Aksi CSR Ford Ranger di Desa Siberaya Tanah Karo

17 Juni 2012. Usai pusing-pusing di Kota Medan, rombongan Media Test-Drive All New Ford Ranger langsung meluncur ke arah Brastagi dan selanjutnya menuju Desa Siberaya, Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo. Adapun maksud dan tujuan di Desa Siberaya ini adalah untuk memberikan bantuan peralatan pertanian kepada Kelompok Tani Binaan Sejahtera Bersama Desa Seberaya hari Selasa siang, 12 Juni 2012.

Dalam hal ini PT Ford Motor Indonesia (FMI) membuktikan aksi sosial (Corporate Social Responsibility) perusahaan yang tidak hanya sekedar melintas kawasan ini dengan All New Ford Ranger, tetapi juga memberikan bantuan berupa alat-alat pertanian, gerobak, alat semprot tanaman, pupuk yang semuanya dimuat disetiap mobill All New Ford Ranger.

Turut hadir dalam acara tersebut, Managing Director FMI Bagus Susanto yang secara seremonial langsung memberikan seperangkat alat-alat pertanian yang disaksikan oleh masyarakat Desa Seberaya. Namun sebelumnya Kepada Desa Seberaya Panca Ginting, Ketua Gabungan Kelompok Tani Desa Seberaya (Gapoktan) Listar Tarigan, dan Ketua Adat Desa Seberaya S. Karosekali memberikan kata sambutan atas kehadiran rombongan All New Ford Ranger ini.

Dalam acara ramah tamah dengan para petani Desa Siberaya yang memadati sebagian ruangan Gedung Jambur “Pisau Serit” Siberaya, pihak FMI menerima kain ulos khas Tanah Karo sebagai ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih dari para petani Desa Seberaya kepada perusahaan PT Ford Motor Indonesia.

Desa Siberaya pada dua tahun lalu merupakan penghasil jeruk paling besar bahkan sampai dikirim ke Malaysia dan Singapura. Sayang belakangan produksi jeruk mengalami penurunan yang sangat drastis. Hal tersebut dikarenakan para pesaing yang sudah menggunakan pupuk bahan organik sehingga rasanya lebih manis.

“Sekarang ini kami ingin memulai kembali roda kehidupan dari menanam jeruk. Memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada dua tahun terakhir kini rasa jeruk Seberaya nano-nano, ada manis dan asamnya,” ujar Panca Ginting sebagai Kepada Desa Seberaya dalam kata sambutannya yang diawali dengan teriakan Menjuah-juah!

“Kami sangat berterima kasih Ford peduli dengan permasalahan yang saat ini kami hadapi dengan mengirimkan bantuan berupa alat pembuat pupuk organik,” ujar Ketua Adat Desa Seberaya S. Karosekali. Diharapkan dengan pasokan alat tersebut para petani dapat terpacu semangatnya untuk meraih kembali apa yang jadi kebanggan mereka terdahulu.

Pada kesempatan itu, pihak FMI meyerahkan sumbangan alat-alat berupa 3 chopper machine (mensin pembuat pupuk kompos), 15 gerobak dorong, dan 30 alat penyemprot tanaman. Seluruh perlengkapan tersebut dianggkut dengan All Ford Ranger. Perjalanan dengan mengangkut beban tersebut dengan mudah dilewati apalagi ketika melewati tanjakan dan tikungan tajam antara Sibolangit-Brastagi.

Masyarakat Desa Seberaya memiliki cerita sendiri dan cerita ini diakui dari generasi ke generasi penduduk Desa Seberaya. Kata Seberaya ini sebenarnya berasal dari kata Serayan, dalam bahasa Karo serayan artinya kelompok atau kelompok kerja. Kata serayan ini juga dapat disamakan dengan kata aron dalam bahasa Karo yang berarti kelompok kerja, biasanya untuk mengerjakan ladang anggota kelompoknya.

Informasi lengkap silahkan buka artikel ini.

Usai acara di Desa Siberaya, rombongan Medi Test Drive All New Ranger melanjutkan perjalanan menuju One Tree Hill Taman Simalem Resort, yang lokasinya tidak jauh dari Tongging. Untuk mencapai lokasi ini harus mengambil jalur antara Kaban Jahe, kemudian ke Merek arah Sidikalang.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Aksi CSR Ford Ranger di Desa Siberaya Tanah Karo

  1. […] Juni 2012. Usai menjalani aksi CSR (Corporate Social Responsibility) dan sebelum rombongan “Media Test Drive All New Ford Ranger” menginap di Taman Simalem […]

Leave a Reply