ARRC 2012 Sentul: Pembalap Honda Indonesia Raih Juara Asia Dream Cup

18 Juni 2012. Dua pembalap seeded PT Astra Honda Motor (AHM), Denny Triyugo dan Iswandi Muis meraih juara di Asian Dream Cup (ADC) putaran ke-2 yang digelar bersamaan dengan penyelenggaraan Asian Road Racing Championship 2012 (ARRC) di Sentul International Circuit hari Minggu 17 Juni 2012. Kemenangan mereka berdua mengisi podium ADC secara bergantian, Iswandi Muis meraih juara ke-3 pada race pertama, sedangkan Denny Triyugo meraih juara ke-2 pada race kedua.

ADC merupakan program yang digelar Honda Motor Company bekerjasama dengan TWRR, promotor penyelenggara ARRC. Ajang balap ini menyaring 3 pembalap terbaik untuk kemudian memilih satu pembalap terbaik yang berhak mengikuti wild card Moto3, di tahun berikutnya.

Denny Triyugo meraih juara ke-2 Race Kedua Asia Dream Cup Sentul @Minggu, 17 Juni 2012

Denny Triyugo dan Iswandi Muis bertanding melawan 16 pembalap lain dari delapan negara yang bertarung menggunakan satu motor yang memiliki spek sama, yaitu Honda CBR250.

Persaingan terlihat sangat ketat mengingat lawan datang dari negeri luar seperti Hikari Okubo dan Hiroki Ono (Jepang), Apiwat Wongthananon dan Kanatat (Thailand), Joshua P William. Joshua Hook Frederick (Australia), Md. Jazil J. (Singapore), S. Sasitharen dan Mohd Fitri Ashraf Razali (Malaysia), Lin Yu -Jhih dan Ko I-Chen (Taiwan), Deepak Papineni dan Gautam Mayilvaganan (India), serta Garry Jr Agustin (Philipines).

Iswandi Muis meraih juara ke-3 Race Pertama Asia Dream Cup Sentul @Minggu, 17 Juni 2012

Perseteruan Lap Terakhir Race -2

Balapan ini sangat seru, pasalnya para pebalap selalu berkelompok dalam posisi yang sangat dekat sehingga pergantian posisi sering terjadi. Petarungan yang sangat sengit (ketat) terjadi di race kedua menjelang garis finish. Saking ketatnya beberapa pembalap bersenggolan dan akhirnya terjatuh karena posisi mereka memang sudah terlalu dekat.

SL.com ikut menonton balapan ini di paddock Asia Dream Cup yang terasa nyaman. Kru dan mekanik ADC ini terlihat cukup tegang melihat perseteruan menjalang garis finish tersebut. Para kru dan mekanik datang dari berbagai negara (nernagai bahasa) tapi berada dalam paddock yang sama. Dari insiden senggolan tadi, nasib buruk bagi Hiroki Ono (pemenang race 1), Apiwat Wongthananon (THA) dan Joshua Hook (AUS) yang terpaksa tidak dapat menyelesaikan menjelang garis finish.

Kru dan mekanik Asia Dream Cup di Paddock Sirkuit Sentul @Minggu, 17 Juni 2012

Pembalap yang mengalami jatuh menjelang garis finish tersebut tidak mengalami cedera apa-apa. Sedangkan yang pembalap yang masuk di garis finish sebagai juara adalah Hikari Okubo di posisi pertama, kemudian pembalap tuan rumah Denny Triyugo dan ketiga adalah pembalap Australia Joshua Hook.

Denny yang mendapat banyak dukungan karena membalap sebagai pembalap tuan rumah terlihat sangat kompetitif. Begitu juga dengan Iswandi Muis yang berhasil finish di urutan keempat. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya pembalap kita mampu bertanding di kancah internasional untuk menang.

Anggono Iriawan (kiri), Manager Motorsport Division AHM mengamati dari dekat persiapan pembalap AHM yang berlaga di Asia Dream Cup Sirkuit Sentul @Minggu, 17 Juni 2012

Dukungan AHM

“Kami menunjuk dua pembalap ini karena keduanya memenuhi syarat usia di bawah 25 tahun dan secara skill mereka yang paling siap terutama dari prestasinya di Indoprix,” jelas A. Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis Division PT AHM.

Indraputra menjelaskan pengiriman kedua pembalap seeded Honda ke ajang balap internasional ini merupakan bagian dari upaya AHM menyiapkan bibit-bibit pembalap Honda dari Indonesia yang berprestasi di level internasional.

Perusahaan AHM melakukan penyaringan bibit balap berbakat dengan mengadakan beragam program lain seperti Honda Racing School, event balap OMR Honda Racing Championship, dan juga memperhatikan prestasi para pembalap Honda di ajang balap nasional Indoprix dan Motoprix.

Suasana starting grid One Make Race (OMR) Honda CBR250R di ajang balapan Asia Dream Cup di Sirkuit Sentul Bogor @Minggu, 17 Juni 2012

Pada putaran perdana ADC di sirkuit Sepang, Malaysia (13 Mei 2012), Denny Triyugo dan Iswandi Muis belum berhasil meraih podium. Dengan demikian, putaran Sentul ini yang berlangsung di negeri ini menjadi kesempatan emas buat mereka. Akhirnya ini memang benar dibuktikan oleh Iswandi dan Denny yang tampil memukau menempel ketat para pembalap asing.

Honda CBR 250R Sporty

“Di Sentul, kami sudah pasti berusaha semaksimal mungkin memberi hasil yang terbaik. Sekaligus memaksimalkan keempatan untuk meraih poin maksimal di kandang sendiri,” tekad Denny dan Iswandi yang bangga atas kemenangan ini.

Tampilan Honda CBR250R khusus untuk Asia Dream Cup

Bicara soal sepeda motor yang dipakai yaitu Honda CBR 250, Denny Triyugo dan Iswandi Muis, memang sejak awal sangat yakin dengan sepeda motornya yang bisa diadu secara maksimal. Terlebih Denny yang mana di kancah Kejurnas 250cc sudah terbukti mampu membawa Honda CBR menjadi juara di seri 1.

“Honda CBR 250 aslinya memang sudah sangat sporty. Jadi, meskipun kondisi standar, tetap enak diajak bertarung di sirkuit. Saya sudah akrab dengan CBR 250. Makanya saya optimis,” tambah Denny.

Hasil Race 1 Asia Dream Cup Seri-2, Sentul:

1. Hiroki Ono (JPN): 19:08.656 detik
2. Apiwat Wongthananon (THA): 19:08.689 detik
3. Iswandi Muis (INA): 19:09.156 detik
4. Denny Triyugo (INA): 19:09.158 detik
5. Hikari Okubo (JPN): 19:09.160 detik

Podium Race Pertama Asia Dream Cup di Sikuit Sentul: Hiroki Ono (JPN); Apiwat Wongthananon (THA), dan Iswandi Muis (INA) @Minggu, 17 Juni 2012

Hasil Race 2 Asia Dream Cup Seri- 2, Sentul:

1. Hikari Okubo (JPN): 19 menit 1.267 detik
2. Denny Triyugo (INA): 19 menit 1.480 detik
3. Joshua Hook (AUS): 19 menit 1.772 detik
4. Iswandi Muis (INA): 19 menit 2.201 detik
5. Md. Fitri A.R. (MAS): 19 menit 2.306 detik

Podium Race Kedua Asia Dream Cup Sirkuit Sentu: Hikari Okubo (JPN); Denny Triyugo (INA) dan Joshua Hook (AUS)

Seri ARRC yang didalamnya membuka kelas ADC sendiri akan dilangsungkan di 6 negara yaitu Malaysia (13 Mei 2012), Indonesia (17 Juni 2012), China (5 Agustus 2012), Jepang (9 September 2012), Taiwan (14 Oktober 2012) , Qatar (24 Nopember 2012).

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

4 thoughts on “ARRC 2012 Sentul: Pembalap Honda Indonesia Raih Juara Asia Dream Cup

  1. Wow dahsyat dua pembalap Honda sekaligus memboyong juara Asia Dream Cup. Pertahankan terus prestasi kalian brother

  2. wuihh di borong nih ceritanya podium. selamat buat Honda.

  3. bro, saya mau tanya ukuran ban depan dan ban belakang yang dipake di Asia Dream Cup brp ya?

    Thanks

  4. […] mereka hanya bertugas memayungi para pembalap ketika pebalap berada starting grid, antara lain Asia Dream Cup, Kelas Underbone 115cc, dan Kelas Supersport 600cc. Eh.. ternyata ada juga UG dari Jepang, tapi […]

Leave a Reply