Netbook Toshiba: Produk Kacang Goreng!

Toshiba NB205-01Jakarta, 12 Juli 2009. Hari Sabtu siang kemarin (11/7), SL.COM bersama istri  meluncur ke Ambasador Mal Jl. Casablanca, Jakarta Selatan.

Semula istri yang punya keperluan, tentu saja sebagai pria yang hobi gadget dan benda elektronik SL.COM minta ‘pisah sementara’  dengan istri selama di mal agar bebas berkarya, eh maksudnya bebas jalan sendiri. 😀

Awalnya sih melangkah pelan di pertokoan mal seperti orang yang lagi tidak ingin belanja, karena memang sebelumnya tidak terpikir atau tidak punya rencana mau membeli sesuatu yang istimewa, kecuali mau beli barang kecil Card Reader atau extension USB port dengan budget 100 ribuan.

Satu-satu persatu toko diamati, khususnya toko elektronik yang berada di lantai dua, tiga dan empat Mal Ambasador. Akhirnya, timbul rasa penasaran ingin tau tentang perkembangan harga. Beberapa toko dihampiri sambil tanya sana-sini, khususnya toko yang jualan netbook. Kayaknya netbook ini lagi diburu konsumen, karena di beberapa toko di temui konsumen yang juga sedang bertanya tentang spek dan harga produk-produk netbook.

Jalan sendirian terasa BT juga, soalnya tak ada orang yang bisa di ajak tukar pendapat, malah kaki sudah terasa pegel, rasanya ingin duduk secepatnya. Akhirnya, ada sebuah toko notebook dihampiri. Terdengar penjualnya sedang bicara dalam bahasa Inggris, menjelaskan spek produk netbook yang ada dibalik kaca display. SL.COM ikut sejenak mendengarkan percakapan tersebut.

Wah boleh juga nih toko, bicara soal teknis dan spek laptop dalam Bahasa Inggris dikuasai dengan baik oleh pemilik “Toko POJOK NOTEBOOK”, yang belakangan dikenal dengan nama William. Terlihat si bule manggut-manggut kagum, namun tak berlama-lama SL.COM pun masuk ke dalam toko tersebut.

Sejak SL.COM melangkah di beberapa toko sebelumnya, ternyata ada satu produk yang membuat SL.COM bergeming dan naksir untuk  dibeli, yaitu netbook.

Dari beberapa toko sudah dilihat-lihat netbooknya serta mendapatkan review spek dari merek HP, Compaq, Vaio, Fujitsu, Acer, Dell, Lenovo, Axio, dan terakhir Toshiba.

Ketika masuk di Toko POJOK NOTEBOOK ini, tentu saja SL.COM langsung menunjuk produk netbook TOSHIBA. Rasanya sudah males menanyakan atau membandingkan dengan merek yang lain. Di toko ini ingin mendapatkan harga yang pasti-pastinya saja. Kalau cocok, ya segera di ambil aja deh!

“Berapa sih harga pasnya?” tanya SL.COM dengan penasaran sebagai awal pembicaraan. Beruntung dapat kursi dan meja yang lumayan nyaman untuk melonjorkan kaki, sementara itu petugas sales ikut serta duduk sambil memberikan penjelasan soal spek dan harga netbook merek Toshiba yang dipindahkan ke meja.

Toko kecil dengan luas 2.5 x 5 meter ini terasa ramai, terlihat ada beberapa calon pembeli hilir mudik, namun sementara itu SL.COM masih duduk sedang bernego mendapatkan harga mati netbook Toshiba yang diingingkan. Usai mendapatkan gambaran harga yang “pas” dari netbook merek Toshiba sekitar 5 jutaan, akhirnya hati berkata: “Ini cocok dan perlu  diambil!”

Sebenarnya dirumah sudah ada PC, dikantor pun juga sudah ada PC, laptop yang ada juga sudah lemot, lagian berat pula, jadi sudah saatnya SL.COM memiliki netbook karena fungsinya yang pas bagi orang yang suka mobile.

Buat browsing internet oke banget, merapikan artikel blog sambil hang-out oke banget, main di FB apalagi, semua foto di FB jelas ditampilkan seperti PC  desk. Netbook ini tidak terlalu mungil sepeti handphone atau Blackberry yang layarnya terbatas. Yang pasti ini adalah mini laptop, benda ringan dan mudah dibawa.

Finally, SL.COM memutuskan beli perangkat Netbook TOSHIBA tipe NB205 dengan spek prosessor Intel Atom N280 kecepatan 1.66GHz. Berat total 1.31 Kg dengan battere 6 cel yang katanya bisa tembus 9 jam. Termasuk  1GB RAM yang katanya bisa di expand jadi 2GB RAM. Kapasitas Hard Disk 160GB. Termasuk Memory Card Slot, WIFI, Bluetooth, 3 USB Port, Webcam, Window XP  Home. Hanya saja internal modem tidak ada. Soal modem, mau tak mau ini harus diakali dengan external modem.

Key Features of Toshiba NB205

10.1-inch TruBrite LED-backlit display
1.66GHz Intel Atom N280 processor
1GB RAM can expanded up to 2GB RAM
160GB HDD
Memory card slot
WiFi, Bluetooth
Three USB ports with sleep-and-charge technology
RGB port for display connection
Built-in webcam
Built-in hard drive impact sensor
Run time up to 9 hours with 6-cell battery(5800-mAh)
Energy Star 5.0 compliant.
Windows XP

Toshiba NB205 tersedia dalam dua versi. Pertama, produk yang berwarna hitam, keyboard maupun casingnya. Yang ini tidak ada ada Bluetooth. Kedua, tipe yang dilengkapi dengan Bluetooth pakai warna yang beda, metallic finishing, dengan empat warna pilihan,  Sable Brown, Frost White, Posh Pink, atau Royal Blue, dan keyboard-nya warna silver. Jenis kedua harganya lebih mahal dari yang pertama. SL.COM jatuh pada pilihan jenis kedua dengan  warna casing Sable Brown.

Sementara lagi berhitung soal harga dengan petugas sales karena ada belanja produk lain, terdengar ada pembeli lain yang juga sedang mengambil produk sejenis dengan SL.COM. Sebagai catatan dan fakta, hanya dalam waktu dua jam SL.COM berada di toko tersebut, ternyata sudah ada lima orang konsumen yang membeli produk sejenis netbook, khususnya merek Toshiba.

Menurut keterangan petugas sales yang melayani SL.COM, Toko Pojok Notebook milik William, lulusan BINUS yang memang cepat akrab dengan konsumen ini, bahwa setiap harinya tokonya selalu ramai dengan pembeli netbook. Jualan netbook sudah seperti jualan kacang goreng saja! Mudah dan cepat!

Ini produk lagi nge-trend. Laris manis enggak kalah dengan Blackberry! Modelnya kecil, tipis, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana seperti bawa map. Nah, bisa jadi laptop yang beratnya diatas 2 kg sudah tidak jaman lagi. 🙂

Tadi dikatakan bahwa netbook ini sudah jadi produk kacang goreng! Nah, apakah ini karena harganya yang terjangkau berada di level 4 s/d 5 jutaan? Ataukah karena model atau speknya? Atau karena kebutuhan masa kini, yaitu bisa dipakai berselarancar dengan internet? Bisa dimana saja?

Inilah bukti teknologi yang tak pernah berhenti memuaskan konsumen.

IMGP2486
POJOK NOTEBOOK
Mal Ambasador Kuningan
Lantai 3 No. 43 (dipojok)
Jl. Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan
Tel. (021) 579 39623
E-mail: pojoknoteboook@yahoo.com
website: www.pojoknotebook.com

PERBEDAAN NETBOOK DENGAN NOTEBOOK

Yang pasti netbook adalah perangkat pendamping (pelengkap), ringkas, dan lebih mudah dibawa-bawa karena sifatnya yang portable. Netbook lebih ringan dan lebih kecil dari notebook. Sangat ideal untuk akses internet yang terus menerus, termasuk email, blog, web surfing, streaming musik dan video, dan juga instant messaging.

Netbook sangat recomended sebagai alat kedua, jika anda sudah memiliki PC Dekstop di rumah, maupun PC Dekstop dikantor, maka netbook bisa menjawab kebutuhan ditengah kedua perangkat tersebut, tepatnya perangkat disaat mobile. Apalagi ketika kantor anda melarang menggunakan internet untuk jejaring sosial FB, bisa jadi netbook pribadi adalah solusinya. 😀

Sedangkan notebok adalah perangkat mobile PC yang kuat dan bisa menyamai performance PC Dekstop. Notebook sangat pas buat mereka yang suka bekerja dengan utilitas tinggi, serta bekerja dengan software yang berat-berat. Bahkan notebook sekarang ini banyak juga yang bisa dipakai untuk bermain game online.

Jadi, pakai perangkat netbook hanya untuk kemudahan dan pemakaian yang simple-simple saja. Kalau mau kerja yang berat, doyan main game-online sebaiknya pakai notebook atau PC dekstop.

IMGP2489

IMGP2518

Please follow and like us:
Tagged with 

84 thoughts on “Netbook Toshiba: Produk Kacang Goreng!

  1. Kenapa ga pilih acer aspire one aja bro,harga lbh murah fitur jg sama…:-)

  2. Bagus bgt, bedanya dgn netbk acer dan hp dimananya ya…..rencn mau ambil juga nih bang?

    • Bro Tomik, soal masalah WiFi ini gw nggak tau kenapa, tapi yg pasti gw punya nggak ada masalah tuh.. setiap pabrikan mungkin saja punya 1 atau 2 produk yg cacat.. solusinya adalah klaim ke toko penjualnya.. 🙂

  3. Pake modem 3G ya Om ? gimana koneksinya, bagus ? pake operator apa ?

  4. fransisca says:

    to SL.com. jadi total harga termasuk modem external.. jadi berapa??
    wah promosi SL bikin atik jadi pingin juga punya netbook…
    pls info…
    \thank u

  5. wah toshiba dah ada netbook nya jg ya…
    ane tertarik sama life time battery nya om bro..
    bisa s.d 9 jam ya ? mantab ! jd pengen hehe…
    tp sapa yg mo bayarin asus Eee PC ku ya ?
    ayooo.. lelang – lelang… barang masih 99% neh…

  6. Rangga - HTML 735 says:

    Tks buat referensinya Om Stev, secara hari Sabtu kemaren dah ngeliat nich produk d Gramedia Palngi n ternyata produk nich lumayan baru n bagus juga diantara proudk2 lain d kelasnya.

    FYI aja nich buat yg mau bi barang ini tp nga punya duit cash bisa coba datang k Gramedia Plangi coz ada pameran produk Toshiba n kerjasama dengan Adira untuk pembelian secara kredit.

  7. Wah bagusan Lenovo S10..keren dan tahan lama.., spec juga bagus harga lebih murah 4,5 jt di Jogja…

  8. Hm.. dari dulu aku suka Toshiba. Dengan spec yg kurang lebih sama, Toshiba lebih ringan dari Lenovo yg sekarang aku pakai. Bentuknya juga lebih good looking. Tapi Lenovo sepertinya lebih tahan banting dikit.. 🙂

  9. Petromaxx says:

    Vote msi aja om,… Powerfull punya kalo tampilan skin luar dalem bisa dimainkan hehehehe
    Atau dell mini kalau pertimbangannya onsite support + warranty yg sip IMO lho..

  10. indramayuparean says:

    Mahal banget om buat netbook mobile mah..disini di jepang Yg toshiba mang lagi sale2 nya harga 5 juta dah dapet home note book..layar gede 15 ” ram ampe 2 Gb…

  11. emang siy laptop sejuta umat di indoensia itu toshiba, saia pake dari zaman laptop yang belum warna dan pake scrool samping yang dicabut gitu sampe terakhir pake toshiba centrino dan pertama kali ada wifi nya. kalo ada rezeki pengin beli fujitsu..betul2 msh banyakan ori japan, tapi masih maharani kayanya, om indramayuparean…? berapa fujitsu di jepang sana.

  12. Wuih manteb nih om…btw 5 jutaan itu 5 jutaan kebawah atau 5 jutaan ke atas om ? Baru ngeh kalo ada NB205 nya….kemaren2 setahu saya baru ada NB200, mungkin angka 5 itu tambahan untuk fitur bluetoothnya mungkin ya ? garansi distributor atau garansi resmi om Stephen ?

  13. indramayuparean says:

    @airin..tergantung spesifikasinya om,
    sebagai contoh bisa dilihat belanja online via yahoo.jp
    nih link nya(http://store.shopping.yahoo.co.jp/oroshiya/kadenfmvnfc70r.html) om sekitar 9,7jutaan(skrg dengan kurs Rp100 untuk 1 yen) dah pake CPU Core 2 Duo,RAM 2Gb,HDD 320GB merek fujitsu,memang sih setiap kali saya tanya orang jepang “komputer apa yg bagus disini? 60% menjawab FUJITsu ma SONY,ntahlah apakah ini kampanye mereka yg cinta produksi dalam negeri,
    Dijepang persaingan kompetitor produsen komputer dengan berlomba lomba mengeluarkan komputer dengan inovasi semakin canggih perkembangannya cepet banget,setiap musim ada aja nelorin komputer dengan teknologi yg canggih,mau gak mau barang lama agar tetep laris manis bak kacang goreng toshiba postingan om stephen,harus banting stir nurunin harga…

  14. sekarang udah ada netbook yg punya fitur modem HSDPA lho bro . . . kalo nggak salah acer tuh 😉

  15. Kalo liat di koran sih yang banyak iklannya, netbook yang pake HSDPA yang merek lokal. Lupa namanya, depannya huruf “E”

  16. perhatikan foto netbook toshiba yg lagi diatas meja, samping kiri-nya ada alat kecil sebesar jari jempol tangan orang dewasa, yaitu external USB PROLINK 3.5G HSDPA. Info lengkap http://www.prolink2u.com

  17. Numpang lewat Om…
    Gw pake ACER Aspire One D-250 3G yg gw beli sebulan yg lalu. Praktis banget Om tinggal masukin SIM Card ke slotnya trus jalankan programnya langsung bisa browsing deh. Netbook ini bisa main di jaringan EDGE, 3G, & HSDPA. Selama ini gw pake Telkomsel Flash yg gw rasa kecepatannya lebih dari cukup untuk browsing, upload, & download (download file 8 MB sekitar 20 detik). Layarnya juga lumayan lebar 10,1″. Layarnya klo gak salah sudah teknologi LED. Juga didukung dengan modelnya yg stylish & elegan. Harganya sangat bersahabat cmn 5,8 jt.

  18. Om mo nanya nih…
    rencana aku mongambil NB 200, ternyata ada NB 205 ya…
    bedanya apa aja?
    apa bener yang 205 itu tidak ada yang garansi resmi, hanya garansi distributor?
    kalo cuma garansi distributor, was-was gak ya/
    makasih banyak…

  19. om, msalah nb 200 vs nb 205
    kalo ga salah yg td kulihat nb 205 warna biru nb 200 warna brown
    kata penjual spek sama persis, dmkn jg garansinya… harga beda 400rb
    tp kalo ga salah liat yg nb 205 bahan luarnya agak lebih murahan dibanding yg brown(nb 200) ya?
    batre bawaan nb 200 3 sel ato 6 sel ya?

  20. eh iya om…
    emang bluetoothnya nb 200 kenapa kalo dibanding ya nb 205?

  21. info pastinya langsung aja telpon Ko William di Toko Pojok Notebook, tadi siang gw mampir di tokonya beli modem Prolink buat big bos (presdir), setahu gw bedanya di warna, N200 pastinya full black termasuk keyboard, dan N205 warna body ada pilihan biru, coklat, pink, dan keyboard warna silver (lihat foto diatas milik gw).

  22. nb200 kayaknya gak pake.. tapi tau deh?? soalnya gak beli nb200.. jadi kurang info.. 😀

  23. Om steph, ttg batt lifenya yg claim 9 jam, gimana om? Dah nyoba aplikasi apa dan aktual berapa lama tahannya? Soalnya yg nb205 lbh gede smp menonjol kebelakang mirip aspire d250.

  24. om SL bagus bgt sharenya.. ^^
    mau nanya nh om, NB205 aga lemot nga?pk blutut ya?
    bwt keperluan anak muda aja ko, wifian, berFB ria,kerjain tugas2 kampus..
    sabtu mw beli laptop nh om..mohon infonya ^^
    oia, sm harga terbarunya brp??thx ya!

  25. emg harus windows asli ya om?hahahaha
    kan ada yg 70rb gitu..maklum, kantong jg taraf mahasiswa..haha
    maksudnya, klo pk windows yg 70rb (XP) itu, ada masalah nga?
    misalnya ky salah satu hardware ga kedetek gitu..
    soalnya di vaio ku kaya gitu..

  26. hmm…gitu yah?
    okokok..thx ya om bwt infonya,,^^

  27. Hei… Dah basi ga ya coment ku ni

    n205 bgus ga ya??BINGUN antara HP yg spec nya sama,yang aku tw HP keybotx nyaman,toshiba gimana??BUAT ngetik2 tugas kuliah gimana???makLum buat ngetik2 SKRIPSI….. Hem hehehe kebelet pengen netbook coz adik udah punya notebook…. Punya info2 lain ga om

    krim lewat mail aku jga ya om
    who_ichal@yahoo.com

  28. Hari sabtu kemaren sy beli Nb 205 black / tnpa blutut

    ==>4,4 jeti

    ==>distributor 1 thn

    ==>kemahalan y pak ?

    ==> harga blutut brpa?

    ==>ext modem brpa?

    Thx.

  29. Naksir berat ama nb205 trutama yg white, just asking..keyboardnya mirip mac apple ya??

  30. Satu lg…webcamnya brp pixel ya??

  31. semalem liat di beberapa MAL di Surabaya harga netbook toshib NB205 seharga 5,1-5,2

  32. tomik sundoro says:

    Mas Langitan ,

    Aku ada masalah dengan netbook NB205 yg baru aku beli di batam yang mana saat ini untuk WiFi nya belum bisa aku pakai sementara kalau pakai laptopku yang lama bisa , kira2 kenapa ya mas . . ?
    Masak masih baru sudah masalah dengan WiFinya . . ??

  33. Om, mau tanya harga netbook Toshiba nb 200 sekarang berapa??
    Apa perbedaannya dengan acer aspire one dan harganay sekarang berapa??
    makasih

  34. dear mas..

    hiks..hiks..
    aku baru pake toshiba nb205, baru nyadar klo ada nb205 yg satu lagi. aku beli yg black seharga 5.250.00 2 hari yg lalu.. and aku pikir temoat aku beli kan udh kenal… eh malah baru nyadar (dasar geblek) klo aku beli kemahalan bgt… hiks..hiks..

    ikhlasin aja deh.. wlo hati pedih dan tersiksa.. sebelumnya aku juga dah punya toshiba L200 core 2 duo. huuuuuk… gara2 maruk pgn buru2 beli netbook nih..

    mas, bisa kasih sedikit pencerahan gak.. ? hehehe

  35. dear mas..

    hiks..hiks..
    aku baru pake toshiba nb205, baru nyadar klo ada nb205 yg satu lagi. aku beli yg black seharga 5.250.00 2 hari yg lalu.. and aku pikir temoat aku beli kan udh kenal… eh malah baru nyadar (dasar geblek) klo aku beli kemahalan bgt… hiks..hiks..

    ikhlasin aja deh.. wlo hati pedih dan tersiksa.. sebelumnya aku juga dah punya toshiba L200 core 2 duo. huuuuuk… gara2 maruk pgn buru2 beli netbook nih..

    mas, bisa kasih sedikit pencerahan gak.. ? hehehe
    oia, nb205 ini ga panas sm sekali lho, juga batnya tahan gila… L200 ku aja kalah.. *nyenengin hati heheheh…

  36. om,, mau nanya ni…
    aq pengen beli netbook,, tertarik banget sih sma nb200 yg pink…
    tapii susah bgt cari yg pink d manado…
    kebanyakan wrna brown..
    oy,, kalo dibbandingkan sama netbook sony vaio vpc-115xg yg harganya 6jtan,, bagusan yg mana???
    minta infonyax yah?? hehe
    thx

  37. oh ya….
    om,, kalo kisaran harganya nb205 skrg brp???
    takutnya salah beli,, ntar kemahalan lagi..

  38. oohhhh…. makasih ya om stephen…. 🙂
    jadii pengen cepat2 beli nih… hohoho…
    makase banyak…
    salam 4 kawanua d jkt,,hehe
    GBU

  39. mana yg bgus om,nb 205,batearinya 6 cell semua ya,tipenya,gak ada yg 3cell,thks

  40. Toshiba NB205 – Great little computer.
    The 6 cell, 9 hour battery extends about 3/4″ beyond the case and is VERY useful for holding this small computer. I replaced the 1MB of RAM with 2MB and installed Office 2007 Small Office Edition. The computer boots fast and is a pleasure to use. I was unnecessarily concerned about the ability of this computer to quickly handle my 87MB Excel file that includes imbedded images. Runs PowerPoint and Outlook almost as quickly as my desktop.
    Amazing package – highly recommended.

  41. Dear Kenyweb, Thanks for you comments. I agree with you that the power of 6 cells and 9 hours capability from N205 is good enough. One experience when I attended meeting with my client in a small cafe, that my client open the old model laptop, seems it’s too big where he putted in the small table and there was no space for our papers and coffee drink, but suddenly my boss talked to me: “Where is your netbook? This small table should be efficient with our papers and coffee drink” 🙂

  42. ada info katanya toshiba nb 205 yg masuk ke Ina banyak yg BM, ngga ada garansi resmi nya, sedangkan nb 200 produk asli dari toshiba asia. saya skrg lg bingung au ambil nb 200 atau nb 205. perbedaan mendasar dari dua tipe ini apa ya? kalo dari tampilan memang yg nb 205 lebih elegan. mohon pencerahannya… trims

  43. katanya toshiba yang pake 6Cell garansi distributor ya???? yang resmi hanya pake 3cell makanya jadi binguung belinya

  44. agus marbun says:

    Wah neh artikel tepat banget…kemaren liat2 netbook trus langsung jatuh hati ke Toshiba NB205 warna coklat…selain elegan dan tampak mewah posisi keyboardnya juga enak digunakan untuk ngetik2…beda dgn netbook yang lain dimana keyboardnya kecil2 dan susah sekali untuk mengetik…di batam skrng harganya 4.1jt…

  45. shiiyoshi says:

    wah,
    bnar² pencerahan bwt saya yg d pagi buta gni dr smalem bingung mo yg nb-205. .

    FYI, d samarinda, nb-205 kena 4.8jt klu yg nb-200 5.2jt. .

    makasih om share-nya, saya jd memantapkn hati dgn nb-205. .

  46. Bener memang.. NB205 memang top di batterai bisa ampe 7 jam… dan keyboard yang lega… bedanya ama yang NB200 baterainya yg ini cuma 3 cell jadi cuma tahan 2-3.5 jam.
    itu saja.. selamat memakai..

  47. memang top nih.. thosiba…. 205 baterai tahan lama…. bisa ampe 8-9 jam….sedangkan yang tipe 200 baterainya 2-3 jam..
    ringan…. bagi yg demen ambil saja….. jangan lupa backup driver dan lain2nya dulu… biar drivernya aman…
    tapi bisa nda ya dikasih windows 7…. cantik jadi…

  48. poppycute says:

    guysss… aq baru beli toshiba nb 205 yg brown udah ada 3g built in nya seharga 4,3 mahal apa murah ya?? bingung kok diatas2 pada blg nb205 harus pake modem external lagi siy?

  49. @poppy cute, nilai kurs rupiah menguat memberikan dampak positif, otomatis harga Toshiba NB205 makin terjangkau. Waktu gw beli 5.15 juta (Juli 2009), nah sekarang kalo bisa dapat 4.3 juta so pasti murah. Gw punya pake external modem, beli sendiri terpisah merek ProLink 750 ribu, plus SIM card Indosat M2 unlimited, kartu perdana 200 ribu + voucher per bulan 125 ribu (harga per Juli 2009).

  50. mas.. yg punya nb205 coba deh buka batereinya
    trus perhatiin di laptop di daerah yg ketutup tempat baterai td
    di situ ada gambar dan t4 buat masukin kartu (gsm apa cdma gak tau aku)
    nah………………

    aku tes masukin kartu im3 trus setting di TOSHIBA WWAN Manager
    eh konek ternyata
    wkwkwkwwkkwkwkwkwkwkw
    =====================
    sukses !!!! dan membuktikan bahwa nb 205 ini pakai modem internal

    • @Zhein, wah bagus dong… ada modem internal. Saya punya NB205 gak ada tuh.. terpaksa sy pake modem. Nah.. mungkin NB205 keluaran terbaru sdh built ini dgn internal modem.. 🙂

    • Slotnya ada, sdh masukin kartu tp setingannya/ TOSHIBA WWAN Manager, download dulu atau bgm? Soalnya gak ada di laptopku. Trims

  51. permisi…
    Numpang nnya, nyetting modem intrnl nya dmn yaaa? cz nb205 saia ada t4 sim.nya, tp ga tau dimana nyetting ny.
    +han, wireless ny emang LAN y, bkn WAN.
    tlng infonya ya..! 🙂

    • @Sarah.. gw kemarin jalan2 ke showroom Toshiba, kata si petugas yg jaga produk netbook Toshiba belum ada yg pake internal modem.. jadi msh tetap pake external modem..

Leave a Reply