Nico Julian Raih The Best Lap Kelas Ninja 250cc

19 Juni 2012. Wuih.. tak disangka pelumas TOP 1 bersama pebalap Nico Julian #38 dari Tim SBS bikin kejutan baru di Sentul International Circuit dalam ajang balapan Kawasaki Ninja Cup 250 di sela-sela event international FIM Asia Road Racing Championship (ARRC 2012) Round-2 yang berlangsung hari Sabtu-Minggu, 16-17 Juni 2012. Kejutan apa? Yaitu Nico Julian berhasil membuat rekor baru waktu tercepat di kelas Ninja 250c.

SBS Tiara Sutan TOP 1 Racing Team powered by Kawasaki Ninja 250 kali ini mengikuti rangkaian kejuaraan Kawasaki Ninja Cup 250 sebagai Supporting Race di ajang Balap bergengsi FIM Asia Road Racing Championship Round 2, dengan pebalap Nico Julian Chandra #38.

SBS Tiara Sutan TOP 1 RacingTeam ini bernaung di bengkel Aerospeed dan berkolaborasi dengan Ilegal Racing dibawah dua punggawanya Bibin dan Usay. Mulai dari hari Jumat sudah mengikuti sesi Free Practice selama 20 menit. Tercatat Circuit Race Lap Record Sentul saat itu masih dipegang oleh pebalap Ardan S dengan actual time 1.50.568. Sedangkan Nico Julian dalam free practice masih mencatatthe best lap time 1.52.260.

Dilanjutkan hari berikutnya, hari Sabtu 16 Juni 2012 dengan Sesi QTT (Qualification) untuk meraih waktu terbaik sekaligus menentukan pole position. Beruntung cuaca pagi hari di kawasan Sirkuit Sentul sangat mendukung, Tim dan mekanik secara rutin melakukan final check untuk persiapan QTT, antara lain mengganti Oli TOP 1 Evolution Moto 10W-30 Fully Synthetic sampai dengan pengecekan rem, ban serta suspensi.

Start QTT jam 08.20 selama 20 menit semua tim bersiap-siap. Pebalap Nico Julian #38 bersiap dari garasi paddock SBS. Jalannya QTT sangat seru beberapa tim besar seperti JEC Sportisi, RX8 dan RAMS RT yang juga di support oleh TOP 1 berlomba-lomba ingin menjadi yang pertama.

Nico Julian #38 melahap 5 lap. Saling susul menyusul untuk mencari the best time pole position (posisi terdepan). Akhirnya dalam sesi QTT ini, pebalap Nico Julian #38 mendapatkan the best time 1.50.467 (memecahkan Qualifying Lap Record Sentul) dan iapun berhak mendapatkan Pole Position (Posisi Terdepan).

Jalannya balapan Race 1 Kelas Ninja 250cc (national) berlangsung pada hari Sabtu sore (16/6/12) yang menempatkan Nico Julian di posisi terdepan. Persaingan di awal ada 3 pmbalap yang ikut masuk di group terdepan yang terus mendekati Nico Julian, yakni  Hendra Bule dari JEC Sportisi dan Heru S dari RAMS RT dan mereka saling susul menyusul selama jalannya balapan.

Pada last lap, memang Nico Julian #38 masih berada diurutan terdepan tapi karena memang belum beruntung maka Nico mengakhiri race pertama Ninja 250cc ini sebagai Runner Up (posisi kedua). Pencapain terbaik Nico di balapan ini boleh dibilang sangat mengejutkan, pasalnya Nico tak sengaja telaj memecahkan “New Circuit Race Lap Record 1.49.939” khususnya untuk kelas Ninja 250cc.

Jalannya balapan race 2 Kelas Ninja 250cc dimulai pada hari berikutnya, yaitu hari Minggu 17 Juni 2012. Nico masih tetap start pada posisi terdepan. Dalam balapan ini ini terjadi pertarungan lebih sengit dimana lima pmbalap yang bersama-sama berada di group terdepan bersama Nico, Hendra Bule, Heru S, Danu dan Dony B.

Selama 8 lap mereka saling bergantian posisi, sampai pada akhirnya di garis finish lagi-lagi Nico harus puas diurutan 2 sebagai runner up kelas Kawasaki Ninja Cup 250, khususnya balapan supporting race FIM Asia Road Racing Championship Round 2 at Sentul International Circuit.

Pada balapan ini merupakan pembuktian Oli TOP 1 Evolution Moto 10W-30 Fully Synthetic yang dipakai untuk motor Ninja 250cc memang terbukti tangguh, bahkan mampu membukukan New Circuit Race Lap Record di Sentul, Bravo Balap Indonesia. Terima kasih kepada semua yang mendukung Tim SBS diantaranya Tiara Sutan, TOP 1, Ilegal Racing, Aerospeed, Café Racer.

One thought on “Nico Julian Raih The Best Lap Kelas Ninja 250cc

  1. […] sentul dengan Ninja 250 dengan catatan waktu 1.50.467 di 2012 ini juga pake motor oprekan! Baca disini – sircuit record sentul pecah di 2013 oleh tim astra honda dengan CBR yang dijoki Wawan H. Dengan […]

Leave a Reply