangan dari PT Ford Motor Indonesia (FMI) untuk melihat lebih dekat melalui serangkaian presentasi lengkap All-New Ford Focus di Sheraton Krabi Beach Resort Thailand pada hari Senin, 9 Juli 2012. Kehadiran SL.com disana, selain mendengarkan presentasi juga melakukan First Test-Drive bersama 20 orang media asal Indonesia.

Sewaktu SL.com pertama kali melihat All New Ford Focus di Bangkok sempat takjub dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki mobil ini, dan saat berada di kawasan pantai wisata Krabi Thailand membuat SL.com lebih takjub lagi, karena apa yang dipresentasikan benar-benar dipraktekkan. Tampaknya untuk memahami mobil canggih ini, memang perlu waktu. Hal ini sama saja ketika kita ingin membeli prangkat gadget, sudah pasti kita ingin mengetahui lebih dalam fitur-fitur apa yang bisa diaplikasikan.

Singkat cerita All New Ford Focus menampilkan rancangan interior dan eksterior yang lebih dinamis, mengusung teknologi inovatif yang mudah terjangkau (tidak rumit), performa hemat bahan bakar dan fun-to-drive, serta paket keselamatan yang komprehensif. Sederhana tapi padat!

All-new Focus bakal dipasarkan di Indonesia pada tahun 2012 ini, menurut kabar mobil inibakal tampil pada ajang pemaran IIMS 2012 (Indonesia International Motor Show). Hal ini sesuai dengan janji Ford dimana Ford Focus adalah kendaraan berikutnya dari delapan kendaraan yang akan dibawa Ford ke ASEAN sampai pertengahan dasawarsa yang merupakan elemen utama portofolio produk Ford di wilayah ini.

Ford Focus diproduksi di fasilitas produksi baru Ford di Rayong Thailand senilai USD 450 juta yang akan memasok seluruh wilayah ASEAN serta pasar ekspor lain.

“Di setiap pasar dunia tempat Focus bersaing, konsumen mencari rancangan yang ekspresif, inovasi terjangkau, kualitas superior, performa responsif dan penghematan bahan bakar luar biasa,” ujar Peter Fleet, President Ford ASEAN melalui siaran persnya.

“Di ASEAN, all-new Ford Focus menyediakan semua elemen ini dalam satu paket yang luar biasa. Focus baru menaikkan standar di seluruh bidang ini, yang tidak hanya akan memuaskan pelanggan kita yang telah ada tapi juga memperluas daya tarik brand Focus ke seluruh generasi baru konsumen Ford,” tambahnya.

Yups.. All New Ford Focus ini tampil beda melalui rancangannya yang ramping dan sporty, dan sudah tentu mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur dan teknologi pintar yang lebih terjangkau daripada sebelumnya di segmen ini.

Rangkaian produk all-new Focus memperkenalkan empat lini model berpenampilan baru yang terdiri dari model entry-level Ambiente, Mid-Series Trend, Dynamic Sport dan Titanium, High-tech Luxury Sport+ dan Titanium+ (plus). Model Sport dan Sport+ (plus) tersedia dalam gaya bodi lima pintu (hatchback). Sementara itu model Titanium dan Titanium+ (plus) tersedia dalam versi sedan empat pintu (sedan).

Ambiente adalah model dasar bergaya pada rangkaian all-new Ford Focus, sementara itu Focus Trend dengan mudah menggabungkan rancangan bergaya dengan inovasi dan kenyamanan. Karakter dinamis all-new Focus menggabungkan lebih banyak fitur pintar pada Sport dan Titanium, sementara Focus Sport+ dan Titanium+ menawarkan kemewahan kontemporer dan teknologi inovatif terbaru yang mencerminkan all-new Focus ultima.

Teknologi Pintar All-New Ford Focus

Sebagaimana sudah disebutkan diatas bahwa kendaraan All-new Ford Focus dilengkapi dengan serangkaian fitur dan teknologi pintar yang terjangkau daripada sebelumnya di segmen ini. Nah, apa saja teknologi pintarnya?

Yang pertama, memiliki Sistem Ford SYNC®, yang didukung Microsoft, yang bisa membuat pengendara untuk melakukan panggilan telepon atau memutar lagu favoritnya melalui perintah suara. Fitur yang memberikan akses luas ke teknologi konektivitas dalam mobil hands-free yang diaktifkan melalui suara, SYNC merupakan fitur standar mulai dari model Trend.

Kedua, memiliki fitur Active Park Assist, yang membantu pengendara parkir paralel tanpa perlu memegang kemudi, merupakan yang pertama di pasar ASEAN. Fitur ini tersedia sebagai standar pada model Sport+ dan Titanium+.

Ketiga, memiliki teknologi seperti Active City Stop, yang membantu mencegah benturan pada kecepatan rendah, dan Blind Spot Information System, yang memberi tahu pengendara saat mobil lain memasuki zona blind spot, merupakan yang pertama di segmennya. Active City Stop merupakan fitur standar pada model Sport+ dan Titanium+, sementara BLIS tersedia sebagai fitur standar di model Titanium+.

Adapun fitur pintar lain mencakup Smart Keyless Entry dan Ford Power Start yang tersedia pada rangkaian produk Focus pada model Sport dan Titanium.

Tergantung pada modelnya, all-new Focus juga dilengkapi dengan dual-zone electronic air-conditioning, rain-sensing wipers, automatic headlamps, cruise control, powered sunroof dan auto-dimming rear view mirror inovatif yang secara otomatis mendeteksi pantulan lampu depan lalu beralih ke pengaturan yang redup.

All-New Ford Focus Ramah Lingkungan

All-new Focus menyajikan mesin Duratec Ti-VCT GDi 2.0 liter baru yang menggabungkan gasoline direct injection (GDi) bertekanan tinggi dengan twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT) untuk meningkatkan performa dan penghematan bahan bakar.

Menghasilkan tenaga 170 PS dan torsi 202 Nm, mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis Ford PowerShift enam kecepatan terbaru. Transmisi yang canggih ini juga ditawarkan dengan fungsionalitas SelectShift Automatic™, yang memampukan pengendara mengendalikan pemilihan roda gigi secara manual.

Ditawarkan pada model Sport, Sport+, Titanium dan Titanium+, mesin GDi 2.0 liter menghasilkan angka konsumsi bahan bakar combined cycle 14,9 km/L yang mengagumkan.

Powertrain kedua disediakan dalam bentuk mesin Duratec Ti-VCT 1.6 liter yang menghasilkan tenaga 125 PS dan torsi 159 Nm dengan penghematan bahan bakar yang luar biasa. Saat dipasangkan dengan transmisi otomatis PowerShift enam kecepatan, all-new Focus menghasilkan konsumsi bahan bakar combined cycle 15,4 km/L pada model Ambiente dan Trend.

Saat dipasangkan dengan transmisi manual lima kecepatan, mesin 1.6 liter menghasilkan konsumsi bahan bakar combined cycle 16,1 km/L pada model Ambiente.

Sistem Active Grille Shutter menggunakan bukaan yang secara otomatis mengendalikan aliran udara melalui kisi-kisi ke sistem pendinginan dan mesin secara signifikan mengurangi gesekan dan membantu Focus mengurangi suara angin saat melaju sekaligus berkontribusi kepada peningkatan penghematan bahan bakar.

All New Ford Focus Berkualitas

Dengan ujung depan yang mengesankan, profil ramping, beltline menaik dramatis dan kuda-kuda mantap, model sedan empat pintu dan hatchback lima pintu all-new Focus memiliki karakter sporty sama yang mencerminkan panduan rancangan kinetik Ford yang terkemuka.

Interiornya menggabungkan fungsionalitas dengan tingkat pengerjaan luar biasa. Grafis kontemporer yang berani, bentuk panel instrumen soft-touch yang indah, dan bahan penutup superior, secara keseluruhan menyatu memberikan pengalaman kelas premium kepada pengguna.

Tingkat kebisingan, getaran dan kekasaran (noise, vibration and harshness/NVH) telah dikurangi dan dinamika berkendara ditingkatkan melalui peningkatan kekakuan struktur bodi yang 15 persen lebih kaku dibandingkan dengan model Focus sebelumnya.

All-New Focus meningkatkan standar untuk menargetkan kualitas berkendara terkemuka di kelasnya, menggabungkan pengemudian komunikatif melalui peningkatan kualitas berkendara secara signifikan. Standar pada mesin GDi 2.0 liter, sistem electric power-assisted steering baru telah secara saksama disesuaikan untuk menghasilkan respons presisi pada kecepatan tinggi sekaligus tetap ringan dan mudah dikendalikan pada kecepatan rendah agar mudah diparkirkan.

Para teknisi Ford telah meningkatkan kelincahan dan kestabilan Focus saat menikung melalui diperkenalkannya sistem Torque Vectoring Control canggih yang biasanya hanya tersedia pada kendaraan sports premium.

All New Ford Focus Yang Aman

All-New Focus dirancang untuk melampaui standar keselamatan global bagi perlindungan penumpang dan pejalan kaki. Baja berkekuatan tinggi digunakan pada 55 persen rangka bodi Focus yang ringan sekaligus sangat kuat, serta baja boron dan baja berkekuatan sangat tinggi digunakan sampai lebih dari 26 persen struktur rangka.

Tergantung pada modelnya, fitur keselamatan pasif mencakup sistem penahan airbag canggih generasi baru dengan airbag bagi pengendara dan penumpang di bagian depan, side front airbag dan side curtain airbag eksklusif bagi penumpang di bagian depan dan belakang.

All-new Ford Focus juga menyajikan serangkaian lengkap teknologi keselamatan aktif canggih untuk membantu pengendara memanfaatkan kendali aman terhadap kendaraan dan menghindari tabrakan, misalnya Electronic Stability Program, Emergency Brake Assist, Hill Launch Assist dan Anti-Lock Brake System yang mencakup Electronic Brakeforce Distribution.

Dengan lebih dari 10 juta unit terjual sejak diperkenalkan tahun 1998, Ford Focus telah menjadi kendaraan favorit konsumen di seluruh dunia karena nilai, kenyamanan dan keamanannya yang luar biasa, dan yang terpenting, sangat menyenangkan untuk dikendarai.

Melalui program pengembangan global di bawah strategi One Ford yang belum dilakukan sebelumnya, all-new Focus siap melanjutkan tradisi kesuksesan pendahulunya. “All-new Ford Focus adalah bukti perwujudan One Ford kami, dan benar-benar mencerminkan produk terbaik Ford Motor Company,” ujar Fleet.

“Investasi kami pada platform mobil menengah global baru memampukan kami menyediakan serangkaian mobil terjangkau yang menawarkan kualitas, penghematan bahan bakar, keselamatan dan teknologi pintar kepada konsumen di ASEAN dan di seluruh dunia yang melampaui harapan mereka.”

Catatan:

1. Semua angka konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 dalam g/km didapatkan dari pengujian yang telah disetujui secara resmi sesuai dengan EC Directive 93/116/EC. Angka konsumsi bahan bakar dikutip berdasarkan European Fuel Economy Directive EU 80/1268/EEC dan akan berbeda dari hasil pengujian konsumsi bahan bakar di wilayah lain di dunia.

2. Bahan tulisan berdasarkan presentasi dari pejabat Ford di Sheraton Krabi Beach Resort Thailand, siaran pers Ford dan juga pengalaman pribadi SL.com selama ajang test drive di kawasan Krabi Thailand tanggal 9 Juli 2012.

ALBUM PHOTO: Part #1 and Part #2

Leave a Reply